Untuk melakukan pengaturan pembayaran umum pada toko online, Anda bisa pilih menu Pengaturan, lalu klik Pembayaran. Akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.

Pada panel toko online, Anda dapat melihat beberapa metode pembayaran yang dapat Anda gunakan.

Terdapat 2 metode pembayaran yang masuk ke kategori pembayaran umum yaitu:

  • Bayar di Tempat: Pelanggan membayar secara langsung saat penjual dan pembeli bertemu langsung.
  • Manual: Pelanggan membayar langsung kepada Anda tanpa perantara iSeller sebelum produk dikirimkan.

Bayar di Tempat

Metode pembayaran bayar di tempat adalah metode pembayaran yang memungkinkan pelanggan untuk membayar produk dengan cara saling temu antara penjual dan pembeli.

Bayar di Tempat ini dapat diaktifkan bersamaan dengan metode pembayaran Manual yang akan dijelaskan selanjutnya, ataupun bersamaan dengan iSeller Pay.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu klik tombol di sebelah kanan pilihan Bayar di Tempat pada panel Toko Online, lalu klik Simpan pada pojok kanan atas halaman.

Perhatikan pada gambar di bawah meskipun Anda mengaktifkan Bayar di Tempat bersamaan dengan iSeller Pay, pelanggan tidak dapat menggunakan layanan pengiriman terintegrasi jika ingin memilih Bayar di Tempat sebagai metode pembayaran. Jika pilihan Cash on Delivery (COD) atau Bayar di Tempat tidak dapat dipilih seperti gambar berikut, berarti Pelanggan memilih layanan pengiriman terintegrasi sebagai metode pengiriman.

Layanan pengiriman terintegrasi adalah metode pengiriman yang memungkinkan Anda melakukan pelacakan paket ketika dalam proses pengiriman.

Pelanggan bisa menggunakan metode pembayaran Bayar di Tempat hanya jika mereka memilih pengiriman manual sebagai metode pengiriman barang/produk mereka. Layanan pengiriman terintegrasi hanya bisa digunakan jika pelanggan membayar dengan iSeller Pay.

Manual

Metode pembayaran manual digunakan ketika Anda tidak ingin menggunakan iSeller Pay. Semua proses pelunasan dan pelacakan pengiriman tidak tercatat oleh sistem iSeller, yang berarti Anda harus melakukan pengecekan sendiri apakah pembayaran sudah masuk ke Anda atau belum.

Metode pembayaran manual merupakan pembayaran yang disepakati bersama. Sebagai contoh pembayaran melalui bank transfer. Jika menggunakan iSeller Pay, Anda akan mendapatkan notifikasi email jika pembayaran sudah dilunasi pelanggan, tapi karena menggunakan pembayaran manual, Anda harus mengecek sendiri apakah pembayaran sudah masuk atau belum.

Silakan buka Pengaturan > Pembayaran. Pada panel Toko Online, aktifkan metode pembayaran Manual. Anda tidak dapat mengaktifkan metode pembayaran Manual dan iSeller Pay secara bersamaan.

Anda bisa menuliskan keterangan berupa instruksi bagaimana Anda ingin pembayaran itu dilakukan, seperti contoh diatas. Lalu klik Simpan pada pojok kanan atas.

Pada halaman checkout, Pelanggan dapat memilih Manual Payment atau pembayaran manual. Keterangan pembayaran yang sudah Anda masukkan sebelumnya akan tampil sebagai panduan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran.

Menerima Pembayaran dan Persiapan Pengiriman

Setelah pesanan terbuat, maka langkah selanjutnya adalah menerima pembayaran. Pastikan Anda sudah menerima pembayaran atas produk yang Anda jual sebelum melakukan proses menerima pembayaran. Proses penerimaan pembayaran merupakan proses untuk menandai bahwa satu pesanan sudah lunas. Silakan baca artikel Menerima Pembayaran untuk mempelajari lebih jauh.

Setelah menerima pembayaran, langkah selanjutnya adalah pengiriman. Proses pengiriman pada iSeller dinamakan dengan fulfillment atau pemenuhan pesanan. Untuk tahu lebih lanjut mengenai cara memenuhi pesanan, silakan baca Penuhi Pesanan / Fulfillment (Online).

Transaksi yang sudah selesai akan masuk ke Laporan Penjualan.

Apakah Anda menemukan jawaban?