[Getting Started] Penerimaan Pesanan oleh Merchant

Artikel ini akan menjelaskan mengenai cara menerima transaksi pesanan produk di toko online Anda pada web-admin iSeller.

Anne avatar
Ditulis oleh Anne
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Anda dapat melihat data pemesanan toko online Anda di web admin dengan masuk ke menu Pesanan. Klik nomor pesanan yang masuk untuk memprosesnya.

Pada panel Rincian Pesanan, Anda dapat melihat apakah pelanggan sudah membayar pesanan mereka atau belum. Jika masih terdapat tombol Terima Pembayaran, maka pelanggan belum membayar pesanan mereka.

Untuk tipe pembayaran iSeller Pay, Anda tidak dapat melakukan Terima Pembayaran karena proses ini akan otomatis selesai ketika pembayaran sudah masuk ke iSeller. Anda dapat melakukan Terima Pembayaran manual ketika pelanggan memilih metode pembayaran Bayar Di Tempat atau Manual Transfer.

Ketika pembayaran sudah terkonfirmasi, maka tampilan akan berubah seperti gambar berikut.

Proses selanjutnya adalah pemenuhan barang, proses ini dijalankan ketika Anda siap mengirimkan produk ke pelanggan.

Pada bagian Jumlah Barang yang Ingin Dipenuhi, Anda bisa mengatur jumlah barang yang akan dikirimkan. Berat barang akan mengikuti berat yang Anda masukan saat mendaftarkan barang, baca Pengaturan Berat Produk.

Selanjutnya Anda dapat mengatur informasi pengiriman sesuai dengan kurir pengiriman yang sudah dipilih oleh pelanggan.

Salah satu kelebihan menggunakan Pengiriman Terintegrasi dari iSeller adalah Anda dapat meminta kurir untuk mengambil paket di alamat pengirim yang diatur pada halaman Pengaturan Pengiriman

Cukup aktifkan fitur Panggil Kurir Untuk Ambil Paket seperti gambar berikut ini untuk melakukan pemanggilan kurir.

Setelah selesai, tekan tombol next untuk melanjutkan.

Selanjutnya, Anda dapat mengatur jenis paket, ukuran dan berat paket yang akan disertakan dalam pengiriman produk yang dipesan.

Perhatikan disini bahwa berat paket adalah 0,18 kg. Berat paket ini akan ditambahkan ke informasi produk untuk menghitung total berat.

Berat paket yang ditandai default sudah dimasukkan ke dalam perhitungan pengiriman saat pelanggan melakukan checkout. Jika paket yang dipilih pada saat pemenuhan bukan paket default, maka biaya pengiriman akan dihitung ulang. Untuk menghindari perbedaan biaya kirim karena paket, silahkan baca lebih lanjut mengenai Pengaturan Volume Paket.

Setelah selesai mengatur berat dan volume paket, Anda bisa langsung menekan tombol Fulfill Items untuk memanggil kurir ke alamat yang Anda pasang.

Setelah barang terpenuhi, maka tampilannya akan berubah menjadi seperti gambar berikut.

Persiapan Pengiriman Paket

Silahkan lihat panel yang baru terbuat setelah Anda melakukan pemenuhan, dan klik tombol Menu untuk melihat menu tambahan. Pilih Cetak Label Pengiriman.

Label Pengiriman digunakan untuk menandai paket Anda secara unik. Kurir yang datang mengambil paket akan melakukan scan ke label yang dicetak untuk masuk ke dalam sistem agar bisa dilakukan pelacakan.

Jika Anda ingin menyertakan rincian produk yang Anda kirimkan dalam paket Anda, Anda bisa klik tombol Print Package Items List. Tetapi jika Anda tidak ingin menyertakannya, Anda bisa langsung menekan tombol Print untuk melanjutkan.

Setelah Anda tekan tombol Print, halaman baru akan terbuka dan menampilkan file pdf Label Pengiriman yang dapat Anda cetak dan tempelkan pada paket Anda.

Anda tidak perlu membayar kurir yang datang, jika ditanyakan mengenai nomor akun, bisa dilihat pada pojok kiri bawah seperti pada gambar. Biaya kirim akan dikurangi ketika iSeller melakukan setoran terhadap toko Anda, baca Laporan Setoran untuk melihat rincian biaya yang dimaksud.

Setelah itu Anda dapat mencetak Label Pengiriman ini dan menempelkannya di paket Anda. Berikut adalah tampilan Label Pengiriman jika Anda memilih untuk menyertakan rincian produk.

Rincian produk yang Anda kirimkan akan ditampilkan di sebelah kanan. Beberapa agen pengiriman akan meminta Anda untuk menyertakan rincian produk seperti ini.

Rincian produk biasa digunakan untuk pengiriman internasional dimana pada saat negara penerima melakukan impor produk, akan dilakukan pengecekan apakah barang yang dikirim boleh masuk ke negara tujuan atau tidak.

Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu produk dikirimkan kepada Pelanggan. Jika produk sudah berhasil dikirimkan, maka status pada panel Pemenuhan akan berubah menjadi Success seperti status pesanan nomor #8156 di bawah ini.

Demikian Anda telah menyelesaikan pesanan di Toko Online Anda. Sebagai tambahan, jika Anda rasa domain yang diberikan iSeller kurang cocok untuk Anda publikasikan karena mengandung kata-kata iSellershop, Anda dapat melakukan pembelian domain dan menyambungkan nya ke toko online iSeller. Baca selengkapnya langkah Pengaturan Domain untuk menggunakan domain pribadi Anda.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?