Halaman Pesanan berisikan daftar pesanan dari Toko Anda. Anda dapat melihat nomor pesanan, tanggal pesanan terjadi, nama pelanggan, status pembayaran, dan lain-lain. 

Untuk mengakses ke halaman Pesanan, silahkan masuk kedalam toko Anda, lalu klik menu Pesanan yang berada pada bagian kiri layar Anda seperti gambar berikut.

Daftar Pesanan

Semua daftar pesanan dapat Anda lihat pada halaman awal seperti pada gambar berikut.

Pada halaman Daftar Pesanan, Anda dapat melihat beberapa kolom seperti:

  • Order Reference: Nomor pesanan yang otomatis terbuat berdasarkan pengaturan yang Anda buat di Pengaturan Umum.
  • Date: Tanggal pesanan tersebut terbuat.
  • Customer: Pelanggan yang memesan pesanan tersebut. Pelanggan yang tidak muncul berarti informasi pelanggan tidak dimasukkan pada saat checkout di POS atau pelanggan melakukan checkout as guest pada Toko Online.
  • Payment status: Status pembayaran dapat berisikan Pending (Belum Dibayar) / Partially Paid (Sebagian Lunas) / Paid (Lunas) / Partially Refunded (Uang Dikembalikan sebagian) / Refunded (Uang Dikembalikan)
  • Fulfillment Status: Status pemrosesan / status pemenuhan dapat berisikan Not Fulfilled (Belum Diproses) / Partially Fulfilled (Sudah Diproses Sebagian) / Fulfilled (Selesai Diproses). Pemrosesan yang dimaksud adalah status barang sudah sampai di agen kurir untuk dikirim / sudah melakukan permintaan pengembalian barang.
  • Total: Total penjualan dari pesanan tersebut

Ekspor Daftar Pesanan

Untuk mengekspor daftar pesanan silahkan klik tombol Ekspor.

Setelah Anda klik tombol Ekspor, Anda akan menemukan tampilan baru yang berisikan pilihan Ekspor Pesanan seperti berikut.

Anda dapat mengatur tampilan pesanan yang ingin Anda ekspor. Kami menyediakan tiga pengaturan tampilan pesanan yang dapat Anda ekspor.

Current View

Tampilan pesanan sesuai dengan pengaturan tampilan yang sudah Anda atur. Tampilan yang akan ditampilkan pada Current View bukanlah tampilan semua pesanan, Melainkan Tampilan yang sudah Anda atur dengan segala macam penyaringan (ˆfilter).

Export Order By Date

Memungkinkan Anda untuk mengekspor daftar pesanan pada jangka waktu tertentu. Pada contoh diatas kita bisa lihat bahwa Pesanan yang akan diekspor adalah semua pesanan mulai dari tanggal 24/10/2018 sampai 31/10/2018.

All Orders

Memungkinkan Anda untuk mengekspor semua daftar pesanan. 

Export Order Detail

Tombol tersebut digunakan untuk menentukan hasil ekspor yang akan terjadi. Jika Anda klik Export Order Detail, hasil data export adalah informasi mengenai produk dari pesanan tersebut seperti nama produk, SKU dari produk tersebut, dan lain-lain.

Export Order

Tombol tersebut digunakan untuk menentukan hasil ekspor yang akan terjadi. Jika Anda klik Export Order, hasil data export adalah informasi mengenai pesanan tersebut seperti nama pelanggan, biaya pengiriman, dan lain-lain.

Mencari Pesanan

Untuk mencari pesanan tertentu silahkan tulis nomor pesanan yang Anda ingin cari ke dalam kotak yang sudah kami tandai dengan warna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar pesanan yang memiliki Order Reference yang Anda cari.

Menyaring Daftar Pesanan

Jika Anda ingin menyaring daftar pesanan Anda, silahkan klik pada logo corong yang berada pada kiri atas dari bagian utama halaman pesanan, maka Anda akan menemukan berbagai tipe penyaringan pesanan yang telah kami sediakan. 

Ada total 10 tipe penyaringan yang bisa Anda lakukan kepada daftar pesanan Anda: :

  • Status: Status dari pesanan. Apakah Status Pesanan Draft, Selesai, Reserved, atau Void.
  • Status Pembayaran: Penyaringan pesanan berdasarkan status pembayaran dari pesanan tersebut.
  • Status Pemenuhan: Penyaringan pesanan berdasarkan status pemenuhan dari pesanan tersebut.
  • Saluran: Penyaringan pesanan berdasarkan saluran penjualan. Apakah dari Point of Sale atau toko online.
  • Metode Pembayaran: Penyaringan pesanan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan untuk memenuhi pesanan. 
  • Kasir: Penyaringan pesanan berdasarkan kasir yang bertanggung-jawab terhadap pesanan yang terjadi.
  • Dilayani Oleh: Penyaringan pesanan berdasarkan Karyawan yang mengirim pesanan ke bagian dapur untuk dikelola. Kolom ini biasa digunakan untuk bisnis F&B.
  • Outlet: Penyaringan pesanan berdasarkan outlet dimana pesanan tersebut terjadi.
  • Tanggal: Penyaringan pesanan berdasarkan tanggal pesanan tersebut terjadi.
  • Pelanggan: Penyaringan pesanan berdasarkan nama pelanggan yang sudah mendaftar menjadi anggota toko Anda.

Setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan form penyaringan sebagai berikut:

Silahkan pilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Status), silahkan isi bagian operator dan nilai dengan penjelasan seperti berikut:

  • Operator: Cara bagaimana status pesanan akan disaring, dalam contoh ini operator yang dipilih adalah Sama Dengan
  • Nilai: Nilai dari status pesanan yang ingin Anda saring, dalam contoh ini Nilai yang dipilih adalah Void. Berarti daftar Pesanan akan menyaring semua Pesanan yang memiliki Status Void.

Setelah semua dimasukkan, silahkan klik Tambah Filter maka hasil dari penyaringan pesanan akan seperti berikut.

Menyimpan Hasil Penyaringan Pesanan

Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan nanti. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut. Jika bingung, silahkan lihat gambar dibawah.

Anda cukup memasukkan namadari hasil penyaringan pesanan tersebut dan tekan tombol Save maka hasil penyaringan pesanan Anda akan tersimpan.

Anda dapat mengakses setiap hasil penyaringan pesanan Anda dengan klik logo Tiga Titik yang berada disamping kanan tombol My Filter.

Apakah Anda menemukan jawaban?