Setelah pelanggan melakukan pembelian di toko online, proses selanjutnya yang Anda lakukan adalah konfirmasi pembayaran apakah uang yang ditransfer sudah masuk atau belum. Terdapat 2 tipe penerimaan pembayaran pada toko online, yaitu:

  • Penerimaan Pembayaran Manual: Anda harus memeriksa penerimaan uang secara manual jika Anda menerima pembayaran melalui metode pembayaran umum yang disediakan iSeller.
  • Penerimaan Pembayaran Otomatis: Pemeriksaan pembayaran dilakukan secara otomatis oleh sistem iSeller ketika pelanggan membayar menggunakan iSeller Pay.

Penerimaan Pembayaran Manual

Penerimaan pembayaran manual dapat dilakukan ketika pelanggan membayar dengan menggunakan metode pembayaran umum seperti bayar di tempat (cash on delivery / COD) dan pembayaran manual.

Untuk melakukannya, Anda bisa buka modul pesanan, lalu klik nomor pesanan yang ingin Anda terima pembayarannya. Pada halaman ini, Anda dapat melihat metode pembayaran yang digunakan pelanggan beserta rincian pesanannya.

Ketika pelanggan membayar dengan metode bayar di tempat atau pembayaran manual, pembayaran akan langsung Anda terima, jadi Anda harus memastikan dahulu apakah pembayaran dari pelanggan sudah benar-benar diterima secara lunas.

Jika Anda yakin sudah menerima pembayaran dari pelanggan, Anda bisa langsung klik tombol Terima Pembayaran seperti yang sudah ditandai di bawah ini.

Lalu Anda bisa memasukkan jumlah pembayaran yang sudah Anda terima. Jika Anda sudah menerima pembayaran penuh, Anda bisa melewatkan bagian ini dan langsung klik tombol Accept Payment.

Namun jika Anda baru menerima pembayaran sebagian, Anda bisa memasukkan jumlah uang yang sudah dibayarkan terlebih dahulu sebelum menekan tombol Accept Payment.

Untuk pembayaran sebagian, Anda dapat melihat sisa uang yang belum dibayarkan pada rincian pesanan. Pelanggan harus melunasi senilai sisa pembayaran yang tertera.

Setelah pelanggan melakukan pelunasan, Anda bisa kembali melakukan penerimaan dengan klik tombol Terima Pembayaran. Pastikan jumlah pembayaran sudah sesuai, lalu klik Accept Payment.

Maka pembayaran penuh atas pesanan Anda sudah diterima dan Anda bisa melanjutkan ke bagian persiapan pengiriman barang.

Silakan baca artikel Penuhi Pesanan / Fulfillment (Online) untuk mempelajari tentang cara mengirim pesanan.

Penerimaan Pembayaran Otomatis

Penerimaan pembayaran dapat juga dilakukan secara otomatis lewat sistem. Penerimaan otomatis ini hanya dapat dilakukan ketika pelanggan menggunakan metode pembayaran dari iSeller Pay dan juga digital wallet seperti OVO dan Go-Pay.

Untuk melakukannya, Anda bisa ke menu pesanan, lalu klik nomor pesanan yang ingin Anda terima pembayarannya. Pada halaman ini, Anda dapat melihat metode pembayaran yang digunakan pelanggan beserta rincian pesanannya.

Ketika pelanggan menggunakan metode pembayaran melalui pembayaran omni (Transfer Bank, Mobile Banking, Internet Banking, Minimarket), pembayaran tidak akan otomatis terbayarkan pada saat pelanggan checkout. Maka dari itu, pada rincian pesanan akan terdapat tombol Terima Pembayaran seperti pada penerimaan manual.

Namun Anda tidak dapat melakukan penerimaan karena pembayaran akan dicek secara otomatis apakah sudah dibayarkan atau belum.

Berbeda dengan pembayaran omni, ketika pelanggan melakukan pembayaran dengan metode pembayaran iSeller Pay yang lain seperti Kartu Kredit, atau dengan Digital Wallet seperti OVO dan Go-Pay, pesanan akan langsung ditandai lunas sehingga Anda dapat langsung melakukan persiapan pengiriman barang.

Pada rincian pesanan juga tidak ada lagi tombol Terima Pembayaran, melainkan tombol Pengembalian yang dapat Anda gunakan untuk melakukan refund.

Demikianlah pembayaran atas pesanan Anda diterima. Selanjutnya Anda bisa langsung melanjutkan untuk mengirimkan barang melalui kurir. Silakan baca artikel Penuhi Pesanan / Fulfillment (Online) untuk mempelajari tentang cara mengirim pesanan.

Apakah Anda menemukan jawaban?