Semua Koleksi
Listing
Integrasi Food Delivery
Kelola Listing GrabFood (Tampilan, Tambah, Ubah, Publikasi)
Kelola Listing GrabFood (Tampilan, Tambah, Ubah, Publikasi)

Pelajari pengaturan listing untuk GrabFood untuk mengatur preset ketersediaan stok dan grup modifier pada restoran Anda.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Pada artikel sebelumnya di Pengenalan Listing sudah dijelaskan secara garis besar mengenai konsep listing dan cara untuk menambah dan mengubah listing.

Di artikel kali ini akan dijelaskan untuk menambahkan listing pada GrabFood dimana pada listing ini Anda dapat juga mengatur preset ketersediaan pada masing-masing listing dan mengatur grup modifier pada listing yang sudah Anda buat apabila ada.

Silahkan pilih GrabFood di kategori Food Delivery seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengubah produk listing GrabFood, silahkan masuk ke dalam halaman Listings lalu silahkan klik salah satu produk listing yang sudah ada untuk masuk ke halaman pengaturan produk listing.

Untuk menambah produk listing GrabFood baru, klik tombol Tambah Produk pada bagian kanan atas maka Anda akan langsung dibawa ke halaman pengaturan produk listing.

Ada masing-masing status pada tampilan listing yang sudah Anda buat yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini.

  • Gambar 1: Gambar tersebut menandakan listing yang Anda buat sudah terhubung dengan produk.

  • Gambar 2: Gambar tersebut menandakan bahwa listing Anda sudah terpublikasi.

  • Gambar 3: Gambar tersebut menandakan bahwa ada informasi yang tidak lengkap pada listing Anda, atau kesalahan pada listing Anda.

  • Gambar 4: Gambar tersebut menandakan bahwa listing Anda telah di modifikasi tetapi belum di publikasikan ke marketplace platform.

Pengaturan Listing

Informasi Umum

Pada panel ini Anda dapat mengisi informasi-informasi umum dari produk listing di restoran Anda.

  • Judul Listing: Nama produk yang akan muncul di aplikasi GrabFood Anda.

  • Kode Barang (SKU): Nomor SKU dari satu produk listing yang ingin Anda buat.

  • Tautan Produk Listing: Informasi mengenai produk listing yang sudah terhubung atau yang belum terhubung pada produk yang sudah ada sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mengenai menautkan listing ke produk Anda dapat membacanya di artikel Menautkan Listing ke Produk.

  • Deskripsi: Infromasi untuk mendeskripsikan produk listing Anda. Apabila kolom ini dikosongkan, maka akan menggunakan informasi dari produk yang sudah terhubung.

  • Harga: Harga dari produk listing Anda. Apabila kolom ini dikosongkan, maka akan menggunakan harga dari produk yang sudah terhubung. Pengaturan Price Book akan teraplikasikan secara otomatis pada kolom ini.

  • Gambar: Silahkan pilih file atau tarik file gambar untuk produk listing Anda.

  • Show Price Per Outlet: Pada kolom ini, Anda dapat melihat harga produk listing pada masing-masing outlet restoran Anda.

TIPS: Pastikan Judul Listing dan Dekripsi menggunakan huruf yang propercase, jadi tidak boleh huruf besar semua ataupun huruf kecil semua.

Listing

Pada section ini, Anda dapat melihat beberapa informasi mengenai listing yang sudah Anda buat.

  • Platform: Informasi platform Food Delivery atau Marketplaces untuk listing tersebut.

  • Status: Status dari listing tersebut, apakah Draft yang artinya listing belum di publikasi sama sekali, Publishing yang artinya sedang dalam proses publikasi, dan Published yang artinya listing tersebut sudah berhasil di publikasi.

  • Terakhir Modifikasi: Informasi mengenai kapan listing tersebut terakhir di modifikasi.

  • Publikasi Terakhir: Informasi mengenai kapan listing tersebut di publikasi.

Ketersediaan Stok

Saat sinkronisasi inventaris diaktifkan, ketersediaan stok di GrabFood akan secara otomatis ditentukan menggunakan inventaris dari produk yang terhubung. Yang berarti semua informasi inventaris Anda di semua channel penjualan akan selalu diperbaharui.

Namun, dalam kasus tertentu, Anda mungkin ingin melakukan pengaturan khusus terhadap informasi ketersediaan stok terhadap listing tertentu di GrabFood. Anda dapat mengubah informasinya di bawah ini.

  • Pilih Outlet: Pada kolom ini, silahkan pilih outlet untuk pengaturan khusus terhadap informasi ketersediaan stok terhadap listing tertentu.

  • Pilih Ketersediaan: Pada kolom ini, silahkan pilih ketersediaan Available atau Out of Stock untuk pengaturan khusus terhadap informasi ketersediaan stok di outlet terhadap listing tertentu.

Grup Modifier

Pada section ini, Anda dapat menentukan produk modifier untuk produk listing yang ingin Anda buat apabila ada.

Apabila Anda sudah selesai mengubah atau menambahkan produk listing GrabFood, silahkan Simpan atau Simpan dan Publikasi pada pojok kanan atas.

Perbedaan dari Simpan atau Simpan dan Publikasi adalah, apabila Simpan maka listing yang sudah Anda tambahkan atau ubah hanya tersimpan saja tanpa dikirim ke sistem GrabFood, tetapi apabila Simpan dan Publikasi maka listing yang sudah Anda tambahkan atau ubah sudah tersimpan dan akan dikirim ke sistem GrabFood.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?