Untuk mengakses pengaturan pembayaran dengan iSeller Pay, silahkan klik menu Pengaturan lalu sub-menu Pembayaran. Kemudian silahkan menuju ke panel Point of Sale yang sudah ditandai sebagai gambar berikut.

Sebelum menggunakan iSeller Pay, Anda harus melakukan aktivasi iSeller Pay yang dapat dibaca pada artikel Pengaktifan iSeller Pay. Salah satu keuntungan pembayaran menggunakan iSeller Pay adalah Anda tidak perlu melakukan permintaan terhadap bank untuk menunggu persetujuan seperti perjajian kerja sama dan melakukan pemasan EDC yang dimana persetujuannya memakan waktu lama.

Ada 3 metode pembayaran yang disediakan oleh iSeller Pay beserta MDR (Merchant Discount Rate) atau potongan untuk biaya pemrosesan:

  • Pembayaran menggunakan Kartu kredit (VISA, MasterCard, Debit cards), biaya pemrosesan yang dikenakan sebesar 2.50%
  • Pembayaran menggunakan Kartu kredit (Cashlez), biaya pemrosesan yang dikenakan sebesar 2.30%
  • Pembayaran menggunakan Yap (BNI Yap! Pay), biaya pemrosesan yang dikenakan sebesar 1.80%

Pembayaran kartu debit dan kartu kredit dengan Cashlez

Pembayaran ini merupakan payment gateway menggunakan mesin EDC Cashlez. Anda dapat melakukan pembelian mesin EDC langsung kepada kami dengan menghubungi kami via whatsapp. Mesin EDC Cashlez yang Anda beli akan melalui tahap pengaktifan dan pengetesan oleh tim kami agar dapat langsung Anda pakai tanpa kerusakan.

Selain mengaktifkan iSeller Pay, Anda juga harus memasukkan logo toko pada halaman Pengaturan Umum agar dapat menggunakan Cashlez.

Langkah pertama untuk menggunakan Cashlez pada toko Anda adalah menyambungkan mesin EDC ke aplikasi POS iSeller. Untuk mengetahui selengkapnya baca artikel Pengaturan EDC Cashlez.

Setelah perangkat EDC sudah tersambung pada POS Anda, maka Anda dapat langsung menggunakan mesin EDC untuk menerima pembayaran kartu debit dan kartu kredit. Berikut adalah gambar pemilihan metode pembayaran pada halaman checkout POS.

Pada saat Anda memilih Credit Card (mPos) maka akan muncul halaman baru yang berisikan informasi biaya pesanan dan metode iSeller Pay yang ingin Anda gunakan sebagai berikut.

  • Debit: Digunakan ketika pelanggan Anda membayar menggunakan kartu debit. Pelanggan akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk kartu debit yang dipakai.
  • Credit Pin: Digunakan ketika pelanggan Anda membayar menggunakan kartu kredit yang memerlukan verifikasi menggunakan PIN.
  • Credit Signature: Digunakan ketika pelanggan Anda membayar menggunakan kartu kredit yang memerlukan verifikasi menggunakan tanda tangan. Tanda tangan hanya diperlukan untuk transaksi di atas Rp 250.000.
  • International Credit/Debit Card: Digunakan ketika pelanggan Anda membayar menggunakan kartu yang tidak termasuk dalam kelompok GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

Sebagai salah satu contoh kami akan menjelaskan langkah-langkah jika pelanggan menggunakan pembayaran dengan Credit Card (mPOS) - Credit Pin.

Langkah 1: Pada halaman checkout, kasir akan memilih metode pembayaran Credit Card (mPOS) di POS.

Langkah 2: Kasir akan memilih Credit Pin pada POS.

Langkah 3: Akan muncul form baru berupa pemberitahuan untuk kasir insert atau swipe kartu kredit di EDC Cashlez.

Langkah 4: Berikut tampilan pada mesin EDC Cashlez. Perhatikan biaya yang tertera pada aplikasi POS akan muncul pada mesin EDC sebagai konfirmasi nilai pembayaran.

Langkah 5: Kasir akan melakukan insert atau swipe kartu kredit pelanggan Anda di mesin EDC Cashlez (tergantung jenis kartu yang digunakan), kemudian pelanggan akan memasukkan PIN seperti gambar berikut.

Contoh di atas merupakan kartu kredit yang memiliki chip, sehingga pembacaan kartu dilakukan dengan cara insert dari bawah. Jika kartu kredit yang digunakan tidak memiliki chip, silahkan lakukan swipe pada bagian atas mesin EDC.

Langkah 6: Setelah pelanggan memasukkan PIN maka proses pesanan telah selesai dan berikut tampilan di POS jika proses pesanan telah selesai.

Pembayaran menggunakan digital wallet BNI Yap!

iSeller juga mendukung pembayaran menggunakan BNI Yap!. Pelanggan hanya tinggal membuka aplikasi BNI Yap!, pilih opsi 'Bayar Pedagang' dan pilih yang akan dipakai sebagai sumber dana. Di aplikasi BNI Yap! pelanggan bisa memilih ingin melakukan pembayaran menggunakan kartu debit BNI, kartu kredit BNI, atau uang elektronik (UnikQu).

Berikut tampilan metode pembayaran menggunakan BNI Yap! di POS.

Setelah Anda klik Yap! maka akan muncul halaman Rincian Pembayaran sesuai dengan pesanan pelanggan. 


Selanjutnya, setelah pelanggan menyetujui jumlah yang harus dibayarkan, klik tombol 'OK' maka akan tampil halaman baru berupa QR Code yang nantinya pelanggan hanya perlu mengarahkan kamera smartphone dan ScanQR yang ada di POS.

Apakah Anda menemukan jawaban?