Pemasukan barang / transfer in digunakan untuk menambah stok produk yang dikirimkan oleh supplier. Kelebihan pemasukan barang dengan fitur transfer adalah Anda dapat dengan mudah melakukan peninjauan stok masuk pada halaman Transfer.

Anda dapat langsung melakukan perubahan stok pada halaman produk, tapi jika Anda melakukan perubahan pada halaman tersebut, maka tidak ada laporan pemasukan atau pengeluaran mengenai stok barang yang diubah.

Langkah 1: Masuk ke dalam menu Katalog lalu sub-menu Transfers. Klik Tambah Transfer.

Langkah 2: Pada tampilan yang muncul, silahkan isi panel Umum yang dimana Anda dapat memilih produk yang ingin ditransfer dengan klik kolom Find Products. Produk yang bisa dipilih hanya produk-produk yang mengaktifkan fitur pencatatan stok dengan iSeller.

Pada panel tersebut, Anda juga dapat mengisi jumlah yang ingin ditransfer masuk pada kolom Beli serta harga beli dari produk tersebut pada kolom Harga Pembelian. Harga pembelian akan digunakan pada laporan laba & rugi ketika Anda mengaktifkan fitur harga pokok penjualan.

Langkah 3: Pada panel Detail, Anda dapat mengisi informasi detail mengenai kegiatan transfer yang dilakukan. Pada kolom Jenis Transfer, silahkan pilih Masuk untuk Transfer In. Untuk kolom Dari Pemasok, Anda dapat memilih pemasok mana yang mengirimkan produk tersebut. Pada informasi Ke Outlet, Anda dapat memilih outlet mana yang akan menerima Transfer In tersebut.

Langkah 4: Panel Pengiriman memungkinkan Anda untuk mengisi Perkiraan Tanggal Sampai serta memasukkan Tracking Number untuk melacak proses pengiriman tersebut.

Pada kolom Perkiraan Tanggal Sampai, Anda dapat mengisi tanggal perkiraan produk tersebut Anda terima.

Untuk menambah nomor pelacak, silahkan klik Add Tracking Number. 

Silahkan isi Nomor Resi dan pilih Kurir Pengiriman dari produk yang akan ditransfer. Klik Tambah Tracking Number untuk menerapkan penambahan nomor pelacak atau Batal untuk membatalkan penambahan nomor pelacak. 

Jika Anda menambahkan nomor resi, Anda akan menemukan tampilan seperti berikut:

Anda dapat klik nomor pelacak tersebut yang kemudian akan membuka halaman kurir pengiriman untuk kemudian melacak pengiriman tersebut.

Langkah 5: Silahkan isi kolom Detil Tambahan untuk menambahkan Nomor Referensi dan Tags yang kemudian dapat memudahkan Anda untuk mencari daftar Transfer In tersebut.

Anda dapat mencari Nomor Referensi atau Tags dari transfer tersebut pada kolom pencarian dari Daftar Transfer.

Langkah 6: Setelah itu Anda dapat memilih metode transfer yang diinginkan. Terdapat 2 metode transfer untuk Pengiriman Barang dari Supplier:

  • Otomatis: Otomatis akan langsung mengirimkan barang tanpa perlu memulai transfer terlebih dahulu. Untuk mempelajari langkah menerima transfer secara otomatis silahkan baca Transfer In - Transfer Otomatis.
  • Manual: Manual tidak akan langsung mengirimkan barang sebelum transfer dimulai terlebih dahulu. Untuk mempelajari langkah menerima transfer secara manual silahkan baca Transfer In - Transfer Manual.

Langkah 7: Setelah semua kolom sudah diisi, silahkan klik tombol Simpan untuk menyimpan dan melaksanakan Transfer In dari produk tersebut.

Timeline

Pada bagian Timeline, Anda dapat menambahkan catatan internal seperti penjelasan mengenai barang yang dikirimkan tersebut.
Dan Anda juga dapat melihat aktivitas transfer barang seperti gambar berikut.

Apakah Anda menemukan jawaban?