Ketika pelanggan memesan produk di toko online Anda, dan karena satu dan lain hal pelanggan meminta pengembalian pesanan, Anda dapat mengaturnya pada menu pesanan. Berbeda dengan pembatalan pesanan, Anda dapat melakukan pengembalian barang sebagian saja. Jadi pelanggan Anda dapat mengembalikan produk belanja yang dianggap tidak layak diterima.

Silakan klik nomor pesanan untuk melakukan pengembalian. Pesanan yang dapat dikembalikan adalah pesanan yang sudah lunas dibayar oleh pelanggan.

Lalu klik Pengembalian pada panel Rincian Pesanan.

Selanjutnya Anda bisa melihat rincian pengembalian pesanan, mulai dari jumlah barang, harga barang, harga pengiriman sampai total dana yang harus dikembalikan kepada pelanggan.

Masukkan jumlah dana yang ingin dikembalikan. Anda dapat melakukan pengembalian sebagian atau pengembalian semua dana. Lalu pilih alasan pengembalian.

Selanjutnya klik metode yang digunakan untuk pengembalian. Ada 3 metode yang bisa dipakai yaitu:

  • Diskon
  • Pengembalian Manual
  • Third Party

Diskon

Anda dapat mengembalikan dana kepada pelanggan berupa kode diskon yang dapat pelanggan gunakan pada pembelian selanjutnya. Untuk melakukannya, silakan pilih Diskon.

Lalu akan keluar kode yang bisa Anda salin. Anda bisa berikan kode itu kepada pelanggan sebagai potongan untuk pembelian selanjutnya. Anda bisa memasukkan jumlah sebagian untuk metode diskon ini dan menggabungkannya dengan metode lain. Sebagai contoh, masukkan 10.000 pada langkah sebelumnya, sehingga kode yang keluar adalah kode diskon senilai 10.000.

Anda dapat langsung menyalin kode diskon tersebut, lalu klik Refund pada pojok kanan bawah. Untuk melihat kode diskon yang Anda dapatkan tadi, silakan buka menu Marketing > Diskon. Pilih Aktif pada bagian atas untuk melihat kode diskon yang dapat digunakan. Kode yang Anda dapatkan tadi ada di dalam daftar kode aktif ini.

Ketika pelanggan menggunakan kode Anda, total yang harus dibayarkan oleh pelanggan akan dipotong sebesar nilai kode diskon tersebut.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang diskon, silakan baca artikel Pengenalan Diskon.

Manual

Pengembalian manual adalah metode pengembalian dana secara manual oleh Anda. Pada metode ini, Anda bisa mengembalikan dana secara pribadi kepada pelanggan dengan metode yang disetujui bersama. Sebagai contoh dengan transfer bank. Anda bisa transfer dana yang ingin dikembalikan langsung ke rekening pelanggan. Anda juga bisa menggabungkan metode ini dengan metode lain.

Third Party

Metode ini menggunakan pihak luar untuk mengembalikan dana pelanggan. Metode yang bisa dipakai hanyalah metode yang sama dengan yang digunakan pelanggan pada saat melakukan pembayaran di checkout. Sebagai contoh di bawah, pelanggan membayar menggunakan Go-Pay, maka pengembalian dana akan masuk ke akun Go-Pay yang digunakan.

Perlu diperhatikan, tidak semua metode pengembalian mendukung pengembalian sebagian.

Sebagai contoh, metode pembayaran dengan Go-Pay. Go-Pay tidak mendukung pengembalian sebagian. Jadi, jika Anda memasukan dana sebagian, Anda tidak akan bisa memilih Go-Pay sebagai metode pengembalian seperti gambar berikut.

Jika semua sudah benar, Anda bisa langsung klik tombol Refund untuk menyelesaikan pengembalian dana. Ketika sudah berhasil, status pembayaran pada rincian pesanan akan berubah seperti gambar berikut.

Informasi Tambahan

Beberapa metode pembayaran hanya mendukung pengembalian menggunakan diskon atau pengembalian secara manual. Berikut adalah informasi mengenai metode-metode pengembalian yang dapat digunakan:

  • Bayar di Tempat: Hanya mendukung pengembalian dengan diskon dan manual.
  • Pembayaran Manual: Hanya mendukung pengembalian dengan diskon dan manual.
  • Pembayaran Omni: Hanya mendukung pengembalian dengan diskon dan manual.
  • BNI Yap! Pay: Hanya mendukung pengembalian dengan diskon dan manual.
  • Kartu Kredit: Mendukung pengembalian sebagian, pengembalian berbentuk pengurangan jumlah tagihan, hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu.
  • Cicilan Kartu Kredit: Hanya mendukung pengembalian penuh, pengembalian berbentuk pembatalan cicilan, hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu.
  • OVO: Hanya mendukung pengembalian penuh, pengembalian berupa pengembalian saldo.
  • Go-Pay: Hanya mendukung pengembalian penuh, pengembalian berupa pengembalian saldo.

Demikianlah Anda sudah melakukan pengembalian dana. Status pesanan yang dikembalikan dapat Anda tinjau di laporan penjualan. Selain bisa mengembalikan dana kepada pelanggan, Anda juga dapat membatalkan pesanan pelanggan.

Apakah Anda menemukan jawaban?