Sejarah transaksi merupakan daftar transaksi yang terjadi pada toko Anda. Untuk melihat daftar Sejarah Transaksi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1

Pada tampilan awal POS Anda, silahkan klik logo tiga baris pada bagian pojok kiri atas POS Anda.

Langkah 2

Pada pilihan menu, silahkan klik Orders untuk menampilkan tampilan sejarah transaksi.

Langkah 3

Tampilan selanjutnya adalah tampilan sejarah transaksi yang pernah Anda buat.

Pada bagian pojok kanan atas, Anda akan melihat pengaturan tambahan untuk transaksi yang sudah pernah Anda buat.

Ketika Anda klik logo tiga titik tersebut, maka Anda akan menemukan tampilan baru seperti berikut.

Berikut penjelasan dari pilihan-pilihan yang tersedia.

  • Add Note: Membuat catatan khusus untuk pesanan tersebut, catatan ini akan muncul pada web admin sebagai catatan internal.
  • Edit Note: Mengubah catatan yang sudah ada pada pesanan tersebut. Jika Edit Note tidak dapat ditekan, maka artinya belum ada catatan pada pesanan tersebut.
  • Print Receipt: Mencetak kwitansi belanja dari pesanan tersebut.
  • Refund: Melakukan pengembalian dana untuk pesanan tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengembalian, silahkan baca Pengembalian Pesanan (Refund).
  • Fulfill: Menyelesaikan atau memenuhi transaksi yang masih belum diselesaikan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fulfillment, silahkan baca Penuhi Pesanan (Fulfillment). Fitur Fulfill tidak dapat dipilih jika pesanan sudah selesai.
  • Edit Order: Anda dapat melakukan penambahan dan/atau pengurangan stok dan/atau produk yang ada dalam pesanan tersebut. Fitur Edit Order tidak dapat dipilih jika pesanan sudah selesai.

Anda juga dapat menambah pengguna baru yang memiliki batasan agar tidak dapat menggunakan fitur Refund, Fulfill, dan Edit Order. Baca selengkapnya di Tambah Pengguna Baru.

Mencari Transaksi Tertentu

Untuk mencari transaksi tertentu, silahkan klik logo kaca pembesar lalu masukkan nomor transaksi yang ingin Anda cari.

Menyaring Transaksi

Untuk menyaring transaksi, silahkan klik tombol Filter

Filter by Status

Metode penyaringan pertama adalah dengan menyaring status dari transaksi tersebut.

Pilihan dari penyaringan dengan status terbagi menjadi beberapa pilihan seperti:

  • All: Menyaring transaksi menjadi semua transaksi.
  • Void: Menyaring transaksi menjadi semua transaksi yang dibatalkan.
  • Fulfill: Menyaring transaksi menjadi semua transaksi yang sudah dipenuhi.
  • Partial Fulfill: Menyaring transaksi menjadi semua transaksi yang sebagian dipenuhi.
  • Not Fulfill: Menyaring transaksi menjadi semua transaksi yang belum dipenuhi.
  • Paid: Menyaring transaksi menjadi semua transaksi yang sudah lunas.
  • Partial Paid: Menyaring transaksi menjadi semua yang baru dibayar sebagian.

Filter by Period

Metode penyaringan kedua adalah dengan menyaring transaksi tersebut sesuai dengan jangka waktu yang Anda tetapkan.

Berikut adalah beberapa pilihan untuk penyaringan sesuai jangka waktu yang ditetapkan.

  • Today: Menyaring transaksi yang terjadi hari ini.
  • Last 7 days: Menyaring transaksi yang terjadi 7 hari terakhir.
  • Last 14 days: Menyaring transaksi yang terjadi 14 hari terakhir.
  • Last 30 days: Menyaring transaksi yang terjadi 30 hari terakhir.
  • Last 3 months: Menyaring transaksi yang terjadi 3 bulan terakhir.
  • Last 6 months: Menyaring transaksi yang terjadi 6 bulan terakhir.

Periode penyaringan akan terus meningkat seiring transaksi-transaksi yang sudah terjadi. Contoh di atas adalah toko yang baru berjalan 6 bulan, maka periode yang bisa disaring hanya sampai 6 bulan terakhir.

Apakah Anda menemukan jawaban?