Metode Pembayaran Lainnya

Artikel ini menjelaskan metode pembayaran lainnya yang dapat Anda gunakan di iSeller.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

iSeller menyediakan pembayaran lainnya berupa voucher, cek, nota kredit, dan lain-lain yang dapat Anda gunakan sebagai metode pembayaran di POS.

Anda dapat menambahkan metode pembayaran lainnya pada sub menu Payments pada dashboard web admin di iSeller. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 : Pada panel Pembayaran Non-Integrasi (Non-Integrated Payments) > Pilih Custom Payment Methods > Pilih Add Method.

Langkah 2 : Isilah deksripsi metode pembayaran lainnya yang akan Anda tambahkan.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing deskripsi :

  • Name : Nama metode pembayaran lainnya

  • Description : Deskripsi metode pembayaran lainnya

  • Require Input : Fitur tambahan yang dapat Anda pilih. Terdapat 3 kondisi berbeda jika Anda mengaktifkan dan menonaktifkan tombol-tombol yang terdapat pada Require Input, berikut penjelasannya :

    • Jika Anda menonaktifkan Require Input, maka implementasi nya pada POS adalah Anda tidak dapat mencatat nominal transaksi melebihi jumlah perlu dibayarkan.

      Contoh : Jika pelanggan Anda memiliki jumlah transaksi yang perlu dibayarkan sebesar Rp 23.100 maka Anda perlu mencatat nya di POS sebesar Rp 23.100 dan tidak dapat berlebih.

    • Jika Anda mengaktifkan Require Input, maka implementasinya di POS adalah Anda dapat mencatat nominal transaksi melebihi jumlah yang perlu dibayarkan. Akan tetapi, pencatatan di Laporan Pembayaran, tetap akan mengikuti jumlah transaksi yang sebenarnya.

      Contoh : Jika pelanggan Anda memiliki jumlah transaksi yang perlu dibayarkan sebesar Rp 25.200, maka Anda dapat mencatatnya di POS sebesar Rp 50.000 jika Anda ingin menulis jumlah berlebih.

      Berikut adalah tampilan di Laporan Pembayaran yang menunjukkan jika pembayaran tersebut akan tetap tercatat sebesar Rp 25.200 mengikuti jumlah transaksi sebenarnya.

    • Jika Anda mengaktifkan Provide a List of Payment Code for Validation, maka implementasinya di POS adalah Anda tidak dapat mengubah nominal transaksi seperti pada kondisi 1 dan 2. Nominal transaksi yang akan dibayarkan akan otomatis tercatat pada kolom jumlah transaksi.

      Contoh : Berikut adalah tampilan jumlah transaksi yang perlu dibayarkan sebesar Rp 23.100 Jumlah tersebut tidak dapat diubah-ubah, dilebihkan, atau dikurangi.

      Sementara itu, tampilan di Laporan Pembayaran akan mencatat jumlah transaksi yang sebenarnya sebesar Rp 23.100.

Langkah 3 : Jika Anda sudah mengisi nama, deskripsi, dan kondisi yang Anda inginkan untuk metode pembayaran lainnya. Pilih Save untuk menyimpan. Metode pembayaran lainnya sudah terdaftar di iSeller.

Langkah 4 : Ketika Anda sudah menambahkan metode pembayaran lainnya dan mengaktifkan fitur buat daftar kode yang berlaku maka akan muncul tombol Payment Code untuk menambahkan pembayaran dengan kode voucher seperti gambar berikut.

Akan muncul halaman baru seperti gambar berikut dan beberapa informasi yang ada pada halaman Payment Code.

  • Payment Code : Kode bayar yang akan dimasukkan pada saat transaksi pemesanan untuk pembayaran.

  • Amount : Keterangan biaya potongan yang didapatkan dari kode bayar tersebut.

  • Expired Date : Keterangan tanggal kapan kode bayar tersebut berakhir.

  • Issue Date : Keterangan kapan kode bayar tersebut dibuat.

  • Status: Status dari kode bayar yang sudah Anda tambahkan apakah masih tersedia, sudah terpakai, atau sudah kadaluarsa.

Langkah 5 : Setelah metode pembayaran lainnya sudah Anda tambahkan. Anda perlu mengaktifkan pengaturan pembayaran Custom Payment di POS. Silahkan pergi ke Menu Settings > Payments.

Aktifkan pilihan Custom Payment yang tersedia.

Penjelasan terkait metode pembayaran lainnya untuk POS sudah selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?