Semua Koleksi
Pemasaran
Pengaturan Voucher
Mengelompokkan dan Membuat Kode Voucher
Mengelompokkan dan Membuat Kode Voucher

Pelajari cara membuat kode voucher dan mengelompokkannya dengan add-on Voucher.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Sebelumnya, Anda sudah mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan add-on Voucher serta Pengenalan Voucher itu sendiri. Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat dan mengelompokkan kode-kode voucher Anda. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mempelajari bagaimana caranya.

Membuat dan Mengelompokkan Voucher

Langkah 1: Klik menu Marketing > Voucher.

Langkah 2: Klik Tambah Pembayaran Voucher di pojok kanan atas untuk membuat voucher.

Langkah 3: Unggah Logo Voucher, lalu masukkan Nama dan Keterangan. Nyalakan tombol Customer Wajib Ada apabila Anda ingin voucher ini hanya berlaku bagi pelanggan Anda dan nonaktifkan tombol jika Anda ingin voucher ini digunakan semua orang. Setelah selesai mengisi data-data yang dibutuhkan, klik Simpan.

Langkah 4: Setelah selesai membuat voucher, selanjutnya Anda dapat membuat grup voucher dengan klik Tambah Grup Voucher seperti gambar berikut. Pada halaman ini Anda juga bisa mengubah grup voucher yang sudah Anda tambahkan sebelumnya dengan klik logo pensil atau menghapusnya dengan klik logo sampah pada kolom Actions.

Pada halaman ini, Anda bisa melihat informasi-informasi grup voucher seperti:

  • Name: Nama grup voucher yang telah Anda buat

  • Valid: Masa berlaku voucher yang ada pada grup tersebut

  • Outlets: Di outlet mana saja voucher berlaku

  • Days & Time: Kapan saja voucher berlaku

Langkah 5: Selanjutnya, silahkan isi data-data voucher Anda di bagian yang ditandai pada gambar berikut.

  • Nama: Berikan nama untuk grup voucher Anda.

  • Harga Pembelian: Harga modal untuk seluruh voucher Anda.

  • Harga Bersih: Harga jual untuk seluruh voucher Anda.

Langkah 6: Tentukan nilai voucher pada kolom Kondisi. Anda bisa mengatur tipe voucher dengan memilih salah satu di antara dua pilihan, yakni Dengan jumlah dan Produk Gratis.

Apabila Anda memilih tipe Dengan jumlah, Anda bisa memasukkan besar nominal yang dimiliki masing-masing voucher.

Bila Anda memilih Produk Gratis, Anda bisa memilih tipe produk apa yang Anda ingin berikan secara gratis kepada pelanggan yang menggunakan voucher ini. Ada 3 tipe produk yang bisa Anda pilih, yaitu Koleksi, Produk, dan Varian Produk.

Langkah 7: Atur apakah voucher bisa digunakan bersama promosi atau justru menggantikannya lewat tombol Voucher menggantikan promosi. Nonaktifkan agar pelanggan bisa menikmati promosi yang Anda adakan sekaligus voucher yang mereka miliki. Aktifkan apabila Anda ingin pelanggan Anda hanya bisa menggunakan voucher saja.

Langkah 8: Atur Status dan Tampilkan. Pada kolom Tampilkan, Anda bisa mengatur di channel mana saja voucher ini berlaku.

Langkah 9: Tentukan tanggal kedaluwarsa dan kapan voucher akan berlaku. Pada panel ini, Anda akan mengatur informasi kapan voucher tersebut bisa digunakan, mulai dari masa berlaku voucher.

Jika mengaktifkan pilihan Tidak ada Kadaluarsa, maka voucher yang Anda buat akan berlaku selamanya sampai voucher tersebut dihapus atau memiliki status Tidak Aktif.

Jika pilihan Tidak ada Kadaluarsa dimatikan, maka Anda dapat menentukan masa berlaku kapan voucher tersebut akan berakhir.

Anda juga dapat menentukan voucher yang berlaku secara berkala pada hari tertentu dengan memilih hari yang diinginkan pada bagian Berlaku pada.

Anda bisa menentukan kapan voucher tersebut berlaku. Pilih Tambah Waktu Berlaku dan Anda akan menemukan pengaturan waktu kapan voucher tersebut berlaku dalam hari yang dipilih.

Langkah 10: Apabila Anda sudah selesai dengan pengaturan voucher yang telah Anda atur, silahkan klik Simpan.

Langkah 11: Setelah Anda klik Simpan, maka akan muncul panel baru seperti gambar berikut untuk Anda memasukkan kode voucher Anda pada kolom Kode Bayar, lalu klik Tambah.

Selain menambahkan kode bayar satu per satu, Anda juga bisa mengimpor daftar kode bayar yang sudah Anda miliki dalam bentuk CSV Files dengan klik tombol Impor. File yang Anda impor harus memenuhi format yang didukung oleh iSeller. Anda bisa mendownload contoh template CSV untuk panduan impor kode.

Kode yang sudah Anda input akan memiliki kolom Status. Status dari kode bayar yang sudah Anda tambahkan terdiri dari:

  • Tersedia: Voucher masih bisa dipakai sampai batas kadaluarsa.

  • Sudah terpakai: Voucher sudah terpakai dan tidak bisa digunakan lagi. Voucher yg sudah terpakai akan memiliki keterangan tanggal penggunaan beserta nomor order ketika voucher digunakan.

Selamat! Anda sudah selesai membuat grup voucher beserta menambahkan kode voucher nya! Silahkan baca artikel Melakukan Pembayaran dengan Voucher (Online) untuk menggunakan voucher sebagai metode pembayaran di toko online Anda dan Melakukan Pembayaran dengan Voucher (SSK) untuk menggunakan voucher pada Self-Service Kiosk Anda.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?