Sebelum Anda membuat pesanan dengan pembayaran sebagian, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur hutang. Silahkan ke web-admin untuk mengaktifkan fitur hutang, kemudian klik menu Pengaturan kemudian sub-menu Pembayaran.

Arahkan pada panel Layby / Layaway, kemudian switch on pada Aktifkan fitur hutang (layby / layaway) seperti gambar di atas.

Jika Anda belum mengaktifkan fitur hutang, maka pada saat melakukan pemesanan dengan pembayaran sebagian akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut pada saat ingin menyelesaikan pesanan.

Berikut langkah-langkah untuk membuat pesanan dengan pembayaran sebagian.

Langkah 1: Pada halaman Metode Pembayaran, silahkan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.


Langkah 2
: Dalam contoh ini metode pembayaran yang digunakan adalah Cash. Setelah Anda sudah memilih metode pembayaran, maka akan muncul halaman pop-up untuk memasukkan nominal pembayaran.

Anda dapat mengisi nominal pembayaran yang diinginkan pada bagian yang sudah ditandai seperti gambar diatas.

Langkah 3: Lalu total pembayaran yang belum lunas akan muncul pada Remaining dan total pembayaran yang sudah bayarkan akan muncul seperti gambar berikut dan silahkan klik Complete Order untuk menyelesaikan pesanan.

Langkah 4: Lalu pesanan Anda dengan pembayaran sebagian akan berhasil dan akan ditandai sebagai Partially Paid.

Menyelesaikan Pembayaran Sebagian

Pesanan dengan pembayaran sebagian dapat dilunasi / diselesaikan apabila pelanggan sudah menerima barang dan ingin melunasi pesanan tersebut.

Penyelesaian Pembayaran Sebagian Melalui POS

Untuk menyelesaikan pembayaran sebagian pada POS, silahkan klik menu lalu pilih Orders. Kemudian pilih list orders yang ingin diselesaikan pembayarannya.

Silahkan klik Make Payment seperti yang sudah kami tandai seperti gambar berikut.

Lalu klik Add Another Payment.

Setelah itu, silahkan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan untuk melunasi sisi pembayaran pada pesanan Anda.

Lalu akan muncul pop-up halaman default nominal sisa pembayaran pada pesanan Anda. Jika sudah sesuai, silahkan klik OK untuk melanjutkan proses penyelesaiaan pesanan dengan pembayaran sebagian.

Kemudian, silahkan klik Complete Order untuk menyelesaikan pesanan dengan pembayaran sebagian.


Status pada list order maka akan berubah menjadi Paid.

Penyelesaian Pembayaran Sebagian Melalui Web Admin

Anda juga dapat melakukan penyelesaian pembayaran sebagian melalui web-admin iSeller. Untuk melunasi pesanan dengan pembayaran sebagian di web-admin iSeller, silahkan klik modul Pesanan kemudian buka daftar pesanan yang ingin diselesaikan, lalu klik tombolĀ 

Setelah Anda klik tombol Terima Pembayaran maka akan muncul form baru untuk mengisi sisa nominal pembayaran yang belum dilunasi oleh pelanggan Anda. Pada form tersebut Anda juga dapat menambahkan catatan atas pembayaran tersebut.

Setelah Anda sudah mengisi sisa nominal pembayaran yang belum dilunasi pelanggan Anda, silahkan klik tombol Terima Pembayaran untuk melunasi pesanan. Lalu pesanan tersebut sudah berhasil dilunasi.

Apakah Anda menemukan jawaban?