Pengenalan Integrasi Jurnal V2

Pada artikel ini, Anda dapat mempelajari pengenalan Jurnal V2 untuk integrasi data transaksi dan stok inventaris secara akuntansi.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

iSeller menyediakan add-on Jurnal V2 sebagai bentuk upgrade dari add-on Jurnal V1. Jurnal V2 ini memberikan efisiensi pencatatan yang lebih baik dibandingkan Jurnal V1 yaitu setiap pencatatan pesanan akan masuk ke dalam bentuk Sales Invoice sehingga penyesuaikan nama-nama akun (Chart of Accounts) dan stok persediaan akan terpotong secara otomatis apabila produk sudah terjual.

Hal ini berguna untuk memudahkan transaksi keuangan toko Anda secara lebih praktis dan akurat. Selain itu, Anda dapat melakukan integrasi dengan add-on Jurnal V2 untuk berbagai transaksi yang terjadi di iSeller agar dapat dikelola secara akuntansi.

Dengan mengaktifkan add-on Jurnal V2, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat dan fitur-fitur integrasi yang ada pada add-on ini.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari integrasi antara iSeller dengan Jurnal V2 :

  • Tinjau Keuntungan Penjualan Secara Langsung : Laporan harga pokok penjualan yang diposting langsung ke Jurnal dapat ditinjau langsung ketika produk terjual.

  • Rekonsiliasi Bank Menjadi Mudah: Jurnal menggunakan total penjualan harian dari iSeller untuk melacak pembayaran yang masuk ke dalam rekening Anda.

  • Sinkronisasi Penjualan Harian Secara Otomatis : Penjualan harian, utang dan piutang, total pembayaran, pemesanan inventori, pengembalian dana dan informasi pelanggan dapat tersinkronisasi secara otomatis ke Jurnal.

  • Kelola Uang Tunai dengan Aman: Anda dapat melihat dengan mudah ketidaksesuaian antara uang deposit di Bank dan total uang harian yang terkirim ke Jurnal mulai dari pembayaran tunai, pengambilan kas kecil, dan pergerakan kurs.

Beberapa fitur-fitur utama dari integrasi antara iSeller dengan Jurnal V2 :

  • Impor Produk Secara Otomatis : Anda dapat melakukan impor produk dengan nomor SKU yang belum terdaftar di Jurnal. Stok produk juga akan tersinkronisasi secara otomatis.

  • Sinkronisasi Produk: Anda dapat membandingkan stok produk yang terdaftar di iSeller dengan yang terdaftar di Jurnal dengan melakukan sinkronisasi produk.

  • Sinkronisasi Pesanan: Anda dapat melakukan sinkronisasi pesanan yang terjadi di iSeller ke Jurnal dengan menggunakan berbagai pilihan sinkronisasi pesanan.

  • Transfer In dan Transfer Out: Jurnal akan melakukan penyesuaian stok pada setiap perubahan inventori yang terjadi. Perubahan stok inventori dari transfer barang outlet ke outlet (transfer out) terjadi secara otomatis, sedangkan transfer barang dari supplier (transfer in) perlu dilakukan secara manual.

Untuk dapat memulai integrasi dengan Jurnal V2 , Anda perlu menginstall add-on Jurnal V2 terlebih dahulu dengan pilih Apps > Browse > Install Add-On Jurnal V2 seperti gambar berikut.

Overview

Setelah Anda menginstall add-on Jurnal V2 di iSeller, berikut adalah beberapa hal yang dapat dan perlu Anda lakukan untuk memulai integrasi dengan Jurnal V2.

Hubungkan iSeller dengan Jurnal V2

Setelah memiliki add-on Jurnal V2, Anda perlu melakukan proses aktivasi iSeller dengan Jurnal V2, mendaftar akun di Jurnal V2, dan membuat database online di Jurnal V2 yang nantinya dihubungkan dengan iSeller. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat artikel Hubungkan iSeller dengan Jurnal V2.

Pemetaan Outlet di iSeller ke Jurnal V2

Setelah proses aktivasi berhasil, selanjutnya Anda perlu melakukan pemetaan outlet-outlet yang Anda miliki di iSeller untuk diintegrasikan dengan Jurnal V2. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat artikel Pemetaan Outlet di iSeller ke Jurnal V2.

Pemetaan Produk antara iSeller dengan Jurnal V2

Ketika integrasi outlet sudah selesai diatur, maka selanjutnya Anda perlu melakukan impor produk antara iSeller dengan Jurnal V2.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat artikel Pemetaan Produk antara iSeller dengan Jurnal V2.

Sinkronisasi dan Pengecekan Data Dari iSeller ke Jurnal V2

Anda perlu melakukan sinkronisasi data transaksi penjualan, pelanggan, dan inventaris dengan pilihan manual atau jam tertentu pada panel sinkronisasi.

Selain itu, Semua aktivitas yang Anda lakukan di iSeller dengan Jurnal V2 akan tercatat secara detail dan menyeluruh. Informasi yang dapat Anda lihat adalah sinkronisasi pesanan, sinkronisasi transfer antar outlet, penyesuaian stok, dan transaksi lainnya yang berhasil dan gagal tersinkronisasi.

Untuk lebih lengkapnya terkait sinkronisasi dan pengecekan data aktivitas integrasi antara iSeller dengan Jurnal V2, Anda dapat melihat artikel Sinkronisasi dan Pengecekan Data dari iSeller ke Jurnal V2.

Proses Bisnis antara iSeller dengan Jurnal V2

Proses bisnis yang dapat dilakukan dari iSeller ke Jurnal V2 antara lain : transaksi penjualan, transfer barang dari outlet ke outlet, stock opname, dan lainnya. Semua proses bisnis tersebut juga akan tercatat laporannya secara akuntansi di Jurnal V2. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat artikel Proses Bisnis Antara iSeller dengan Jurnal V2.

Pengenalan, manfaat, fitur, dan overview terkait Jurnal V2 sudah selesai. Silahkan ikuti overview diatas untuk dapat memulai intergrasi dengan Jurnal V2.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?