Sebelum melakukan persetujuan, pastikan perhitungan stok sudah selesai. Pengguna yang dapat melakukan perhitungan stok adalah pengguna yang memiliki akses untuk mengatur stok inventaris, baca selengkapnya mengenai limitasi akses web admin untuk mempelajari hak akses pengguna.

Untuk melakukan persetujuan perhitungan produk silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan klik tombol Setujui pada posisi pojok kanan atas layar Anda.

Langkah 2

Setelah itu akan muncul form baru seperti gambar berikut.

Silahkan pilih Outlet dan Yang Menghitung untuk menyaring perhitungan stok opname yang ingin Anda setujui.

Langkah 3

Setelah Anda memilih Outlet dan Yang Menghitung, maka list stok opname akan muncul pada kolom yang sudah kami tandai seperti di bawah ini.

List stok opname yang akan muncul pada kolom adalah stok opname yang statusnya sudah Menunggu Persetujuan saja. Untuk stock opname yang statusnya Menunggu Perhitungan tidak akan muncul pada list stok opname yang akan disetujui.

Langkah 4

Setelah Anda sudah memilih list stok opname yang ingin disetujui silahkan klik tombol Ya, kemudian akan muncul form baru seperti gambar berikut.

Terdapat 2 pilihan untuk melihat stok barang yang sudah ditandai selesai / menunggu perhitungan, yaitu:

  • Dihitung: Produk yang sudah dihitung oleh kelompok yang diatur pada perhitungan stok. Anda dapat melakukan peninjauan apakah stok yang dihitung sudah sesuai dengan yang diinginkan lalu melakukan persetujuan.
  • Tidak Dihitung: Produk yang tidak dihitung juga dapat Anda finalisasi stok yang dicatat pada sistem iSeller.

Dihitung

Pada tab Dihitung muncul form Umum yang berisikan detail stok opname yang dipilih. Anda dapat menyetujui semua perhitungan yang telah dilakukan dengan klik tombol Setujui Semua.

  • Produk: Produk yang dihitung dalam stok opname tersebut.
  • Ekspektasi: Jumlah barang yang terhitung pada pada sistem iSeller.
  • Terhitung: Jumlah barang yang terhitung oleh Yang Menghitung pada gudang toko Anda.
  • Yang Menyelesaikan: User yang membuat stok opame tersebut.
  • Jumlah Stok: Pada kolom ini Anda sebagai penyetuju dapat mengubah jumlah stok yang diinginkan tetapi jika penyetuju sudah menyetujui jumlah stok tersebut maka tidak perlu diubah.
  • Hasil Akhir: Hasil akhir akan menampilkan data yang berbeda sesuai dengan Jumlah Stok yang dimasukkan.

Berikut beberapa hasil tampilan kasus untuk Hasil Akhir:

  • Jika Jumlah Stok sama dengan Terhitung
  • Jika Jumlah Stok lebih dari Terhitung
  • Jika Jumlah Stok kurang dari TerhitungĀ 
  • Catatan: Anda dapat menambahkan catatan khusus untuk perhitungan stok opname ini jika stok yang dihitung tidak sama dengan stok akhir yang diinginkan.

Tidak Dihitung

Pada tab Tidak Dihitung akan muncul semua produk pada toko Anda, kecuali produk yang sudah dihitung pada stok opname.

Pada halaman ini Anda dapat mengubah semua stok produk Anda menjadi 0 dengan cara klik Hapus semua stok produk di bawah (jumlah produk) menjadi kosong. Jika Anda hanya ingin mengubah sebagian produk, silakan centang satu per satu lalu ada pilihan Hapus Stok.

Jika Anda menolak stok opname tersebut, silahkan klik Tolak maka stok opname tersebut akan tersimpan pada tab Selesai dengan status Ditolak.

Jika Anda menyetujui stop opname tersebut, silahkan klik Setujui maka stop opname tersebut akan tersimpan pada tab Selesai dengan status Disetujui seperti gambar berikut.

Apakah Anda menemukan jawaban?