Koleksi digunakan untuk mengelompokkan produk berdasarkan karakterisitik yang sama. Fitur koleksi sangat berguna untuk membuat promosi berdasarkan produk, membantu menata produk yang ada, dan menampilkan daftar koleksi pada POS Anda. 

Untuk mengatur koleksi produk Anda, silahkan pergi ke menu Katalog dan sub-menu Collections

Berikut adalah halaman toko yang sudah memiliki koleksi produk yang aktif.

Judul Halaman Koleksi

Pada Judul Halaman Koleksi, Anda dapat menambahkan koleksi baru dengan klik tombol Tambah Koleksi, maka Anda akan dibawa ke halaman untuk menambah koleksi baru.

Bagian Utama Halaman Koleksi

Bagian utama dari halaman Koleksi memungkinkan Anda untuk melihat daftar koleksi Anda, mencari koleksi tertentu, serta menyaring / melakukan filter daftar koleksi yang ingin Anda cari. 

Pada Judul Tabel Anda dapat melihat penjelasan seperti: Title, Product Conditions, dan Active. Judul tabel ini bisa Anda klik untuk melakukan sortir atau pengurutan barang secara alfabet.

Berikut penjelasan sederhananya:

  • Title: Nama dari Koleksi yang sudah Anda buat.
  • Product Conditions: Kondisi atau karakteristik dari produk yang termasuk secara otomatis ke dalam koleksi tersebut. 
  • Active: Status dari koleksi tersebut. Jika dinonaktifkan, maka koleksi tersebut tidak akan terlihat pada POS dan toko online Anda.

Mencari Koleksi

Untuk mencari koleksi tertentu silahkan tulis nama koleksi yang Anda ingin cari ke dalam kotak berwarna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar koleksi yang memiliki nama tersebut.

Menyaring Koleksi

Jika Anda ingin menyaring daftar koleksi Anda, silahkan klik pada logo corong yang berada pada kiri atas dari bagian utama halaman koleksi, maka Anda akan menemukan berbagai tipe penyaringan koleksi yang telah kami sediakan. 

Ada total 2 tipe penyaringan yang bisa Anda lakukan kepada daftar koleksi Anda:

  • Jenis: Penyaringan dari jenis pengelompokkan produk, apakah pengelompokkan secara manual atau otomatis.
  • Tampilkan: Visibilitas dari daftar koleksi, apakah visibilitas dari koleksi tersebut berada pada toko online atau Point of Sale.

Setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan form penyaringan sebagai berikut:

Setelah memilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Tampilkan), silahkan isi bagian operator dan nilai dengan penjelasan seperti berikut:

  • Operator: Cara bagaimana koleksi akan disaring, dalam contoh ini operator yang dipilih adalah Sama Dengan
  • Nilai: Nilai dari visibilitas yang ingin Anda saring, dalam contoh ini nilai yang dipilih adalah Point of Sale.

Setelah semua dimasukkan, silahkan klik Tambah Filter maka hasil dari penyaringan produk akan seperti berikut.

Menyimpan Hasil Penyaringan Koleksi

Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan dikemudian hari. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut. Jika bingung, silahkan lihat gambar di bawah.

Anda cukup memasukkan nama dari hasil penyaringan koleksi tersebut dan tekan tombol Save untuk menyimpan hasil penyaringan koleksi Anda.

Anda dapat mengakses setiap hasil penyaringan koleksi Anda dengan klik logo Tiga Titik yang berada di kanan atas Bagian Utama Koleksi.

Tambah / Edit Koleksi

Untuk menambah koleksi baru, Anda bisa menekan tombol Tambah Koleksi pada halaman daftar koleksi. Untuk melakukan pengubahan koleksi, silahkan tekan nama koleksi yang berada di dalam tabel.

Pada halaman tersebut, Anda dapat melihat beberapa bagian yang dipisahkan dengan panel. Penjelasan selanjutnya akan dibahas perbagian yang akan ditandai dengan kotak merah.

Informasi Umum

Pada bagian tersebut, Anda dapat mengisi nama dari koleksi Anda dan juga keterangan tambahan yang ingin Anda masukkan. Keterangan tambahan hanya menjadi catatan internal untuk memperjelas guna dari Koleksi tersebut.

Produk

Pada bagian ini, Anda dapat mengatur produk mana saja yang termasuk di dalam koleksi tersebut. Kami memiliki 2 pengaturan untuk mendaftar koleksi yang diinginkan:

  1. Manual, berarti Anda memilih secara satu per satu produk mana saja yang ingin dimasukkan ke dalam koleksi ini. Untuk informasi lebih lanjut baca halaman Pengaturan Koleksi Produk bertipe Manual.
  2. Otomatis, berarti Anda memilih produk berdasarkan tipe yang sudah Anda tentukan sebelumnya di tiap produk untuk dimasukkan ke dalam koleksi ini. Untuk informasi lebih lanjut baca halaman Pengaturan Koleksi Produk bertipe Otomatis.

Tampilkan

Pengaturan visibilitas dari koleksi yang Anda miliki. Jika tombol di samping Toko online, Point Of Sale, Semua Outlet diaktifkan, maka koleksi tersebut akan ditampilkan di masing-masing channel penjualan tersebut.

Pengaturan Visibility Toko Online

Fitur ini merupakan fitur tambahan khusus untuk Toko Online. Anda dapat mengatur koleksi untuk tampil di Toko Online Anda pada waktu-waktu tertentu. Tujuan utama dari fitur ini memungkinkan Anda dapat mengatur Flash Sale dengan mudah. Untuk konfigurasi lebih lanjut mengenai penjadwalan visibilitas, silahkan baca halaman Pengaturan Flash Sale.

Gambar

Anda dapat menambahkan gambar pada koleksi yang dimana gambar ini akan tampil hanya untuk keperluan toko online. Ada dua cara untuk menambahkan gambar pada koleksi Anda:

Cara 1: Pilih file gambar yang Anda miliki dengan menekan tombol Pilih fle yang ada di dalam panel.

Cara 2: Tarik dan letakkan file gambar di dalam kotak yang sudah kami tandai dengan kotak merah.

Anda hanya dapat mengunggah 1 gambar untuk 1 koleksi.

Fitur Tambahan - Checklist

iSeller juga menyediakan fitur tambahan checklist pada modul ini, yaitu ketika Anda mencentang data yang tersedia maka akan muncul fitur tambahan yang dapat membantu Anda lebih cepat dalam pengolahan data.

Ketika Anda sudah melakukan checklist, maka akan muncul fungsi tambahan pada bagian atas.

  • Publikasi Koleksi: Fitur ini akan menampilkan koleksi yang sudah Anda checklist. Anda dapat menentukan koleksi yang bersangkutan tampil di checkout POS / toko online / checkout POS dan toko online,
  • Sembunyikan Koleksi: Fitur ini akan menyembunyikan koleksi yang sudah Anda checklist. Anda dapat menentukan koleksi yang bersangkutan disembunyikan di checkout POS / toko online / checkout POS dan toko online,
  • Aktivasi: Fitur ini akan mengaktifkan semua list koleksi yang sudah Anda checklist, Jika koleksi aktif, maka koleksi yang bersangkutan akan muncul di POS atau toko online,
  • Nonaktifasi: Fitur ini akan menonaktifkan semua list koleksi yang sudah Anda checklist, Jika koleksi mati, maka koleksi yang bersangkutan tidak akan muncul di POS atau toko online,
  • Hapus: Fitur ini akan menghapus semua list koleksi yang sudah Anda checklist. Data koleksi yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi, jika Anda ingin mematikan sementara, silahkan pilih fitur deactivate.

Tampilan Koleksi pada POS

Jika Koleksi pada web-admin iSeller sudah dipublikasikan, maka koleksi pada POS memiliki 2 tampilan.

Tampilan Pertama

Tampilan ini akan muncul pada halaman awal Checkout. Untuk melihat apa saja koleksi yang ada, klik All kemudian akan muncul daftar koleksi pada toko Anda.

Tampilan Kedua

Tampilan ini akan menampilkan koleksi pada posisi bawah layar Anda.

Untuk menampilkan koleksi pada posisi bawah layar Anda, terlebih dahulu Anda harus mengaturnya pada Settings, kemudian pada tab General aktifkan "Show collections in tab layout".

Apakah Anda menemukan jawaban?