Zendesk adalah salah satu aplikasi CRM yang membuat pelanggan Anda dapat berkomunikasi langsung dengan menggunakan live chat. Zendesk juga menyediakan fitur dimana pelanggan Anda dapat meninggalkan pesan secara offline seperti email. Semua pertanyaan dapat dengan mudah Anda jawab melalui website Zendesk.

Zendesk sudah terdaftar sebagai add-on pada iSeller Apps sehingga Anda dapat melakukan integrasi dengan mudah. Berikut adalah contoh integrasi live chat dari Zendesk.

Untuk melakukan integrasi Zendesk pada toko online Anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pembuatan Akun dan Pengaturan Live Chat Zendesk

Silakan buka website Zendesk, lalu daftarkan akun yang ingin digunakan untuk menampung dan membalas pertanyaan pelanggan. Jika Anda baru menggunakan Zendesk, disarankan untuk mempelajari tentang fitur-fitur dasarnya di dokumentasi Zendesk.

Pertama, login dengan akun Anda pada website Zendesk dan buka Setting, lalu pilih Widget seperti gambar di bawah ini.

Klik Setup pada bagian atas untuk melihat kode web widget live chat yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan Zendesk ID yang akan digunakan untuk integrasi dengan toko online Anda.

Salin kode yang berada setelah kata-kata key=. Kode ini akan digunakan untuk integrasi pada add-on iSeller. Sebagai contoh, kode widget Anda adalah sebagai berikut:

<!-- Start of chocoinjarsupport Zendesk Widget script -->
<script id="ze-snippet" src="https://static.zdassets.com/ekr/snippet.js?key=5ff14461-72f4-42f6-8b5a-e454edec2bcb"> </script>
<!-- End of chocoinjarsupport Zendesk Widget script -->

Maka yang perlu Anda masukkan hanyalah bagian berikut ini:

5ff14461-72f4-42f6-8b5a-e454edec2bcb

Mengintegrasikan dengan Toko Online

Untuk mengintegrasikan fitur live chat dengan toko online Anda, Anda bisa pergi ke menu Apps seperti yang sudah ditandai di bawah.

Lalu pilih Zendesk pada bagian bawah dan klik tombol Free untuk memasang add-on ini secara gratis. Klik OK untuk melanjutkan ke pengisian Zendesk ID.

Pada bagian ini, Anda harus memasukkan Zendesk ID untuk mengintegrasikan fitur live chat ini. Zendesk ID bisa Anda dapatkan dari kode web widget yang sebelumnya Anda lihat pada website Zendesk.

Masukkan kode tersebut sebagai Zendesk ID di halaman web admin Anda. Lalu klik Simpan untuk menyelesaikan integrasi.

Dengan demikian, pada saat pelanggan membuka toko online Anda, pelanggan dapat langsung mengubungi Anda dengan menekan tombol Chat di sebelah kanan bawah.

Membalas Pertanyaan Pelanggan

Chat dari pelanggan akan masuk ke halaman chat Zendesk Anda. Silahkan lakukan login ke Zendesk dan buka halaman jendela chat untuk membalas pertanyaan pelanggan.

Dengan demikian Anda sudah berhasil mengintegrasikan live chat dari Zendesk ini dengan toko online Anda.

Apakah Anda menemukan jawaban?