eInvoicing adalah fitur baru dari iSeller yang bertujuan untuk memudahkan Anda sebagai pemilik toko menerima pembayaran online dengan mudah pada saat berpergian.

Fitur ini memiliki kemampuan untuk mengirim tautan checkout (faktur) dari aplikasi POS melalui email dan SMS, di mana pelanggan Anda dapat membayar online di mana saja.

Beberapa contoh use case dan benefits yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini yaitu:

  • Pelanggan yang ingin melakukan pembayaran jasa service dengan kartu kredit atau pembayaran digital lainnya, dimana use case ini sangat cocok apabila Anda memiliki tipe bisnis kontraktor, renovasi rumah, atau jasa/service lainnya.
  • Pelanggan Anda yang sudah membayar DP di toko dan untuk pembayaran berikutnya ingin menggunakan pembayaran online seperti kartu kredit, dll.
  • Anda sebagai pemilik usaha sedang berpergian dan perlu melakukan penagihan ke pelanggan Anda.

Aktifkan Pay Online

Fitur ini dapat Anda aktifkan di Online Store dan POS pada toko Anda. Untuk Online Store, fitur ini akan otomatis aktif apabila toko Anda sudah mengaktifkan online store sebelumnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini di POS, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan ke menu Pengaturan, kemudian sub-menu Pembayaran.

Langkah 2: Arahkan pada panel Point of Sale, kemudian aktifkan Pembayaran Online dan Simpan seperti gambar berikut.

Send Invoice

Send Invoice ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui checkout online langsung dari aplikasi POS. Pelanggan akan menerima tautan checkout melalui email dan SMS (opsional).

Order yang dapat dikirimkan invoice adalah order yang belum di lunasi. Order yang belum di lunasi adalah order yang memiliki status pembayaran Sebagian Lunas dan Belum Lunas.

Untuk mengirimkan invoice pada pelanggan Anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan pilih dan buka order yang memiliki status pembayaran Sebagaian Lunas, kemudian klik tombol Send Invoice seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2: Kemudian akan muncul dialog box Pay Online seperti gambar berikut.

  • Customer Name: Nama pelanggan yang melakukan transaksi di order tersebut.
  • Outstanding Amount: Jumlah yang masih belum di bayar oleh pelanggan tersebut.
  • Email: Email yang akan dikirimkan faktur yang berisi tautan pembayaran atas order tersebut. Harap pastikan alamat email yang ditentukan sudah benar.
  • Telepon: Nomor telepon yang akan dikirimkan tautan pembayaran melalui SMS atas order tersebut. Harap pastikan nomor telepon yang ditentukan sudah benar.
  • Metode Pembayaran: Anda dapat memilih metode pembayaran apa saja yang ingin di aktifkan untuk tautan pembayaran atas order tersebut.
  • Send via SMS: Jika diaktifkan maka tautan pembayaran akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah Anda isi pada kolom Telepon. Pilihan ini hanya bisa diaktifkan apabila nomor telepon yang dimasukkan di mulai dengan +62.

Langkah 3: Jika Anda sudah selesai menentukan pilihan-pilihan pada dialog box Pay Online, silahkan klik tombol Send Invoice untuk mengirimkan tautan pembayaran Anda melalui email atau SMS.

Setelah pelanggan melakukan pembayaran online, pesanan akan secara otomatis ditandai sebagai Lunas secara realtime.

Apabila Anda ingin mengirimkan link payment secara lebih praktis ke WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain, Anda dapat membaca pada artikel iSeller Pay Link.

Apakah Anda menemukan jawaban?