Semua Koleksi
Pengaturan Pembayaran
Toko Online
Pengaturan Pembayaran dengan SiCepat COD (Online)
Pengaturan Pembayaran dengan SiCepat COD (Online)

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara mengaktifkan metode pembayaran SiCepat COD pada toko online Anda.

Bazlin Fadilah avatar
Ditulis oleh Bazlin Fadilah
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Bagi Anda yang senang menggunakan pengiriman produk dengan pembayaran di tempat (COD), iSeller memiliki metode pembayaran SiCepat COD untuk pelanggan yang ingin membeli produk di toko online Anda dan ingin melakukan pembayaran pada saat barang sudah sampai ke pelanggan.

Aktifkan SiCepat COD

Anda dapat mengaktifkan metode pembayaran SiCepat COD ini di dua tempat yaitu halaman Pengaturan Pembayaran dan halaman Pengaturan Pengiriman. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan nya.

Pengaturan Pembayaran

Pilih menu Settings (Pengaturan) > Payments (Pembayaran) > Pada panel Integrated Payments (Pembayaran Terintegrasi), aktifkan metode pembayaran SiCepat COD.

Pilih Save untuk menyimpan perubahan.

Pengaturan Pengiriman

Pilih menu Settings (Pengaturan) > Shipping (Pengiriman) > Aktifkan pengiriman SiCepat > Pilih logo pensil untuk Edit (Ubah).

Kemudian, aktifkan metode pembayaran SiCepat COD seperti gambar berikut > Pilih Save (Simpan).

Anda hanya cukup memilih salah satu cara untuk mengaktifkan metode pembayaran SiCepat COD pada toko online Anda. Jika salah satu cara sudah Anda pilih, maka metode pembayaran SiCepat COD sudah aktif pada toko online Anda.

Melakukan Pesanan dengan SiCepat COD

Setelah Anda mengaktifkan metode pembayaran SiCepat COD, secara otomatis SiCepat COD akan muncul di pilihan metode pembayaran ketika pelanggan ingin melakukan checkout pesanan. Berikut adalah tampilan ketika pelanggan sedang melakukan checkout pesanan menggunakan SiCepat COD.

Langkah 1 : Untuk dapat menggunakan metode pembayaran SiCepat COD, metode pengiriman yang harus digunakan pelanggan adalah SiCepat - SiUntung atau SiCepat - Kargo.

Langkah 2 : Jika pelanggan ingin menggunakan SiCepat COD, pelanggan harus memilih metode pembayaran lainnya untuk membayar ongkos kirim terlebih dahulu.

Silahkan pililih SiCepat COD untuk pembayaran harga produk, lalu pilih metode pembayaran lainnya yang Anda inginkan untuk biaya pengiriman produk. Setelah selesai, pilih Confirm (Konfirmasi)

Gambar diatas menjelaskan bahwa total yang perlu pelanggan bayar adalah Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) untuk membayar biaya pengiriman, sementara Rp 12.000 (dua belas ribu rupiah) adalah harga produk yang akan dibayarkan di tempat.

Langkah 3 : Ketika pelanggan sudah berhasil melakukan pembayaran biaya pengiriman produk, maka status pembayaran yang akan tercatat di akun iSeller Anda adalah Partially Paid COD (Sebagian Lunas) karena yang dibayarkan baru biaya pengiriman nya saja. Sementara status pengirimannya Not Fulfilled (Tidak Terpenuhi) karena belum di proses.

Pengaturan pesanan dengan SiCepat COD sudah selesai. Kemudian, Anda perlu melakukan pemenuhan pesanan tersebut untuk dapat diproses.

Pemenuhan Pesanan dengan SiCepat COD

Ketika pelanggan sudah berhasil melakukan proses checkout menggunakan SiCepat COD, maka Anda dapat menindaklanjuti pengiriman pesanan tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah 1 : Untuk menindaklanjuti pesanan, silahkan pilih pesanan yang akan diproses pada menu Orders (Pesanan).

Kemudian pada halaman Order Details (Rincian Pesanan), pilih Fulfill Items (Penuhi Barang) untuk memenuhi pesanan sehingga pengiriman pesanan dapat diproses.

Langkah 2 : Setelah melakukan Fulfill Items (Penuhi Barang), pada panel Fulfillments (Pemenuhan) Anda dapat mencetak label pengiriman pesanan tersebut dengan pilih More (Lebih) > Print Shipping Label (Cetak Label Pengiriman).

Gambar di bawah menunjukkan bahwa pembayaran dilakukan dengan COD atau Bayar di tempat sebesar Rp 12.000 (dua belas ribu rupiah).

Ketika kembali ke menu Orders, status pemenuhan pesanan tersebut akan berubah dari Not Fulfilled (Tidak Terpenuhi) menjadi Fulfilled (Telah Terpenuhi).

Status Pembayaran akan berubah menjadi Paid COD (Lunas) apabila produk sudah sampai ke dan pelanggan Anda sudah melakukan pembayaran yang diberikan ke pihak kurir SiCepat.

Pengaturan pembayaran dengan SiCepat COD sudah selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?