Pada artikel pengenalan stok opname, Anda telah mempelajari fitur dasar untuk membaca modul stok opname. Artikel ini menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan pencocokan stok inventori. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pencocokan stok antara stok gudang dengan stok sistem iSeller.

Langkah 1

Pertama, Anda harus membuat satu record data untuk rincian barang yang ingin dihitung, siapa yang melakukan perhitungan, dan outlet atau gudang mana yang produknya ingin dihitung. Silahkan klik Hitung Stok.

Langkah 2

Setelah Anda klik Hitung Stok, maka akan muncul form baru seperti gambar berikut

  • Outlet: Outlet yang Anda pilih untuk dilakukan perhitungan produk. Untuk penambahan outlet silakan baca Pengaturan Outlet.
  • Yang Menghitung: Pilih tim atau grup yang akan melakukan perhitungan produk.
  • Cari Produk: Produk yang ingin dilakukan perhitungan. Produk yang ada pada list hanya produk yang sudah diaktifkan fitur pencatatan stok terlebih dahulu pada pengaturan produk.
  • Rincian: Informasi berupa siapa yang membuat stok opname tersebut, status dari stok opname (apakah belum dihitung / menunggu konfirmasi / selesai terhitung), dan waktu stok opname dibuat..

Anda dapat langsung menambahkan Yang Menghitung dengan ketik nama yang diinginkan pada informasi tersebut kemudian klik tanda "+" pada bagian kanan seperti gambar berikut. 

Langkah 3

Setelah Anda memilih produk yang ingin dilakukan perhitungan, maka silahkan Anda mengisi jumlah produk dari gudang yang Terhitung dan Terbuang pada informasi yang sudah kami disediakan seperti gambar berikut. Produk terhitung adalah produk yang layak jual dan akan menambah stok sistem, sedangkan produk terbuang adalah produk yang tidak ingin jumlahnya ditambahkan pada stok sistem.

Langkah 4

Setelah Anda mengisi jumlah produk yang terhitung dan terbuang, tersedia 3 tombol untuk melanjutkan perhitungan stok.

  • Batal: Membatalkan stok opname yang sudah dibuat.
  • Selesai Hitung: Stok opname yang dilakukan sudah selesai dan sudah bisa dilakukan persetujuan perhitungan produk dan status stok opname menjadi Menunggu Persetujuan.
  • Simpan: Hanya menyimpan stok opname yang sudah dibuat tetapi stok opname tersebut masih bisa diubah dan belum bisa disetujui untuk perhitungan produk. Status stok opname yang disimpan akan menjadi Menunggu Perhitungan.

Setelah stok opname sudah ditandai selesai atau disimpan, maka stok opname tersebut akan muncul pada halaman Buka seperti gambar berikut.

Stok opname yang sudah selesai dihitung akan memiliki tampilan form seperti gambar berikut.

Perhatikan produk yang sudah selesai dihitung tidak dapat diubah kuantitas stoknya lagi, jadi pastikan stok sudah sesuai yang diinginkan sebelum selesai menghitung. Status nya juga akan berubah menjadi Menunggu Persetujuan seperti gambar di bawah ini.

Demikian langkah-langkah untuk melakukan perhitungan stok produk pada modul Stok Opname di toko Anda. Setelah perhitungan produk selesai dibuat dan diajukan, maka stok opname tersebut akan disetujui. Untuk melakukan persetujuan terhadap perhitungan produk, silahkan baca pada artikel Melakukan Persetujuan (Approval).

Apakah Anda menemukan jawaban?