Semua Koleksi
Listing
Integrasi Marketplaces
Kelola Listing Lazada (Tampilan, Tambah, Ubah, Publikasi)
Kelola Listing Lazada (Tampilan, Tambah, Ubah, Publikasi)

Pelajari pengaturan listing Lazada untuk mengatur kategori, varian, dan pengiriman pada toko Anda.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Pada artikel Pengenalan Listing, sudah dijelaskan secara garis besar mengenai konsep listing dan cara untuk menambah dan mengubah listing.

Di artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk menambahkan listing pada Lazada. Silahkan pilih Lazada di kategori Marketplaces seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengubah produk listing Lazada, masuk ke dalam halaman Listings lalu silahkan klik salah satu produk listing yang sudah ada untuk masuk ke halaman pengaturan produk listing.

Untuk menambah produk listing baru, klik tombol Tambah Produk pada bagian kanan atas maka Anda akan langsung dibawa ke halaman pengaturan produk listing.

Ada masing-masing status pada tampilan listing:

  • Gambar Rantai: Gambar tersebut menandakan listing yang Anda buat sudah terhubung dengan produk.

  • Gambar Toko: Gambar tersebut menandakan bahwa listing Anda sudah terpublikasi.

  • Gambar Segitiga: Gambar tersebut menandakan bahwa ada informasi yang tidak lengkap pada listing Anda, atau kesalahan pada listing Anda.

  • Gambar Pensil: Gambar tersebut menandakan bahwa listing Anda telah di modifikasi tetapi belum di publikasikan ke marketplace platform.

Pengaturan Listing

Informasi Umum

Pada panel ini Anda dapat mengisi informasi-informasi umum dari produk listing di toko Anda.

  • Judul Listing: Nama produk listing yang ingin Anda buat.

  • Jumlah: Stok produk listing yang ingin Anda tampilkan

  • Kode Barang (SKU): Nomor SKU dari satu produk listing yang ingin Anda buat.

  • Tautan Produk Listing: Informasi mengenai produk listing yang sudah terhubung atau yang belum terhubung pada produk yang sudah ada sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mengenai menautkan listing ke produk, Anda dapat membacanya di artikel Menautkan Listing ke Produk.

  • Deskripsi: Infromasi untuk mendeskripsikan produk listing Anda. Apabila kolom ini dikosongkan, maka akan menggunakan informasi dari produk yang sudah terhubung.

  • Harga: Harga dari produk listing Anda. Apabila kolom ini dikosongkan, maka akan menggunakan harga dari produk yang sudah terhubung. Pengaturan Price Book akan teraplikasikan secara otomatis pada kolom ini.

  • Gambar: Silahkan pilih file atau tarik file gambar untuk produk listing Anda.

Kategori

Pada panel ini Anda dapat memilih kategori produk yang cocok untuk produk yang ingin Anda buat.

Silahkan klik logo pensil, untuk mulai memilih kategori untuk produk Anda. Kemudian, akan muncul halaman pop up untuk Anda memilih kategori seperi gambar berikut.

Setelah menentukan Kategori, Anda bisa menentukan atribut dari produk listing Anda. Kolom atribut tergantung dari kategori yang Anda pilih.

Varian

Di panel ini Anda dapat menentukan apabila produk listing yang ingin Anda buat memiliki varian. Silahkan klik Produk ini memiliki varian untuk menentukan varian pada produk listing Anda.

Opsi dan Nilai dari Varian akan bergantung dari Kategori yang telah Anda tentukan sebelum nya.

  • Opsi: Pilihan varian dari produk tersebut, contohnya ukuran, warna, rasa, dll. Pilihan bisa dikatakan pengelompokkan nilai-nilai varian.

  • Nilai: Nilai yang dimiliki dari opsi varian tersebut. Jika opsi varian adalah Warna, maka nilai dari varian adalah Merah, Hijau, Putih, dll. Jika opsi varian adalah ukuran, maka nilai dari varian adalah S, M, L, XL, XXL, dll.

Pengiriman

Pada panel ini Anda dapat menentukan informasi pengiriman untuk listing yang ingin Anda buat.

Silahkan tentukan pengaturan berat produk, lalu tulis berat produk Anda pada kolom Berat. Selanjutnya, pilih Satuan Berat pada kolom Unit. Kemudian, tentukan ukuran paket dari listing Anda dengan mengisi panjang, lebar, dan tinggi pada kolom yang sudah ditentukan.

Setelah Anda sudah mempelajari dan melakukan pengaturan Listing Lazada, silahkan klik Simpan apabila Anda masih ingin mengubah pengaturan pada listing atau silahkan klik Simpan dan Publikasi apabila pengaturan untuk listing Anda ingin langsung di kirim ke sistem Lazada.

Jika Anda klik Simpan dan Publikasi, maka status listing Anda akan berubah dari Draft menjadi Published seperti gambar berikut. Hal ini berarti listing Anda sudah tampil di sistem Lazada.

Setelah Anda memahami cara mengelola listing Lazada seperti menambah, mengubah, dan mempublikasi, Anda dapat memulai berjualan di Lazada yang dapat Anda pelajari pada artikel Langkah 1: Memulai Berjualan dengan Lazada.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?