Selain bisa melakukan pengembalian, Anda juga bisa membatalkan pesanan jika barang belum dipenuhi. Untuk membatalkan pesanan silakan masuk ke menu pesanan, lalu klik nomor pesanan yang ingin dibatalkan. Klik menu tambahan pada pojok kanan atas dan pilih Cancel Order.

Selanjutnya Anda bisa pilih alasan pembatalan pesanan. Sebagai contoh, karena barang tidak tersedia.

Lalu Anda juga bisa memilih apakah Anda ingin mengembalikan uang yang telah dibayarkan pelanggan atau tidak. Matikan tombol fitur pengembalian pembayaran jika Anda hanya ingin membatalkan pesanan tanpa mengembalikan pembayaran. Namun jika Anda ingin mengembalikan uang, silakan lanjutkan ke Pengembalian Pembayaran.

Pada bagian ini, Anda dapat melihat rincian pesanan Anda dan total dana yang dapat dikembalikan.

Lalu sama seperti pada fitur Pengembalian Pesanan, Anda dapat memasukkan jumlah uang yang ingin dikembalikan.

Selanjutnya klik metode yang digunakan untuk pengembalian. Untuk pembatalan pesanan, ada 3 jenis metode yang bisa dipakai untuk pengembalian dana yaitu :

  • Diskon
  • Manual
  • Sesuai Metode Pembayaran

Diskon

Anda bisa mengembalikan pembayaran dengan memberikan diskon kepada Pelanggan untuk pembelian selanjutnya.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang diskon, silakan baca artikel Pengenalan Diskon.

Manual

Metode pengembalian manual adalah dimana Anda mengembalikan dana kepada pelanggan secara manual, bisa melalui transfer ke rekening pelanggan, dan cara-cara lain yang bisa Anda diskusikan dengan pelanggan.

Sesuai Metode Pembayaran

Anda juga bisa mengembalikan dana kepada pelanggan melalui metode pembayaran yang mereka gunakan saat membayar. Metode yang bisa dipakai hanyalah metode yang sama dengan yang digunakan pelanggan pada saat melakukan pembayaran. Jadi jika pelanggan membayar menggunakan OVO, maka pengembalian hanya bisa dilakukan melalui OVO juga.

Perlu diperhatikan, tidak semua metode pengembalian mendukung pengembalian sebagian.

Sebagai contoh, metode pembayaran dengan OVO. OVO tidak mendukung pengembalian sebagian. Jadi, jika Anda memasukan dana sebagian, Anda tidak akan bisa memilih OVO sebagai metode pengembalian seperti gambar berikut.

Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, silakan klik Batalkan Pesanan untuk menyelesaikan pembatalan.

Dengan demikian pesanan sudah berhasil dibatalkan. Status pesanan yang dibatalkan akan masuk ke laporan penjualan.

Apakah Anda menemukan jawaban?