iSeller Pay adalah metode pembayaran dengan iSeller sebagai perantaranya. Salah satu keuntungan pembayaran menggunakan iSeller Pay adalah Anda tidak perlu melakukan permintaan terhadap bank untuk menunggu persetujuan seperti perjanjian kerja sama. Anda juga tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi pembayaran karena akan terkonfirmasi otomatis oleh sistem ketika pembayaran masuk ke iSeller. iSeller lalu akan meneruskan pembayaran ke rekening Anda dengan dipotong biaya pemrosesan.

Sebelum menggunakan iSeller Pay, Anda harus melakukan aktivasi iSeller Pay yang dapat dibaca pada artikel Pengaktifan iSeller Pay. Lalu Anda bisa melanjutkan ke pemilihan metode yang ingin dipakai.

Berikut adalah metode-metode pembayaran yang didukung iSeller Pay beserta MDR (Merchant Discount Rate) atau potongan untuk biaya pemrosesan:

  • Kartu Kredit (Visa, Mastercard, JCB) : 2,75%
  • Kartu Kredit Tambahan (American Express) : 3,20%
  • Pembayaran Omni (Bank Transfer, Internet Banking, Mobile Banking, Minimarket) : 0,50% + Rp. 7500
  • BNI Yap! Pay : 1,80%
  • Cicilan BCA - 3 Bulan : 4,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan BCA - 6 Bulan : 7,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan BCA - 12 Bulan : 10,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan Maybank - 3 Bulan : 4,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan Maybank - 6 Bulan : 6,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan Maybank - 12 Bulan : 9,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan Permata - 12 Bulan : 9,00% + Rp. 1.800
  • Cicilan Permata - 24 Bulan : 13,50% + Rp. 1.800

Kartu Kredit (VISA, Mastercard, JCB, AMEX)

Pelanggan Anda dapat membayar barang/produk yang mereka beli dari Toko Online Anda dengan Kartu Kredit jika Anda mengaktifkan pilihan Kartu Kredit.

Pertama, tentunya pelanggan harus memilih pembayaran dengan Kartu Kredit pada halaman checkout.

Lalu pelanggan akan mengisi data-data Kartu Kredit yang akan mereka gunakan untuk membayar.

Setelah mengisi data-data Kartu Kredit, Pelanggan bisa menekan tombol Konfirmasi untuk menyelesaikan pembayaran. Setelah pembayaran lunas, maka sistem akan mengirimkan notifikasi email ke penjual. Untuk mengatur siapa saja yang dapat pengiriman email notifikasi dapat diatur pada halaman pengaturan notifikasi.

Biaya pemrosesan untuk Visa, MasterCard, dan JCB adalah sebesar 2,75% dan untuk AMEX adalah sebesar 3,20%.

Pembayaran Omni (Bank Transfer, Internet Banking, Mobile Banking, Convenience Store/Minimarket)

Tidak hanya bisa menggunakan kartu kredit, pelanggan dapat juga membayar menggunakan pembayaran omni (omni payment). Namun, pembayaran omni hanya bisa dilakukan dengan minimum pembelian Rp. 50.000. Pembelian di bawah Rp. 50.000 tidak akan bisa menggunakan metode pembayaran omni. Biaya pemrosesannya sebesar 0,5% + Rp 7.500. Omni payment iSeller meliputi:

  • Bank Transfer: Transfer dari ATM ke nomor akun virtual.
  • Internet Banking: Transfer dari bank melalui internet ke nomor akun virtual.
  • Mobile Banking: Transfer dari bank melalui m-banking ke nomor akun virtual.
  • Convenience Store / Minimarket (Alfamart dan Lawson): Pembayaran melalui minimarket menggunakan iSeller via 123.

Bank Transfer, Mobile Banking, Internet Banking

Ketika Pelanggan ingin membayar dengan metode Bank Transfer, baik melalui mesin ATM, Mobile Banking, maupun Internet Banking, pelanggan akan diberikan nomor virtual account. Nomor ini unik dan hanya bisa digunakan sekali. Anda dapat mengatur batas waktu maksimal bagi Pelanggan untuk melakukan transfer pada menu Pengaturan > Pembayaran seperti gambar berikut.

Untuk melakukannya, pertama Pelanggan harus memilih metode pembayaran ATM/Bank Transfer jika ingin transfer melalui ATM, Internet Banking untuk transfer melalui internet, dan Mobile Banking untuk transfer melalui aplikasi smartphone.

Setelah konfirmasi, maka pelanggan akan diberikan informasi bank dan nomor virtual account. Nomor virtual account yang diberikan adalah kombinasi dari No. Akun Bank dan Kode Referensi Pembayaran. Contohnya adalah gambar berikut.

No. Akun Bank adalah 78433 dan Kode Referensi Pembayarannya adalah 9144990513. Jadi Pelanggan bisa melakukan transfer bank ke virtual account dengan nomor 784339144990513. Kode Referensi Pembayaran akan berubah pada setiap pembelian, jadi nomor virtual account hanya bisa digunakan sekali. Pelanggan dapat scroll ke bawah untuk membaca intstruksi lebih lengkapnya untuk melakukan transfer dari bank tertentu.

Pelanggan bisa membaca instruksi lengkapnya disini.

Covenience Store / Minimarket

Selain melalui Bank Transfer, pelanggan juga dapat membayar barang/produk mereka melalui mini market seperti Alfamart dan Lawson. Untuk melakukannya, pelanggan bisa memilih Convenience Store lalu Alfamart sebagai metode pembayaran pada halaman checkout, lalu klik tombol Konfirmasi.

Setelah itu Pelanggan akan diberikan Kode Referensi Pembayaran yang bisa mereka beritahukan kepada kasir minimarket tempat mereka ingin melakukan pembayaran untuk melakukan pembayaran iSeller via 123.

Toko Serba Ada (Indomaret)

iSeller juga mendukung pembayaran menggunakan Toko Serba Ada (Indomaret). Namun, pembayaran Toko Serba Ada (Indomaret) hanya bisa dilakukan dengan minimum pembelian Rp. 50.000. Pembelian di bawah Rp. 50.000 tidak akan bisa menggunakan metode pembayaran omni. Biaya pemrosesannya sebesar 0,5% + Rp 7.500.

Untuk melakukannya, pelanggan bisa memilih Convenience Store lalu Indomaret sebagai metode pembayaran pada halaman checkout, lalu klik tombol Konfirmasi.

Setelah itu Pelanggan akan diberikan Kode Referensi Pembayaran yang bisa mereka beritahukan kepada kasir minimarket tempat mereka ingin melakukan pembayaran untuk melakukan pembayaran Isellercommerce.

BNI Yap! Pay

iSeller juga mendukung pembayaran menggunakan BNI Yap! dengan biaya pemrosesan sebesar 1,8%. Untuk melakukannya, Pelanggan bisa pilih BNI Yap! Pay sebagai metode pembayaran, lalu klik Konfirmasi.

Setelah itu akan tampil QR Code yang dapat di scan lewat aplikasi BNI Yap!.

Pelanggan lalu tinggal membuka aplikasi BNI Yap!, pilih opsi 'Bayar Pedagang' dan pilih yang akan dipakai sebagai sumber dana. Di aplikasi BNI Yap! pelanggan bisa memilih ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu debit BNI, kartu kredit BNI, atau uang elektronik (UnikQu).

Installment atau Cicilan

Tidak hanya membayar tunai, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran dengan cicilan kartu kredit. Setiap pembayaran dengan cicilan memiliki biaya pemrosesan berbeda-beda yang dapat dilihat pada bagian deskripsi di bawah nama cicilan masing-masing.

Cicilan kartu kredit yang dapat digunakan antara lain adalah BCA, Maybank dan Permata. Perlu Anda ketahui bahwa walaupun pembayaran dilakukan dengan cicilan, pembayaran akan tetap diteruskan secara penuh kepada Anda oleh iSeller.

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pilihan bank dan jumlah cicilan pada menu Pengaturan > Pembayaran seperti gambar berikut.

Untuk melakukan pembayaran dengan cicilan, pelanggan harus belanja minimal sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah). Lalu pilih Installment pada halaman checkout.

Setelah itu Pelanggan bisa mengisi data-data kartu kredit yang ingin digunakan untuk mengajukan cicilan pada bagian bawah.

Jika data-data yang dimasukan sudah benar, maka logo bank akan menyala dan pelanggan bisa memilih jumlah cicilan yang ingin diajukan. Setelah itu pelanggan bisa klik tombol Konfirmasi untuk menyelesaikan pembayaran.

Demikianlah metode-metode pembayaran yang bisa dilakukan dengan iSeller Pay. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika menggunakan iSeller Pay, konfirmasi pembayaran dilakukan otomatis oleh sistem dan Anda tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi.

Langkah selanjutnya setelah pesanan berhasil dibuat adalah menunggu pembayaran masuk dan persiapan pengiriman. Pembayaran yang masuk akan otomatis terbaca oleh sistem setelah lunas. Untuk persiapan pengiriman, silahkan baca artikel Penuhi Pesanan / Fulfillment (Online).

Apakah Anda menemukan jawaban?