Semua Koleksi
Pengaturan Pembayaran
Point of Sale
Batas Waktu Pembayaran untuk Pelanggan Terdaftar (On Account Due Date)
Batas Waktu Pembayaran untuk Pelanggan Terdaftar (On Account Due Date)

Artikel ini menjelaskan fitur baru untuk menentukan jangka waktu dan tanggal jatuh tempo hutang untuk pelanggan

Dwi Aryani avatar
Ditulis oleh Dwi Aryani
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Fitur Hutang untuk Pelanggan Terdaftar (on account) berfungsi memperbolehkan pelanggan Anda melakukan pembayaran di lain hari, dan Anda bisa memilih kapan jatuh tempo waktu pembayaran untuk pelanggan Anda.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa pilih menu Pengaturan > Pembayaran > pada panel Selain Pembayaran Terintegrasi klik Point of Sale

Selanjutnya, geser ke bawah hingga pada Hutang untuk Pelanggan Terdaftar dan klik tombol pengganti untuk mengaktifkannya, serta, Anda bisa centang pada opsi tanda tangan untuk pelanggan. Seperti gambar berikut.

Opsi tanda tangan ini bisa diaktifkan atau tidak diaktifkan sesuai kebutuhan toko Anda, jika fitur ini diaktifkan pada saat pelanggan ingin melakukan pembayaran di kemudian hari, pelanggan harus memasukkan tanda tangan terlebih dahulu pada checkout POS seperti gambar berikut.

Pengingat pembayaran

Setelah Anda mengaktifkan Hutang untuk Pelanggan Terdaftar, di bawah centang tersebut terdapat opsi “Kirim pengingat pembayaran melalui email”, Anda bisa menggeser ke kanan tombol pengganti untuk mengaktifkannya.

NOTE: Saat diaktifkan, pengingat pembayaran akan secara otomatis dikirim ke pelanggan Anda melalui serangkaian email. Berdasarkan tanggal jatuh tempo, email untuk pengingat pembayaran akan dikirim pada saat:

  • Satu minggu sebelum tanggal jatuh tempo

  • Pada tanggal jatuh tempo

  • Satu hari setelah tanggal jatuh tempo

  • Satu bulan setelah keterlambatan.

Tambahan Pilihan Filter Pada Menu Pesanan di Web Admin

Selain itu, pada Menu Pesanan, Anda bisa memilih filter berdasarkan Jatuh tempo pembayaran (hari). Seperti, ketika nilai yang Anda isi 30 hari, maka akan tersaring semua pesanan yang status pembayarannya jatuh tempo pada 30 hari (Pending — due in 30 days).

Ketika nilai yang Anda isi 7 hari, maka, akan tersaring semua pesanan yang status pembayarannya jatuh tempo pada 7 hari (Pending — due in 7 days).

Ketika nilai yang Anda isi 0 hari, maka, semua pesanan yang memiliki keterlambatan (overdue) akan muncul.

Ketika pelanggan melakukan pembayaran sebagian, maka status pembayaran menjadi Dibayar Sebagian.

Penyesuaian Template Email Pengingat

Untuk mengatur penyesuaian template email pengingat pembayaran, pilih menu Pengaturan > Notifikasi > geser ke bawah hingga bagian Model Notifikasi, lalu Anda bisa pilih dan atur model notifikasi seperti apa yang akan dikirim ke pelanggan dengan klik tombol pensil untuk mengedit template email-nya. Lihat gambar di bawah ini.

NOTE:

  1. Pelanggan yang tidak mempunyai batasan kredit tetap bisa menggunakan on account.

  2. Pelanggan lama yang sudah berjalan dan sudah ada saldo rekeningnya masih tetap bisa menggunakan on account.

Proses Pembayaran Pada POS

Berikut langkah-langkah yang akan Anda lalui pada POS jika ada pelanggan yang melakukan pembayaran dengan on account.

(Proses di bawah ini merupakan contoh pembayaran dengan POS F&B).

Langkah 1: Saat pelanggan ingin melakukan pembayaran, pilih Tambahkan Customer > metode pembayaran (on account) > Masukan jumlahnya

Langkah 2: Saat memasukkan jumlah, pilih tenor sebelum pembayaran 7 hari, 14 hari, 30 hari, 60 hari, 90 hari, atau Custom.

Langkah 3: Setelah memilih tenor, tanggal jatuh tempo akan otomatis menyesuaikan tenor yang dipilih.

Note: Jika Anda memilih tenor “Custom”, akan muncul pilihan tanggal untuk memilih tanggal jatuh tempo.

Ketika pelanggan diberikan batas kredit dan sudah mencapai batasnya, maka akan muncul pop up “Transaksi sudah mencapai batas limit kredit

NOTE: Jika pelanggan ingin mengetahui sisa batas yang dimiliki, tetapi kasir tidak memiliki akses untuk melihat batas, maka, diperlukan “Admin privilege” atau menggunakan pengguna yang sudah menjadi admin dan memiliki akses untuk bisa melihat batas pelanggan tersebut.

Lalu, pilih pengguna yang mempunyai hak akses sebagai admin dan masukkan pin.

Sekian penjelasan mengenai pengaturan, cara kerja, dan penggunaan fitur batas waktu dan tanggal jatuh tempo hutang untuk pelanggan terdaftar. Semoga bermanfaat!

Apakah pertanyaan Anda terjawab?