Biaya tambahan dapat ditambahkan untuk setiap penjualan di toko Anda, contohnya Service Charges. Anda dapat mengatur biaya tambahan tersebut untuk diterapkan ke seluruh outlet atau hanya ke outlet tertentu saja.

Untuk mengakses pengaturan biaya tambahan dan pembulatan, silahkan klik menu Pengaturan lalu sub-menu Pajak & Biaya Lainnya kemudian arahkan pada bagian yang sudah ditandai seperti gambar di bawah ini.

Biaya Tambahan

Anda dapat menambahkan biaya tambahan untuk setiap pesanan yang dibutuhkan pada toko Anda seperti service charges. Untuk menambahkan biaya tambahan, silahkan klik tombol Tambah Biaya seperti gambar berikut.

Setelah Anda klik tombol Tambah Biaya akan muncul halaman baru untuk memasukkan biaya tambahan yang ingin Anda tambahkan seperti gambar berikut.

Berikut beberapa informasi yang harus Anda isi untuk menambahkan biaya tambahan pada toko Anda.

  • Nama: Nama bebas untuk biaya tambahan yang ingin Anda tambahkan.
  • Biaya (%): Biaya yang ingin Anda tambahkan untuk biaya tambahan pada pesanan penjualan toko Anda dalam hitungan satuan persen.
  • Metode Perhitungan: Anda bisa memilih nantinya biaya tambahan yang Anda tambahkan terhitung setelah total pesanan / sebelum subtotal / sebelum total akhir.
  • Outlet: Outlet yang Anda pilih untuk diterapkan biaya tambahan. Pilihan yang tersedia adalah semua outlet atau salah satu.
  • Status: Status Aktif atau Tidak Aktif untuk biaya tambahan yang sudah Anda tambahkan. Anda dapat mematikan sementara biaya tambahan untuk satu waktu tertentu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pengaturan Pembulatan

Pembulatan biasa digunakan untuk menghindari perhitungan angka ganjil jika membayar dengan uang tunai. Contoh mata uang Indonesia memiliki nilai mata uang paling kecil Rp 100. Jika ada pembelian sebesar Rp 11.111, dan Anda mengatur pembulatan ke bawah setiap 100 perak, maka nilai otomatis akan menjadi Rp 11.100.

Untuk menentukan pembulatan pada nilai total akhir di toko Anda, silahkan aktifkan tombol yang ada pada posisi kanan Aktifkan Pembulatan seperti gambar berikut.

Setelah Anda mengaktifkan pengaturan pembulatan, akan muncul beberapa informasi yang harus Anda isi sebagai berikut:

  • Metode Pembulatan: Terdapat 3 pilihan untuk membulatkan total perhitungan. Otomatis akan membulatkan kelipatan nilai 0,1 sampai 0,4 ke bawah dan 0,5 sampai 0,9 ke atas.
  • Interval Pembulatan: Pengaturan ini biasa diisi dengan nilai mata uang terkecil yang digunakan pada negara toko Anda. Sebagai contoh metode pembulatan otomatis dengan interval 100. Jika ada total pesanan sebesar Rp 99.377, maka dengan pengaturan pembulatan tersebut, total pesanan akan menjadi Rp 99.300.
Apakah Anda menemukan jawaban?