Di artikel Jurnal, Anda sudah mempelajari secara garis besar mengenai fitur, kegunaan dan manfaat yang didapatkan dengan mengaktifkan add-on Jurnal. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut cara untuk melakukan integrasi iSeller dengan Jurnal dan fitur-fitur yang dapat digunakan dari integrasi add-on Jurnal dengan iSeller.

Konek Toko iSeller Anda ke Jurnal

Langkah 1: Silahkan klik menu Apps, kemudian pilih add-on Jurnal seperti gambar dibawah ini.

Langkah 2: Setelah Anda melakukan pengaktifan Jurnal, maka akan muncul sub-menu Jurnal pada menu Apps.

Lalu tekan tombol Authenticate untuk melanjutkan proses integrasi.

Langkah 3: Lalu Anda akan diarahkan pada halaman login Jurnal seperti gambar berikut.

Silahkan masukkan Alamat Email dan Kata Sandi pada kolom yang sudah disediakan untuk login ke store Jurnal Anda.

Note: Jika Anda belum memiliki akun Jurnal, silahkan mendaftar akun Jurnal disini.

Langkah 4: Lalu Anda akan diarahkan pada halaman berupa beberapa persetujuan dari Jurnal dan silahkan pilih perusahaan yang ingin Anda integrasikan pada kolom yang sudah disediakan seperti gambar berikut.

Kemudian klik tombol Izinkan untuk melanjutkan integrasi ke Jurnal.

Pengaktifan Integrasi Per Outlet

Anda dapat memilih outlet mana saja yang pengintegrasiannya ingin Anda aktifkan atau nonaktifkan pada panel Active Outlet.

Perlu dicatat bahwa iSeller memberikan integrasi untuk outlet pertama secara gratis. Jika Anda mengaktifkan integrasi lebih dari satu outlet, maka akan ada biaya tambahan untuk outlet kedua dan selanjutnya. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga, silahkan kunjungi halaman Integrasi iSeller dan Jurnal.

Setelah Anda mengaktifkan outlet, Anda diwajibkan melakukan pemetaan akun terlebih dahulu dan akan muncul pemberitahuan untuk Anda melakukan pemetaan akun seperti gambar berikut.

Pemetaan Akun

Pada panel ini Anda dapat melakukan pemetaan akun penjualan dan akun pembayaran sesuai dengan yang Anda inginkan.
Beberapa akun pembayaran dan penjualan sudah kami default untuk mempermudah Anda untuk melakukan pemetaan. 

  • Warehouse Mapping: Pada kolom ini Anda diwajibkan untuk memilih warehouse / gudang yang sudah Anda buat di Jurnal. Untuk mengatur daftar gudang pada toko Anda seperti membuat gudang, mengubah gudang, dan menghapus gudang silahkan klik disini.
  • Payment Account: Pada kolom ini Anda dapat melakukan pemetaan akun pembayaran sesuai dengan keinginan Anda.
  • Sales Account: Pada kolom ini Anda dapat melakukan pemetaan akun penjualan sesuai dengan keinginan Anda.

Pemetaan COA

Pada penyusunan COA biasanya dikelompokkan berdasarkan sifat yang dimiliki. Misalnya dikelompokkan seperti harta, kewajiban, modal, penjualan, pembelian, dan biaya. Berikut contoh COA berserta kelompokknya:

  • Harta: Kas, Bank, Piutang, Persediaan.
  • Kewajiban: Hutang Usaha, Hutang Bank.
  • Modal: Modal, Laba/Rugi Ditahan, Laba/Rugi Bulan Berjalan.
  • Penjualan: Penjualan, Diskon Penjualan, Retur Penjualan.
  • Pembelian: Pembelian, Diskon Pembelian, Retur Pembelian.
  • Biaya: Biaya Gaji, Biaya Listri, Biaya Air, Biaya Iklan, dan lain-lain

Integrasi Inventori

Anda dapat menyamakan produk beserta stok awal dan mengatur penyesuaian stok otomatis antara iSeller dengan Jurnal pada panel ini.

Aktifkan Integrasi 

iSeller menyediakan fitur untuk integrasi inventori otomatis dengan Jurnal, cukup dengan mengaktifkan switch Enable Inventory Integration.

Auto Create Product

Sebelum menggunakan integrasi inventori, semua produk yang di track inventori di iSeller harus ada di sistem Jurnal dengan atribute SKU yang sama agar fungsi penyesuaian inventori bisa berjalan dengan baik.

Untuk memudahkan duplikasi produk dan jumlah stok awal antara kedua sistem, iSeller menyediakan fungsi Auto Create Product. Sebelum Anda menjalankan fungsi ini, pastikan semua produk sudah memiliki SKU dan track inventory with iSeller sudah aktif dan jumlah stok sudah diisi di sistem iSeller.

Add-on ini akan otomatis menganalisa produk dari kedua sistem dan memberikan status informasi detail sebagai berikut:

  • iSeller Product Without SKU: Memberikan informasi jumlah produk yang tidak memiliki SKU di iSeller.
  • iSeller Product Mapped to Jurnal: Memberikan informasi jumlah produk di iSeller yang sudah dipetakan ke Jurnal.
  • Jurnal Product Without SKU: Memberikan informasi jumlah produk yang tidak memiliki SKU di Jurnal.

Tekan tombol Auto Create Product untuk memulai penyamaan produk antara sistem iSeller dan Jurnal. Jika proses sudah berhasil, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut.

Sync Product

Untuk menyesuaikan jumlah stok antara iSeller dan Jurnal, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan pilih outlet yang ingin dilakukan sinkronisasi terlebih dahulu.

Langkah 2: Klik tombol Sync Product.

Langkah 3: Kemudian akan muncul halaman baru berupa sinkronisasi produk antara iSeller dan Jurnal.

Silahkan pilih salah satu stok yang Anda inginkan antara iSeller dengan Jurnal, kemudian silahkan klik tombol Sync untuk melakukan proses sinkronisasi.
Lalu akan muncul pemberitahuan bahwa sinkronisasi sudah berhasil.

Setelah itu stok akan menyesuaikan sesuai dengan pilihan Anda dan akan muncul informasi berupa tangal dan waktu kapan Anda melakukan sinkronisasi.

Pengaturan Jadwal Sinkronisasi

Pada panel ini Anda dapat melakukan pengaturan jadwal sinkronisasi data penjualan dan stok secara otomatis dan manual. Sinkronisasi hanya akan berpengaruh pada produk dan data penjualan yang pelacakan inventaris dengan iSeller sudah di aktifkan.

Sinkronisasi Otomatis

Untuk melakukan sinkronisasi secara otomatis silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Aktifikan Enable Automatic Synchronization.

  • Start at: Menentukan tanggal kapan Anda ingin memulai sinkronisasi data penjualan dan data stok.
  • Sync at: Menentukan waktu kapan Anda ingin melakukan sinkronisasi data penjualan dan data stok secara otomatis.

Langkah 2: Silahkan tentukan tanggal untuk memulai sinkronisasi dan waktu untuk sinkronisasi data penjualan dan data stok pada toko Anda secara otomatis.

Setelah Anda sudah selesai menentukan Start at dan Sync at, klik tombol Simpan pada pojok kanan layar Anda untuk menyimpan pengaturan Anda.

Sinkronisasi Manual

Untuk melakukan sinkronisasi secara manual silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan klik tombol Manual Synchronization.

Langkah 2: Lalu akan muncul halaman baru untuk Anda mengisi tanggal dan waktu melakukan proses sinkronisasi data pesanan dan data stok pada toko Anda.

  • Start at: Menentukan tanggal kapan Anda ingin memulai sinkronisasi.
  • End at: Menentukan tanggal sampai kap an Anda ingin melakukan sinkronisasi.
  • Start Time: Menentukan waktu kapan Anda ingin memulai sinkronisasi.
  • End Time: Menentukan waktu sampai kapan Anda ingin melakukan sinkronisasi.

Setelah Anda sudah selesai menentukan Start at, End at, Start Time, dan Sync at, klik tombol Simpan pada pojok kanan layar Anda untuk menyimpan pengaturan Anda.

Review Aktivitas Sinkronisasi

Setelah Anda berhasil melakukan sinkronisasi data-data penjualan, data-data stok, serta data-data transfer produk pada toko Anda secara manual atau otomatis, maka akan muncul data berupa tabel dengan cara melakukan klik Show Synchronization History.

Informasi yang ditampilkan adalah berapa jumlah pesanan, penyesuaian pesanan stok, jumlah transaksi, jumlah pengembalian, jumlah penyesuaian pengembalian stok, dan jumlah transfer yang berhasil dilakukan sinkronisasi dan yang gagal di sinkronisasi.
Jika Anda ingin melihat riwayat sinkronisasi yang lebih banyak lagi, silahkan klik Load More

Selamat! Anda telah berhasil melakukan integrasi antara iSeller dan Jurnal. Untuk langkah selanjutnya, pelajari ekspektasi dan hasil yang didapatkan di Jurnal di artikel Hasil Integrasi Jurnal.

Apakah Anda menemukan jawaban?