Beberapa hosting domain yang kami rekomendasikan adalah GoDaddy dan Namecheap. Selain itu ada juga hosting domain yang lain seperti NiagaHoster, MasterWeb, Rumah Web, IDwebhost, dan masih banyak lagi. Preferensi pemilihan hosting domain ini tergantung pilihan masing-masing.

Sebagai contoh panduan ini, kami memberikan langkah untuk menyambungkan domain chocoinjar.com dengan domain iSeller chocoinjar.isellershop.com.

Point DNS (Penunjukan Domain)

Langkah pertama untuk menggunakan domain pribadi di web admin iSeller adalah Anda harus melakukan point DNS atau penunjukkan domain pribadi Anda ke alamat server iSeller. Untuk melakukannya, Anda bisa membuat A Record.

A Record merupakan sebuah record / data yang digunakan untuk membuat alias dan mengarahkan website atau domain Anda ke IP server tertentu. Dengan kata lain, A Record digunakan sebagai penyambung domain Anda ke IP Adress iSeller.

Untuk membuat A Record, silahkan masuk / login ke hosting dimana Anda membeli nama domain Anda, dalam contoh ini ada tampilan di Namecheap. Tampilan penambahan host records berbeda-beda tergantung dimana Anda membeli nama domain.

Pertama, pilih Manage pada nama domain Anda untuk mengatur DNS. Lalu buka pengaturan Advanced DNS dan Klik tambah Record / Add New Record seperti gambar di bawah.

Pilih tipe record “A”

Isi informasi host untuk domain Anda.

Sebagai contoh, domain Anda adalah chocoinjar.com, silahkan isi Host dengan karakter "@" yang berarti tidak ada subdomain yang perlu ditambahkan untuk mengakses chocoinjar. Jika Anda ingin pelanggan Anda dapat juga mengakses www.chocoinjar.com, maka Anda perlu mengisi informasi host dengan "www".

Masukan IP Address iSeller yaitu 202.179.137.144 untuk menunjuk / pointing domain yang diinginkan ke alamat server iSeller.

Hal-hal yang bisa Anda perhatikan adalah:

  1. Tidak boleh ada data record dengan host yang sama menunjuk ke IP address berbeda. Jadi Anda tidak bisa menyambungkan www.chocoinjar.com dengan IP Address iSeller (202.179.137.144), lalu kembali menyambungkan www.chocoinjar.com dengan IP Address lain.
  2. Menambah record hanya dapat dilakukan di pengaturan hosting pilihan Anda. Perhatikan juga bahwa tampilan pengaturan setiap hosting akan berbeda satu sama lain. Contoh di atas adalah tampilan pengaturan di Namecheap.

Mengatur Domain di iSeller Web Admin

Setelah melakukan point DNS pada hosting domain pilihan Anda, selanjutnya adalah pengaturan domain di web admin iSeller. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Klik menu Sales Channel dan pilih Toko Online.

Scroll ke bawah ke panel Konfigurasi Toko.

Pada bagian Domain, klik Tambah Domain.

Isi nama domain Anda pada kolom Nama Domain. Lalu klik Tetapkan Sebagai Default untuk mengaturnya menjadi domain default Anda.

Klik Simpan untuk menyelesaikan pengaturan domain Anda.

Dengan demikian Anda sudah melakukan pengaturan domain pribadi Anda pada sistem iSeller.

Konfigurasi SSL (Secure Sockets Layer)

Konfigurasi ini hanya perlu dilakukan jika Anda menginginkan lapisan proteksi SSL pada domain yang Anda beli.

SSL digunakan untuk melakukan enkripsi transfer data yang dilakukan server dan browser Anda. Tergantung dari hosting domain pilihan Anda, biasa pengaturan SSL memerlukan biaya tambahan.

Untuk mendeteksi apakah domain Anda sudah memiliki SSL atau belum, bisa lihat pada alamat URL browser ketika melakukan akses website. Jika terdapat informasi https pada awal browser, berarti website tersebut sudah memiliki lapisan SSL untuk memproteksi Anda dari peretas.

Untuk melakukan konfigurasi SSL, silakan baca artikel Pengaturan Domain Lanjutan.

Dengan demikian sudah selesai pembuatan toko online Anda dengan fitur paling sederhana yang dimiliki sistem iSeller. iSeller juga menyediakan fitur lanjutan seperti varian produk yang memiliki ukuran baju S, M, L, dan XL. Selain itu Anda juga dapat dengan mudah menampilkan 1 kelompok produk dengan pengelompokkan menggunakan koleksi. Ada juga promosi diskon dan juga flash sale untuk waktu tertentu. Selengkapnya dapat Anda baca di Pelajari Fitur Lanjutan (Online).

Apakah Anda menemukan jawaban?