Setelah Anda melakukan penerimaan pembayaran, proses selanjutnya adalah persiapan pengiriman barang. Pada sistem iSeller, proses ini disebut dengan fulfillment atau pemenuhan pesanan. Proses pemenuhan pesanan akan berbeda tergantung pada jenis pengiriman yang dipilih pelanggan saat checkout. Pada artikel ini akan dijelaskan 2 cara pemenuhan pesanan, yaitu:

  • Pemenuhan Pesanan dengan Pengiriman Manual: Pengiriman dengan kurir pribadi dan tidak memiliki status pelacakan nomor resi.
  • Pemenuhan Pesanan dengan Pengiriman Terintegrasi: Pengiriman kurir komersial yang pelacakan nomor resinya dilakukan oleh sistem iSeller.

Pemenuhan Pesanan dengan Pengiriman Manual

Pengiriman manual adalah pengiriman dengan kurir pribadi yang sudah Anda tambahkan pada pengaturan pengiriman manual.

Untuk melakukan pemenuhan pesanan dengan pengiriman manual, silakan Anda buka modul pesanan, lalu klik nomor pesanan yang ingin Anda penuhi. Lalu pada panel Rincian Pesanan, Anda bisa klik tombol Penuhi Barang.

Silakan isi jumlah barang yang ingin Anda penuhi. Jumlah barang di sini adalah jumlah barang yang ingin Anda kirimkan kepada pelanggan. Normalnya Anda memasukkan jumlah barang sesuai pesanan, namun Anda juga bisa memasukkan kurang dari jumlah pesanan jika Anda ingin mengirimkan sebagian terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda bisa memilih kurir yang Anda gunakan. Pilihlah dari daftar kurir yang tersedia dan isi nomor resi pengiriman. Jika kurir yang Anda gunakan tidak tersedia, Anda bisa mengosongkannya. Lalu klik Fulfill Items untuk menyelesaikan.

Jika pengiriman produk sudah dilakukan semua, status pemenuhan Anda akan berubah menjadi Success yang berarti pesanan ini sudah selesai dan status pemenuhan akan menjadi Selesai pada Laporan Penjualan.

Jika Anda salah memasukkan nomor resi pengiriman, Anda juga bisa mengubahnya dengan menekan tombol Ubah Pelacakan.

Masukkan nomor resi yang benar lalu klik Simpan untuk menyelesaikan perubahan.

Pemenuhan Pesanan dengan Pengiriman Terintegrasi

Berbeda dengan pemenuhan pesanan dengan pengiriman manual, pada pemenuhan dengan pengiriman terintegrasi, Anda tidak dapat memilih kurir. Kurir akan diatur secara otomatis sesuai dengan kurir yang dipilih pelanggan saat checkout. Klik Penuhi Barang untuk melakukan pengiriman.

Silakan isi jumlah barang yang ingin Anda penuhi. Jumlah barang di sini adalah jumlah barang yang ingin Anda kirimkan kepada pelanggan. Normalnya Anda memasukkan jumlah barang sesuai pesanan, namun Anda juga bisa memasukkan kurang dari jumlah pesanan jika Anda ingin mengirimkan sebagian terlebih dahulu.

Lalu Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur panggil kurir. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda tidak perlu repot-repot mengantarkan produk ke agen pengiriman. Kurir pengiriman sendiri yang akan datang ke tempat Anda untuk mengambil barang. Tempat pengambilan dapat Anda atur pada pengaturan alamat kirim. Klik Next untuk melanjutkan.

Pada bagian ini, Anda dapat mengatur jenis paket, ukuran dan berat paket yang akan disertakan dalam pengiriman produk yang dipesan.

Perhatikan disini bahwa berat paket adalah 0,18 kg. Berat paket ini akan ditambahkan ke berat produk untuk menghitung Total Berat.

Berat paket yang ditandai default sudah dimasukkan ke dalam perhitungan pengiriman saat pelanggan melakukan checkout. Jika paket yang dipilih pada saat pemenuhan bukan paket default, maka biaya pengiriman akan dihitung ulang. Untuk menghindari perbedaan biaya kirim karena paket, silahkan baca lebih lanjut mengenai Pengaturan Volume Paket.

Setelah selesai mengatur berat dan volume paket, Anda bisa langsung menekan tombol Fulfill Items untuk memanggil kurir ke alamat yang Anda pasang.

Setelah barang terpenuhi, maka tampilannya akan berubah menjadi seperti gambar berikut.

Demikianlah Anda sudah memenuhi pesanan Pelanggan Anda. Selanjutnya Anda bisa langsung mengirimkan barang/produk Anda atau menunggu kurir untuk mengambil barang/produk Anda.

Persiapan Pengiriman Paket

Ketika pelanggan menggunakan pengiriman dengan kurir terintegrasi saat checkout, maka Anda harus menyiapkan label pengiriman sebagai nomor resi yang didaftarkan pada paket Anda.

Silahkan lihat panel yang baru terbuat setelah Anda melakukan pemenuhan, dan klik tombol Menu untuk melihat menu tambahan. Pilih Cetak Label Pengiriman.

Label pengiriman digunakan untuk menandai paket Anda secara unik. Kurir yang datang mengambil paket akan melakukan scan ke label yang dicetak untuk masuk ke dalam sistem agar bisa dilakukan pelacakan.

Jika Anda ingin menyertakan rincian produk yang Anda kirimkan dalam paket Anda, Anda bisa klik tombol Print Package Items List. Tetapi jika Anda tidak ingin menyertakannya, Anda bisa langsung menekan tombol Print untuk melanjutkan.

Setelah Anda tekan tombol Print, halaman baru akan terbuka dan menampilkan file pdf Label Pengiriman yang dapat Anda cetak dan tempelkan pada paket Anda.

Anda tidak perlu membayar kurir yang datang, jika ditanyakan mengenai nomor akun, bisa dilihat pada pojok kiri bawah seperti pada gambar. Biaya kirim akan dikurangi ketika iSeller melakukan setoran terhadap toko Anda, baca Laporan Setoran untuk melihat rincian biaya yang dimaksud.

Setelah itu Anda dapat mencetak Label Pengiriman ini dan menempelkannya di paket Anda. Berikut adalah tampilan Label Pengiriman jika Anda memilih untuk menyertakan rincian produk.

Rincian produk yang Anda kirimkan akan ditampilkan di sebelah kanan. Beberapa agen pengiriman akan meminta Anda untuk menyertakan rincian produk seperti ini.

Rincian produk biasa digunakan untuk pengiriman internasional dimana pada saat negara penerima melakukan impor produk, akan dilakukan pengecekan apakah barang yang dikirim boleh masuk ke negara tujuan atau tidak.

Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu produk dikirimkan kepada Pelanggan. Jika produk sudah berhasil dikirimkan, maka status pada panel Pemenuhan akan berubah menjadi Success seperti status pesanan nomor #8156 di bawah ini.

Demikian Anda telah menyelesaikan pesanan di Toko Online Anda. Pesanan yang terbuat akan dicatat pada laporan penjualan.

Apakah Anda menemukan jawaban?