Semua Koleksi
Add-On
Integrasi Accounting – Jurnal
Proses Bisnis Antara iSeller dengan Jurnal V2
Proses Bisnis Antara iSeller dengan Jurnal V2

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari berbagai proses bisnis antara iSeller dengan Jurnal V2.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Ketika Anda sudah melakukan proses integrasi antara iSeller dengan Jurnal V2, Anda dapat melakukan berbagai proses bisnis yang dapat dilakukan baik melalui iSeller ataupun Jurnal V2.

Sebelum memulai proses bisnis, Anda perlu mengaktifkan tombol Live Mode pada panel Integration Setting menjadi berwarna biru seperti gambar di bawah ini.

Tombol ini berfungsi untuk merekam seluruh aktivitas transfer dan penjualan antara iSeller dengan Jurnal. Ketika sudah diaktifkan, Anda tidak dapat menonaktifkannya, sehingga Anda perlu memastikan stok persediaan dan produk sudah dipetakan dengan baik.

Berikut adalah beberapa proses bisnis yang dapat dilakukan di bawah ini :

  1. Transfer Barang Antar Outlet (Transfer Out) : Ketika Anda ingin melakukan transfer barang dari outlet ke outlet atau gudang (Transfer Out), Anda perlu melakukan proses transfer tersebut melalui iSeller yang kemudian disinkronisasikan dengan Jurnal V2.

  2. Penjualan : Ketika terdapat pesanan yang dilakukan oleh pelanggan, maka proses pesanan tersebut dilakukan melalui iSeller. Kemudian, sinkronisasi dengan Jurnal V2 dapat dilakukan secara otomatis dengan pilihan mode sinkronisasi yang tersedia.

  3. Laporan Payout : Anda dapat mengakses setoran yang masuk ke iSeller di Jurnal V2.

  4. Laporan Keuangan : Anda dapat mengakses berbagai laporan keuangan secara akuntansi dari hasil berbagai proses bisnis yang terjadi melalui Jurnal V2.

Transfer Barang Antar Outlet

Langkah 1 : Lakukan transfer out antar outlet ke outlet di iSeller dengan mengikuti langkah di artikel Transfer Out Antar Outlet.

Gambar diatas menunjukkan jika outlet di Main Outlet akan melakukan transfer barang ke Cabang Kelapa Gading sebanyak 5 buah.

Langkah 2 : Setelah transfer barang tersebut berhasil tercatat di Accounting Sync iSeller dan status sinkronisasinya Success, maka stok pemindahan barang tersebut akan tercatat pada saldo iSeller in Transit di Jurnal seperti gambar berikut.

Sedangkan, jika proses transfer barang antar outlet tersebut berhasil diterima dan status sinkronisasinya Success.

Maka di Jurnal, saldo iSeller in Transit nya akan hilang atau berkurang, sementara Cabang Kelapa Gading stok persediaannya akan bertambah, dan Main Outlet stok persediaannya akan berkurang.

Penjualan

Sinkronisai penjualan bertujuan untuk menghubungkan pesanan atau transaksi penjualan yang ada di iSeller dengan Jurnal. Ketika terdapat pesanan yang dilakukan oleh pelanggan, maka proses penjualan tersebut dilakukan melalui iSeller.

Sinkronisasi data transaksi penjualan tersebut akan tercatat di Jurnal sesuai dengan mode Sync yang Anda gunakan sebelumnya. Silahkan baca kembali artikel Sinkronisasi dan Pengecekan Data Dari iSeller ke Jurnal V2.

Ketika sudah ternsinkronisasi dengan Jurnal. Silahkan pergi ke database Jurnal, pilih menu Penjualan.

Jika pelanggan sudah melakukan pembayaran pesanannya, maka statusnya adalah Paid. Namun, jika pelanggan belum melakukan pembayaran, maka statusnya Open di Jurnal.

Untuk melihat detail rincian penjualan, Anda dapat pilih salah satu faktur penjualan dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Gambar diatas adalah faktur penjualan yang sudah lunas dibayarkan.

Gambar diatas adalah faktur penjualan yang beum lunas dibayarkan.

Apabila pelanggan terdaftar tersebut sudah melakukan pembayaran di kemudian hari maka status di faktur penjualan akan berubah menjadi Paid.

Laporan Payout

Ketika terjadi penyelesaian setoran dari iSeller, maka setoran tersebut juga akan tercatat di Jurnal.

Untuk melihat pencatatan setoran tersebut, Anda bisa melihatnya pada menu Cash & Bank di Jurnal.

Laporan Keuangan

Proses bisnis yang Anda lakukan di iSeller juga akan tercatat di laporan keuangan Jurnal. Berikut adalah salah satu contoh laporan keuangan pada perusahaan Sepokat yang dapat Anda akses.

Gambar diatas merupakan Laporan Laba Rugi perusahaan Sepokat di bulan November.

Proses Bisnis antara iSeller dengan Jurnal V2 sudah selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?