Pada modul inventaris, Anda dapat melakukan peninjauan mengenai stok barang yang masih tersedia di toko Anda.

Mengakses Halaman Inventaris

Untuk mengakses Halaman Inventaris, silahkan buka menu Katalog dan sub-menu Inventaris. Pada halaman Inventaris, Anda akan melihat daftar produk milik Anda beserta dengan jumlah stok inventori dan informasi lainnya.

Judul Halaman Inventaris

Pada Judul Halaman Inventaris, Anda akan menemukan beberapa tombol seperti Impor, Transfer Baru, dan Simpan.

Impor

Tombol Impor digunakan untuk mengambil daftar inventaris secara sekaligus dan tidak memasukkan manual secara satu per satu. Jika Anda klik tombol Impor, Anda dapat mengunduh CSV template yang telah kami sediakan dengan klik sample CSV template.

Setelah Anda unduh dan isi CSV template tersebut, silahkan unggah file tersebut dengan klik tombol Unggah File lalu pilih file yang sudah Anda isi. Untuk mempelajari import inventori menggunakan template CSV kami, silahkan baca Impor Daftar Inventaris.

Transfer Baru

Ketika Anda memilih Transfer Baru, maka Anda akan dibawa ke halaman Transfer dimana Anda bisa menambah stok dari supplier atau mengirim ke outlet Anda yang lain. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Transfer, silahkan baca halaman Pengenalan Transfer.

Mencari Produk Tertentu

Untuk mencari produk tertentu silahkan tulis nama produk yang igin Anda cari ke dalam kotak berwarna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar inventaris yang memiliki nama produk tersebut.

Menyaring Daftar Inventaris

Jika Anda ingin menyaring daftar inventaris Anda, silahkan klik pada logo corong yang berada pada kiri atas dari bagian utama halaman Koleksi, maka Anda akan menemukan berbagai tipe penyaringan koleksi yang telah kami sediakan. 

Ada total 7 tipe penyaringan yang bisa Anda lakukan kepada daftar Koleksi Anda:

  • Tampilkan: Visibilitas dari daftar inventaris, apakah visibilitas dari koleksi tersebut berada pada Toko Online atau Point of Sale.
  • Soldout Strategy: Tipe penyaringan berdasarkan strategi yang dilakukan ketika produk terjual habis. Nilai penyaringan bisa berdasarkan Stop selling (berhenti berjualan ketika stok habis) atau Continue selling (tetap berjualan ketika stok habis).
  • Tipe Produk: Penyaringan produk inventaris berdasarkan tipe dari produk.
  • Vendor: Penyaringan produk inventaris berdasarkan vendor dari produk tersebut.
  • Kondisi Stok: Penyaringan produk inventaris berdasarkan kondisi stok produk, apakah Stok Sedikit, Habis Persediaan, atau Available (Tersedia).
  • Unit Persediaan: Penyaringan produk inventaris berdasarkan jumlah stok yang Tersedia.
  • Tags: Penyaringan produk invetaris berdasarkan dengan kata-kata yang diacukan atau dihubungkan dengan produk tersebut.

Setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan form penyaringan sebagai berikut:

Setelah memilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Tipe Produk), silahkan isi bagian operator dan nilai dengan penjelasan seperti berikut:

  • Operator: Cara bagaimana produk inventaris akan disaring, dalam contoh ini operator yang dipilih adalah Sama Dengan
  • Nilai: Nilai dari tipe produk yang ingin Anda saring, dalam contoh ini nilai yang dipilih adalah Aksesoris.

Setelah semua dimasukkan, silahkan klik Tambah Filter maka hasil dari penyaringan produk akan seperti berikut:

Menyimpan Hasil Penyaringan Inventaris

Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan nanti. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut. Jika bingung, silahkan lihat gambar di bawah.

Anda cukup memasukkan Nama dari Hasil Penyaringan Inventaris tersebut dan tekan tombol Save maka hasil Penyaringan Inventaris Anda akan tersimpan.

Anda dapat mengakses setiap hasil Penyaringan Inventaris Anda dengan klik logo Tiga Titik yang berada di samping kanan tombol My Filter.

Bagian Utama Inventaris

Pada bagian judul tabel Daftar Inventaris, Anda dapat melihat beberapa informasi seperti Produk, Soldout Strategy, Incoming, dan Quantity.

  • Product: Daftar Nama Produk yang Anda miliki.
  • Soldout Strategy: Strategi yang diambil ketika stok produk tersebut habis. Nilai kolom bisa berdasarkan Stop selling (berhenti berjualan ketika stok habis) atau Continue selling (tetap berjualan ketika stok habis).
  • Incoming: Jumlah Produk yang sedang dalam proses transfer in.
  • Quantity: Jumlah Stok yang tersedia dari produk tersebut.

Add / Set Stok Produk

Anda dapat menambahkan atau mengubah stok produk yang tersedia. Silahkan ikuti langkah berikut untuk mengetahui caranya.

Langkah 1: Silahkan klik logo pena di sebelah produk yang ingin Anda ubah atau tambah Stoknya.

Langkah 2: Silahkan pilih Add atau Set stok produk tersebut.

  • Add: Menambahkan stok produk ke dalam stok yang tersedia.
  • Set: Mengubah stok produk, menggantikan Stok yang sudah ada.

Langkah 3: Silahkan masukkan nominal produk yang ingin Anda Add / Set.

  • Jika Anda Add, nominal tersebut akan ditambahkan dengan nominal stok yang sudah ada.
  • Jika Anda Set, nominal tersebut akan menggantikan nominal stok yang sudah ada.

Dalam contoh ini, kita akan Add produk sebanyak 25 produk tambahan.

Langkah 4: Klik Simpan untuk menerapkan penambahan produk tambahan. Maka hasil akhir jumlah produk "Smile" River Island Men Ficci Jacket akan bertambah sebanyak 25 pcs.

Contoh lain jika Anda memilih Set menjadi 25 pada produk yang Anda pilih, maka kuantitas produk Anda akan menjadi 25 pcs.

Fitur Tambahan - Checklist

iSeller juga menyediakan fitur tambahan checklist pada modul ini, ketika Anda mencentang data yang tersedia maka akan muncul fitur tambahan yang dapat membantu Anda lebih cepat dalam pengolahan data.

Ketika Anda sudah melakukan checklist, maka akan muncul fungsi tambahan pada bagian atas.

  • Set Alert At Stock: Fitur ini akan menampilkan pemberitahuan stok produk Anda akan segera habis pada saat checkout POS atau toko online,
  • Perbarui Inventaris: Fitur ini akan memperbarui inventaris produk yang sudah Anda checklist. Pada fitur ini Anda dapat menentukan jumlah pada produk tersebut atau menambahkan jumlah produk tersebut,
  • Tetap Jual Setelah Habis: Jika fitur ini diaktifkan maka pelanggan tetap dapat melakukan transaksi pada produk yang sudah Anda checklist,
  • Hentikan Penjualan Ketika Produk Habis: Jika fitur ini diaktifkan maka pelanggan tidak dapat melakukan transaksi pada produk yang sudah Anda checklist.
Apakah Anda menemukan jawaban?