Konsep Listing

Pada update Q4 2020, iSeller merilis channel penjualan baru termasuk marketplaces dan food delivery platforms, sehingga memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh aspek bisnis Anda dengan satu platform di iSeller.

Pada saat Anda mengaktifkan channel penjualan marketplaces atau food delivery platforms, maka fitur Listing akan tersedia di menu Katalog pada web admin. Anda dapat menggunakan fitur Listing untuk mengelola publikasi daftar item di setiap marketplace. Setiap item di Listing mewakili suatu produk yang Anda jual di marketplace.

Konsep fitur Listing ini tidak seperti Produk dan Inventory pada toko Anda yang merupakan inventaris fisik, tetapi fitur Listing ini seperti "penawaran" dari produk yang sudah ada sehingga satu produk dapat mempunyai multiple listing. Setiap listing ini dapat diasosiasikan ke produk untuk sinkronisasi inventaris secara otomatis pada seluruh channel penjualan Anda, termasuk di POS maupun toko online Anda.

Pada artikel ini akan di jelaskan mengenai halaman daftar produk listing dan apa saja yang bisa dilakukan pada halaman tersebut. Untuk mengakses halaman produk listing, silahkan klik menu Katalog lalu sub menu Listing, maka Anda akan menemukan tampilan seperti gambar berikut.

Tampilan listing akan ditampilkan berdasarkan marketplaces atau food delivery platform yang dipilih.

Bagian Utama Listing

Pada halaman utama, Anda akan melihat daftar produk listing yang telah Anda tambahkan. Berikut tampilannya:

Pada daftar produk listing, kita bisa melihat beberapa kolom seperti:

  • Judul Listing: Judul dari produk listing yang sudah Anda tambahkan.
  • Item ID: Identifier dari produk listing yang sudah Anda tambahkan.
  • Available Qty: Jumlah stok dari produk listing tersebut.
  • Harga: Harga dari produk listing tersebut.
  • Aktif: Status dari produk listing tersebut. Jika dinonaktifkan, maka produk listing tersebut tidak akan aktif pada toko Anda.

Status Listing

  • Gambar 1: Gambar tersebut menandakan listing yang Anda buat sudah terhubung dengan produk.
  • Gambar 2: Gambar tersebut menandakan bahwa listing Anda sudah terpublikasi.
  • Gambar 3: Gambar tersebut menandakan bahwa ada informasi yang tidak lengkap pada listing Anda, atau kesalahan pada listing Anda.
  • Gambar 4: Gambar tersebut menandakan bahwa listing Anda telah di modifikasi tetapi belum di publikasikan ke marketplace platform.

Mencari Produk Listing

Untuk mencari produk listing tertentu silahkan tulis nama produk listing yang Anda ingin cari ke dalam kotak berwarna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar produk listing yang memiliki nama tersebut.

Menyaring Produk Listing

Jika Anda ingin menyaring daftar produk listing, silahkan klik pada logo corong yang berada pada bagian kiri atas dari halaman utama listing, maka Anda akan menemukan tipe penyaringan produk listing berdasarkan yang Aktif seperti gambar berikut.

Menambah Listing Baru

Untuk menambahkan produk listing baru, cukup klik tombol Tambah Produk yang berada pada bagian kanan atas seperti tampilan berikut.

Fitur Tambahan — Checklist

iSeller juga menyediakan fitur tambahan checklist pada modul ini, yaitu ketika Anda mencentang data yang tersedia maka akan muncul fitur tambahan yang dapat membantu Anda lebih cepat dalam pengolahan data.

Ketika Anda sudah melakukan checklist, maka akan muncul fungsi tambahan pada logo titik tiga di bagian atas.

  • Nonaktifasi: Fitur ini akan menonaktifkan semua daftar produk listing yang sudah Anda checklist. Jika tenant nonaktif, maka produk listing yang bersangkutan tidak akan tampil pada toko Anda.
  • Publikasi: Fitur ini akan mempublikasikan semua daftar produk listing yang sudah Anda checklist.
  • Hapus: Fitur ini akan menghapus semua daftar produk listing yang sudah Anda checklist.
Apakah Anda menemukan jawaban?