Pada laporan ini, Anda dapat melakukan peninjauan penjualan per produk secara rinci pada toko Anda. Untuk mengakses laporan penjualan produk, silahkan klik menu Laporan lalu sub-menu Laporan Penjualan Produk.

Pada laporan penjualan produk, Anda dapat mengubah tampilan tabel tersebut berdasarkan klasifikasi yang tersedia. Klasifikasi laporan dapat Anda akses dengan klik pada bagian yang sudah kami tandai pada gambar di bawah ini.

Klasifikasi yang dipilih nantinya akan menampilkan acuan data berupa informasi pada kolom bagian paling kiri. Dalam contoh ini, laporan yang dipilih adalah Penjualan Bruto oleh Tipe Produk, maka acuan data yang digunakan pada kolom paling kiri adalah data tipe produk.

Berikut adalah klasifikasi-klasifikasi dari laporan penjualan produk:

  • Penjualan Bruto oleh Produk: Laporan penjualan dengan acuan data nama produk.
  • Penjualan Bruto oleh Varian Produk: Laporan penjualan dengan acuan data varian produk. Untuk menambahkan varian pada produk, silahkan baca Pengaturan Varian.
  • Penjualan Bruto oleh Tipe Produk: Laporan penjualan dengan acuan data tipe produk.
  • Penjualan Bruto oleh Koleksi: ┬áLaporan penjualan dengan acuan data koleksi. Untuk menambah koleksi pada toko Anda, silahkan baca Pengenalan Koleksi.
  • Penjualan Bruto oleh Vendor: Laporan penjualan dengan acuan data vendor.
  • Penjualan Bruto oleh Tag: Laporan penjualan dengan acuan data tag produk.

Data Laporan Penjualan Produk

Semua data laporan penjualan produk dapat Anda lihat pada halaman awal seperti pada gambar berikut.

Pada halaman data laporan penjualan, Anda dapat melihat beberapa kolom utama seperti:

  • Pesanan: Total pesanan yang memiliki produk terkait dalam kurun waktu periode yang Anda pilih.
  • Unit Terjual: Total stok yang terjual dalam kurun waktu periode yang Anda pilih.
  • Penjualan Kotor: Total penjualan termasuk diskon, promosi, dan biaya tambahan untuk produk terkait dalam kurun waktu periode yang Anda pilih.
  • Jumlah Pengembalian Dana: Total pengembalian (refund) termasuk diskon, promosi, dan biaya tambahan untuk produk terkait dalam kurun waktu periode yang Anda pilih.

Tambah Dimensi

Tambah dimensi akan merinci laporan berdasarkan informasi tambahan. Informasi tambahan yang dimaksud adalah kategori data yang menjadi acuan dan/atau informasi baru dalam perincian laporan.

Untuk menambahkan dimensi silahkan klik Tambah Dimensi seperti pada gambar dan Anda akan menemukan berbagai jenis penambahan dimensi yang telah kami sediakan.

Ada total 15 penambahan dimensi yang dapat Anda tambahkan untuk laporan Anda:

  • Tipe Produk: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi tipe produk berdasarkan acuan yang terkait.
  • Nomor SKU: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi SKU berdasarkan acuan yang terkait.
  • Nama Varian: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi nama varian berdasarkan acuan yang terkait.
  • Rincian Bundel: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi rincian paket bundel berupa produk komposit atau produk komboset berdasarkan acuan yang terkait.
  • Harga: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi harga jual berdasarkan acuan yang terkait.
  • Vendor: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi vendor berdasarkan acuan yang terkait.
  • Channel: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi saluran penjualan apakah terjual dari POS atau toko online.
  • Toko: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi outlet / cabang toko berdasarkan acuan yang terkait.
  • Register: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi mesin kasir jika data yang terkait terjual di POS.
  • Pengguna: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi karyawan kasir jika data yang terkait terjual di POS.
  • Status Pemenuhan: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi status pemenuhan pesanan berapa produk yang sudah dipenuhi.
  • Nama Pelanggan: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi nama pelanggan yang membeli produk.
  • Negara Pelanggan: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi negara pelanggan yang membeli produk.
  • Kota Pelanggan: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi kota tempat pelanggan yang membeli produk.
  • Provinsi Pelanggan: Merinci data penjualan dengan menambahkan kolom berisi provinsi tempat pelanggan yang membeli produk.

Tambah Metric

Anda juga dapat menambahkan kolom yang berisi total perhitungan ke dalam data dengan cara klik Tambah Metric seperti gambar di bawah ini.

Ada total 3 penambahan metric yang dapat Anda tambahkan untuk laporan Anda:

  • Diskon: Menampilkan total diskon yang terhitung pada penjualan dalam 1 kurun waktu yang Anda pilih.
  • Promosi: Menampilkan total promosi yang terhitung pada penjualan dalam 1 kurun waktu yang Anda pilih.
  • Pajak: Menampilkan total pajak yang terhitung pada data penjualan yang terkait dalam 1 kurun waktu yang Anda pilih.
Apakah Anda menemukan jawaban?