Pengaturan Pembayaran

Artikel ini menjelaskan pembayaran integrasi, pengaturan payout, dan pembayaran non integrasi.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Melakukan pengaturan pembayaran pada toko Anda adalah salah satu hal yang perlu Anda lakukan. iSeller menyediakan metode pembayaran terintegrasi dan non-terintegrasi sehingga Anda dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan keperluan toko Anda. Selain itu, Anda pun perlu melakukan pengaturan payout untuk pencairan dana penjualan.

Untuk dapat memulainya, silahkan pergi ke menu Settings > sub menu Payments.

Terdapat 3 panel yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Pembayaran Terintegrasi - Integrated Payments

iSeller menyediakan metode pembayaran terintegrasi dimana Anda dapat dengan mudah menggunakan berbagai jenis pembayaran yang sudah tersedia di iSeller tanpa perlu mendaftar pada setiap pembayaran tersebut. Selain itu, dana penjualan akan diterima sesuai dengan sistem payout yang Anda pilih, yaitu regular atau express.

Ada berbagai tipe pembayaran yang disediakan oleh iSeller untuk digunakan pada POS dan Toko Online sebagai berikut :

1. Credit Card

Anda dapat mengaktifkan tombol POS atau Online jika ingin mengaplikasikan pembayaran kredit untuk POS, toko online , atau keduanya. iSeller menyediakan layanan pembayaran untuk kredit seperti VISA, MasterCard, JCB, dan American Express.

  • Jika Anda mengaktifkan layanan pembayaran kredit untuk POS. Anda perlu melakukan Request Terminal untuk mengaktifkan outlet mana yang akan dihubungkan dengan terminal pembayaran credit card.

    Langkah 1 : Pilih tombol Request Terminal.

    Langkah 2 : Isilah panel Request Payment Terminal mulai dari outlet dan tipe terminal.

    Terdapat 2 tipe terminal yang dapat Anda gunakan yaitu iSeller APOS dan Conventional EDC (Mandiri).

    Pilih Submit.

    NOTES : Team support iSeller akan mengaktifkan request terminal Anda sehingga status terminalnya menjadi aktif. Anda dapat mengeceknya secara berkala.

    Berikut adalah tampilan ketika Request Terminal Anda aktif (Activated), dalam proses (In Progress), dan ditolak (Rejected).

  • Anda pun juga dapat melakukan terminasi / pemutusan layanan pada terminal yg Anda inginkan dengan pilih Actions > Request Termination dan silahkan menunggu team support iSeller menyetujui request Anda.

2. Digital Wallet

Anda dapat mengaktifkan tombol POS atau Online jika ingin mengaplikasikan pembayaran dompet digital untuk POS, toko online atau keduanya. iSeller menyediakan layanan pembayaran dompet digital mulai dari GO-PAY, OVO, DANA, ShopeePay, LinkAja, YUKK, dan Atome PayLater.

  • Untuk pembayaran OVO , terdapat 2 mode yang dapat Anda pilih yaitu OVO QRIS (dengan QR Code) atau OVO Classic Push to Pay (dengan nomor telepon).

  • Pembayaran dompet digital akan dapat langsung digunakan atas nama Sahabat UMKM di tagihan pelanggan. Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan nama toko Anda sendiri, silahkan melakukan pendaftaran toko Anda dengan memilih tombol Manage.

    Kemudian, lengkapi data toko Anda pada google form yang tersedia.

    Jika Anda sudah mengirim google form diatas, team support iSeller akan segera memproses pendaftaran Anda silahkan cek status secara berkala.

    Terdapat beberapa status yang perlu Anda ketahui :

    • Not Applied : Tombol pembayaran digital wallet belum diaktifkan

    • In Process : Pendaftaran dalam proses persetujuan oleh team support iSeller

    • Applied : Pendaftaran disetujui dan sudah memakai nama toko sendiri

    • Rejected : Pendaftaran ditolak

3. Bank Transfer ( Virtual Account )

Anda dapat mengaktifkan tombol Bank Transfer jika ingin mengaplikasikan pembayaran bank transfer melalui berbagai virtual account pada toko online seperti bank transfer, internet banking, mobile banking, dan toko serba ada.

  • Anda dapat memilih berapa lama pembayaran tersebut valid digunakan dengan pilihan jam yang tersedia.

4. Installment

Anda dapat mengaktifkan tombol Installment jika ingin mengaplikasikan pembayaran cicilan pada toko online melalui berbagai pilihan bank seperti BCA, Maybank, dan Permata dengan jangka waktu cicilan yang tersedia.

5. COD Integrated

Anda dapat mengaktifkan tombol COD Integrated jika ingin mengaplikasikan pembayaran COD terintegrasi pada toko online. Pembayaran ini hanya dapat berlaku untuk layanan SiCepat COD dengan ketentuan Anda perlu mengaktifkan pengiriman SiCepat COD pada sub menu shipping. Untuk dapat memahaminya, Anda dapat membaca artikel Pembayaran SiCepat COD.

Pengaturan Payout - Payout Settings

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pembayaran terintegrasi perlu mengikuti sistem payout atau pencairan dana penjualan yang disediakan oleh iSeller. Pada panel pengaturan payout, silahkan isi data data di bawah ini.

  • National Identification Number : Nomor KTP atau identitas resmi lainnya.

  • Statement Descriptor : Nama dari toko Anda yang akan ditampilkan di tagihan pelanggan Anda.

  • Account Name : Nama pemilik rekening yang akan menerima pembayaran dari iSeller.

  • Account Number : Nomor rekening yang akan menerima pembayaran dari iSeller.

  • Bank Name : Nama bank yang akan menerima pembayaran dari iSeller.

  • Bank Swift Code : Kode Bank di tiap wilayah provinsi.

  • Bank Adress : Alamat cabang bank untuk nomor akun yang Anda daftarkan.

  • Bank Country : Negara asal dari Bank yang Anda daftarkan.

  • Bank Currency : Mata uang utama untuk nomor akun yang Anda daftarkan.

  • Interval : Pilihan metode payout yang Anda inginkan yaitu Regular atau Express. Anda dapat memahaminya lebih detail pada artikel Pengaturan Payout iSeller.

Pembayaran Non Integrasi - Non Integrated Payments

iSeller menyediakan metode pembayaran non integrasi jika Anda menginginkan pembayaran lain dari pilihan di pembayaran terintegrasi. Terdapat 2 jenis pembayaran non terintegrasi yaitu POS dan Online.

POS

1. Cash

Metode pembayaran ini adalah metode menggunakan uang tunai. Ketika Anda mengaktifkan metode pembayaran cash, akan muncul pilihan untuk mengisi quick cash dimana pilihan tersebut dapat diisi dengan nilai kelipatan uang tunai yang ingin dibayarkan.

Contoh: Jika pilihan diisi dengan harga Rp 5.000, dan harga yang harus dibayarkan adalah Rp 18.000, maka kelipatan dari Rp 5.000 yang mendekati harga yang harus dibayarkan adalah Rp 20.000.

Berikut adalah tampilan quick cash di POS.

2. External Debit

Anda juga dapat menambah metode pembayaran kartu debit dengan menggunakan fitur Kartu Debit External. Cukup aktifkan tombol External Debit > Add Card untuk menambahkan kartu debit.

Isilah nama dan deskripsi kartu debit eksternal yang ingin Anda tambahkan.

3. External Credit

Anda juga dapat menambah metode pembayaran kartu kredit dengan menggunakan fitur Kartu Kredit External. Cukup aktifkan tombol External Credit dan akan muncul daftar Kartu Kredit External untuk Anda tambahkan atau Add Card untuk menambahkan kartu kredit.

Isilah nama dan deskripsi kartu kredit eksternal yang ingin Anda tambahkan.

4. Custom Payment Methods

iSeller juga mendukung berbagai pembayaran seperti kode voucher dari Toko Anda sendiri, cek, nota kredit, dan lain-lain. Cukup aktifkan Custom Payment Method > Add Method untuk menambahkan metode pembayaran lainnya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel Metode Pembayaran Lainnya.

Isilah nama, deskripsi, dan input tambahan seperti gambar berikut.

5. Allow Layby / Layway Orders

Jika fitur ini diaktifkan, maka pelanggan yang belum terdaftar pada toko Anda dapat melakukan penyelesaian pesanan dengan pembayaran di kemudian hari atau pembayaran sebagian.

iSeller tidak menyediakan sistem pengamanan untuk pembayaran hutang bagi pelanggan yang tidak terdaftar. Diharapkan penjual memberikan pilihan fitur pembayaran hutang ini kepada orang yang benar-benar Anda percayai. Anda dapat memahami nya lebih jauh dengan membaca artikel Pengaturan Pembayaran Pelanggan POS .

6. Additional Settings

Anda dapat mengaktifkan tombol ini, jika Anda ingin menerapkan iSeller Pay di POS dengan jumlah pengguna yang ditentukan.

Berikut adalah tampilannya di POS, jika Anda mengaktifkan tombol additional settings.

7. Customer-enabled Payment Options

Anda dapat menerapkan pengaturan pembayaran bagi pelanggan di POS dengan pilihan :

  • On Account : Jika diaktifkan, maka pelanggan yang sudah terdaftar di toko Anda dapat membayar pesanan di kemudian hari. Pelanggan harus memasukkan tanda tangan terlebih dahulu pada checkout POS seperti gambar berikut.

  • Store Credit : Fitur ini memungkinkan pelanggan membayar menggunakan kredit toko mereka yang tersedia. Pengisian saldo kredit toko didapatkan dari pilihan pelanggan saat melakukan refund. Pelanggan dapat memilih untuk mengembalikan jumlah refund dalam bentuk uang atau kredit toko.

    Anda dapat memahami nya lebih jauh terkait On Account dan Store Credit dengan membaca artikel Pengaturan Pembayaran Pelanggan POS .

  • Loyalty Points : Fitur ini memungkinkan pelanggan membayar dengan menukar poin loyalti yang dimiliki. Poin loyalti didapatkan dari setiap pelanggan melakukan transaksi pada toko Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel Pengaktifan Poin Loyalti.

8. Checkout Payment Link

Jika fitur ini diaktifkan, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui pembayaran online langsung dari aplikasi POS. Pelanggan akan menerima link checkout melalui email dan opsional SMS Kemudian, pilihan pembayarannya dapat melalui Terminal EDC BCA dan/ atau EDC Mandiri. Anda dapat memahaminya lebih lanjut dengan membaca artikel Pembayaran Online dari POS dengan iSeller Pay Link.

Online

1. Cash on Delivery

Jika fitur ini diaktifkan, maka Anda dapat menerapkan pembayaran di tempat ketika pelanggan sudah menerima barang.

2. Manual

Jika fitur ini diaktifkan, maka Anda dapat menerapkan pembayaran manual kecuali bank transfer. Pembayaran manual ini dapat dilakukan jika Anda tidak mengaktifkan pengiriman terintegrasi.

3. Customer-enabled Payment Options

Anda dapat menerapkan pengaturan pembayaran bagi pelanggan di Toko Online dengan pilihan :

  • Loyalti Points : Fitur ini memungkinkan pelanggan membayar dengan menukar poin loyalti yang dimiliki. Poin loyalti didapatkan dari setiap pelanggan melakukan transaksi pada toko Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel Pengaktifan Poin Loyalti.

Penjelasan terkait pembayaran integrasi, pengaturan payout, dan pembayaran non integrasi sudah selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?