Langkah 2: Pengaturan Listing

Pelajari konsep Listing dan cara membuat dan mempublikasikan Listing untuk pertama kalinya.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Tahap kedua untuk mulai berjualan di GrabFood adalah pengaturan Listing. Module Listing merepresentasikan menu / items yang ingin Anda daftarkan di GrabFood. Berbeda dengan Produk, Listing berisi informasi spesifik yang akan dipublikasikan ke setiap marketplace, dan bisa berbeda dengan deskripsi produk di POS maupun online store. Listing juga dapat diasosiasikan ke setiap produk untuk manajemen inventory tersentralisasi seperti sinkronisasi inventory otomatis di seluruh channel penjualan Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai konsep Listing, silahkan baca artikel Pengenalan Listing.

Di artikel kali akan dijelaskan bagaimana Anda membuat dan mempublikasikan listing ke sistem GrabFood.

Langkah 1: Silahkan pilih GrabFood di Food Delivery seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2: Lalu klik Tambah Produk untuk menambahkan listing baru.

Langkah 3: Silahkan isi Informasi Umum untuk listing yang ingin Anda tambahkan. Informasi mandatory yang harus Anda isi pada bagian ini adalah Judul Listing dan Kode Barang (SKU).

TIPS: Ketika Anda memasukkan SKU di Listing yang sudah terdaftar di Produk, maka Listing akan otomatis terhubung ke Produk tersebut. Listing yang terhubung ke Product memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah pemotongan stock otomatis. Secara best practice untuk memanfaatkan sistem iSeller secara maksimal, kami sarankan semua listing ditautkan ke produk.

Lebih lanjut, listing dengan SKU terhubung tersebut akan menggunakan informasi-informasi general dari produk seperti Deskripsi, Gambar, dan Harga. Listing ini memiliki fleksibilitas dimana informasi tertentu bisa dibuat berbeda dari informasi produk yang sudah ada. Sebagai contoh, Harga untuk listing GrabFood bisa dibuat berbeda dengan harga produk di toko outlet.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai menautkan listing ke produk, silahkan baca artikel Menautkan Listing ke Produk.

Langkah 4: Kemudian apabila Anda sudah selesai mengatur listing Anda, silahkan klik Simpan apabila Anda masih ingin mengubah pengaturan pada listing Anda atau silahkan klik Simpan dan Publikasi apabila pengaturan untuk listing Anda ingin langsung di kirim ke sistem GrabFood.

Jika Anda klik Simpan dan Publikasi, maka status listing Anda akan berubah dari Draft menjadi Publishing.

Langkah 5: Selanjutnya silahkan ke menu Koleksi untuk menambahkan koleksi baru yang akan dipublikasi ke sistem GrabFood. Lalu, aktifkan GrabFood pada kolom Food Delivery di menu Koleksi dan akan muncul section baru untuk Anda menambahkan listing yang sudah Anda buat tadi seperti gambar berikut dan kemudian Simpan.

Koleksi yang sudah Anda tambahkan listing ini selanjutnya dapat diatur pada preset ketersediaan yang ada pada Mulai Berjualan di GrabFood Langkah 3.

TIPS: Judul Koleksi yang sudah Anda tentukan akan muncul pada aplikasi GrabFood. Pastikan penulisan Judul Koleksi sudah menggunakan huruf propercase, jadi tidak boleh huruf besar semua ataupun huruf kecil semua.

Langkah 6: Status listing yang tadi sudah Anda buat akan berubah menjadi Published seperti gambar berikut yang artinya listing Anda sudah tampil di sistem GrabFood.

Di artikel ini Anda sudah mempelajari konsep Listing dan telah berhasil membuat listing dan koleksi baru dan mempublikasikannya ke sistem GrabFood. Untuk langkah selanjutnya, Anda akan mempelajari cara mengatur preset ketersediaan pada artikel Mulai Berjualan di GrabFood Langkah 3.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?