Sudah dijelaskan sebelumnya fungsi fitur dan langkah-langkah untuk melakukan pengiriman barang antar outlet pada artikel Pengiriman Barang antar Outlet (Transfer Out).

Langkah-langkah untuk melakukan pengiriman barang antar outlet dengan serial number sebenarnya sama dengan pengiriman barang antar outlet tanpa menggunakan serial number, hanya saja perbedaannya terdapat pada saat ketika outlet menerima barang harus memasukkan nomor seri terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pembaruan inventaris seperti gambar berikut.

Langkah 1: Silahkan pilih nomor seri produk yang ingin dikirimkan ke outlet lain pada kolom yang sudah ditandai seperti gambar berikut.

Langkah 2: Setelah Anda sudah selesai memilih nomor seri produk yang ingin dikirimkan ke outlet lain, maka akan muncul daftar nomor seri produk yang ingin Anda kirimkan.

Langkah 3: Kemudian Anda dapat menyimpan data transfer tersebut dengan klik tombol Simpan pada pojok kanan atas Anda.

Jumlah produk pada outlet yang melakukan pengiriman akan langsung mengurangi inventaris, sedangkan jumlah produk belum bertambah pada outlet yang melakukan penerimaan barang sebelum Admin yang memiliki akses terhadap outlet yang akan menerima melakukan proses penerimaan barang.

Ada 2 metode yang digunakan untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang:

  • Tandai Telah Selesai
  • Barang Diterima

Tandai Telah Selesai

Metode ini otomatis memilih persediaan barang masuk yang harus diproses sebelum proses pengiriman ini dapat diselesaikan dan juga metode ini tidak perlu lagi memilih nomor seri barang masuk .

Barang Diterima

Metode ini akan memisah barang yang dikirim lebih rinci lagi seperti barang sudah diterima, dikembalikan, atau ditolak.

Pada halaman ini, Anda dapat menyetujui penerimaan semua produk dengan cara menekan tombol Setujui Semua Transfer di kanan atas panel Produk.

Sebelum Anda melakukan penerimaan barang / mengembalikan barang / menolak barang, Anda dapat memasukkan nomor seri pada indikator yang sudah ditandai seperti gambar berikut.

Setelah itu akan muncul halaman baru untuk memilih nomor seri barang seperti gambar berikut.

Nomor seri barang yang sudah Anda pilih  akan muncul, kemudian silahkan klik tombol Terapkan untuk melakukan proses penerimaan barang.

Apakah Anda menemukan jawaban?