Semua Koleksi
Mulai Berjualan dengan Lakoo
Langkah 2: Menambahkan Produk di Lakoo
Langkah 2: Menambahkan Produk di Lakoo

Artikel ini menjelaskan terkait bagaimana cara menambahkan produk di Lakoo

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Bagi Anda yang akan memulai berjualan dengan aplikasi Lakoo, Anda perlu memasukkan produk yang akan dijual di toko Anda. Jumlah minimal produk yang perlu dimasukkan adalah sebanyak 3 produk, sehingga Anda dapat memulai berjualan.

Silakan ikuti langkah - langkah berikut untuk memasukkan produk.

Langkah 1: Ketika Anda baru membuat toko, maka, akan muncul petunjuk awal yang harus Anda lengkapi sebelum mulai berjualan di Lakoo. Anda bisa klik tanda panah ke kanan pada bagian “Tambahkan Produk Pertamamu”. Atau, Anda juga bisa klik logo Tambah Produk pada sisi kanan atas.

Langkah 2: Pada panel Tambah Produk, silakan isi data produk yang dibutuhkan. Di antaranya, Foto Produk, Nama Produk, Harga, Deskripsi, Berat, Koleksi, Pilihan Stok Produk (Stok Terbatas atau Stok Selalu Tersedia), Variasi, dan Opsi Tambahan (Seperti pilihan topping, level Es, Level Gula, dan lainnya pada usaha kuliner).

Koleksi

Langkah 1: Anda bisa memasukkan produk Anda ke dalam Jenis koleksi tertentu dengan klik Tambah pada bagian Koleksi.

Langkah 2: Kemudian klik Tambah Koleksi untuk membuat koleksi baru dan masukkan nama koleksi yang Anda inginkan.

Langkah 3: Terakhir, klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Pilih Stok Produk

Jika Anda memilih Stok Terbatas pada bagian Pilihan Stok Produk, maka, Anda akan diminta memasukkan jumlah stok tersedia

Variasi

Langkah 1: Saat menambahkan produk, Anda bisa mengatur variasi seperti ukuran atau warna untuk produk yang sedang dibuat. Caranya, pada panel Variasi, klik Tambah Variasi.

Langkah 2: Setelah itu, akan muncul layar baru untuk Anda mengatur variasi. Pada pengaturan awalnya tersedia variasi Warna dan juga Ukuran. Anda bisa klik Reset untuk menghapus semua variasi bawaan dan mengatur variasi Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah variasi bawaan yang sudah ada dengan klik ikon Pensil atau menghapusnya dengan klik ikon Tempat Sampah yang berada di sisi kanan

Langkah 3: Lalu, Anda bisa menambahkan foto pada setiap pilihan variasi dengan geser tombol aktivasi pada Foto Variasi.

Langkah 4: Klik Lanjut jika Anda sudah selesai mengatur jenis dan pilihan variasi

Langkah 4: Selanjutnya, Anda bisa mengatur harga tiap pilihan variasi. Anda bisa mengaturnya satu persatu dengan memasukkan nominal pada setiap pilihan yang muncul.

Atau, Anda juga bisa mengatur harganya secara masif dengan klik Atur Sekaligus yang berada di bagian atas. Lalu, centang opsi Pilih Semua jika semua harga tiap variasi sama, namun, jika tidak, Anda bisa centang pada pilihan-pilihan tertentu dengan harga yang sama dan masukkan nominal di bawahnya. Lalu, klik Simpan

Contoh kasus:

A La Mode Store memiliki produk baju Hanbok Korea berbagai warna. Ia ingin menaruh harga pada semua baju dengan variasi ukuran M seharga Rp500.000 dan baju dengan variasi ukuran L seharga Rp550.000, maka, centang pada opsi ukuran M, kemudian masukkan nominal Rp500.000 dan klik Simpan. Kemudian, ulangi dan centang pada pilihan variasi ukuran L dengan nominal Rp550.000 dan klik Simpan. Maka, secara otomatis, harga akan terimplementasikan pada setiap opsi yang telah dipilih tadi.

Note: Anda juga bisa mengatur aktivasi variasi pada masing-masing pilihan dengan menggeser tombol aktivasi di sisi kanan setiap pilihan variasi tersebut. Jika Anda mematikan tombol tertentu, maka variasi atau pilihan yang Anda matikan tersebut tidak akan muncul di variasi produk.

Langkah 5: Terakhir, klik Simpan untuk menyimpan pengaturan variasi yang sudah dibuat.

Opsi Tambahan

Fitur ini berguna jika Anda memiliki tambahan opsi di luar variasi, koleksi, atau opsi yang sudah tersedia. Caranya, Klik Tambah Opsi Tambahan.

Note:

Anda bisa menambahkan hingga 6 Opsi Tambahan dan bisa memilih satu atau dua dari opsi tersebut untuk tiap produknya.

Selanjutnya, masukkan “Nama Opsi Tambahan”.

Seperti contoh yang akan kami buat yaitu Nama Opsi Tambahan “Aksesoris” dengan pilihan opsi Ikat Pinggang dan Renda.

Note: Anda bisa mengubah pilihan tersebut dengan klik ikon Pensil atau menon-aktifkan pilihan dengan geser tombol aktivasi di sebelahnya

Lalu, jika Anda ingin pembeli wajib mengisi opsi tambahan ini saat checkout, Anda bisa aktifkan pengaturan Opsi tambahan wajib diisi pembeli. Dan, jika Anda mengizinkan pembeli memilih lebih dari satu opsi, maka, geser tombol aktivasi “Opsi tambahan bisa dipilih lebih dari satu” dan masukkan jumlah maksimal pilihan yang bisa dipilih.

Kemudian, jika sudah selesai mengatur Opsi Tambahan, klik Simpan.

Setelah itu, centang opsi tambahan yang sudah dibuat. dan klik Simpan.

Terakhir, ketika Anda sudah selesai mengatur penambahan produk, klik Simpan lagi untuk menyimpan produk tersebut.

Selamat! Anda sudah berhasil menambahkan produk pada aplikasi Lakoo.

Anda bisa membagikan link produk, menambahkan produk lainnya, atau menyelesaikannya dengan klik “X” agar pop-up hilang.

Selanjutnya, untuk memulai berjualan di Lakoo, Anda dapat mengatur pengiriman dan desain toko online pada artikel Langkah 3: Lengkapi Nomor Rekening di Lakoo

Apakah pertanyaan Anda terjawab?