Transfer out ke supplier / pemasok digunakan untuk mengirim balik barang yang dianggap tidak layak diterima atau ingin dikembalikan.

Pembuatan Data Transfer Out

Untuk mengetahui cara mengirim barang / transfer out ke supplier, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Masuk ke dalam menu Katalog lalu sub-menu Transfer. Klik Tambah Transfer.

Langkah 2: Pada tampilan yang muncul, silahkan isi bagian Umum yang dimana Anda dapat memilih produk yang ingin di transfer dengan klik fitur Find Products. Produk yang bisa dipilih hanya produk-produk yang mengaktifkan fitur pencatatan stok dengan iSeller.

Pada panel tersebut, Anda juga dapat mengisi jumlah yang ingin ditransfer masuk pada kolom Jumlah.

Langkah 3: Pada panel Rincian, Anda dapat mengisi informasi detail mengenai kegiatan transfer yang dilakukan. Pada informasi Jenis Transfer, silahkan pilih Keluar lalu pada informasi Jenis Transfer Keluar, silahkan pilih Pengembalian ke Supplier. Untuk informasi Dari Outlet, Anda dapat memilih outlet mana yang akan mengembalikan produk tersebut. Pada informasi Kepada Pemasok, Anda dapat memilih pemasok mana yang akan menerima pengembalian barang tersebut.

Langkah 4: Panel Rincian Tambahan memungkinkan Anda untuk menambahkan Nomor Referensi dan Tags yang kemudian dapat memudahkan Anda untuk mencari daftar Transfer Out tersebut.

Langkah 5: Setelah itu Anda dapat memilih metode transfer yang diinginkan. Terdapat 2 metode transfer untuk pengiriman barang ke supplier:

  • Otomatis: Jika fitur yang kami kotaki di atas diaktifkan, maka akan langsung mengurangi stok barang pada outlet yang dipilih ketika Anda menyimpan data transfer out.
  • Manual: Jika fitur yang kami kotaki di atas dimatikan, maka stok tidak akan berkurang sebelum mulai transfer dilakukan. Untuk mengetahui tentang mulai transfer, silahkan baca langkah di bawah mengenai Memulai Pengiriman Barang (Manual).

Langkah 6: Setelah semua panel sudah diisi, silahkan klik tombol Simpan untuk menyimpan dan melaksanakan Transfer Out dari produk tersebut.

Memulai Pengiriman Barang (Otomatis)

Setelah Anda membuat data transfer out, selanjutnya adalah pengiriman barang.

Jika Anda mengaktifkan mulai transfer secara otomatis, ketika data transfer out disimpan, maka stok barang akan langsung berkurang pada outlet asal. Stok kuantitas barang yang ditransfer juga tidak dapat diubah lagi ketika proses transfer sudah dimulai.

Memulai Pengiriman Barang (Manual)

Jika Anda tidak mengaktifkan pengiriman otomatis, maka status dari transfer tersebut akan berubah menjadi Menunggu Pengiriman dan Anda harus memilih Mulai Transfer untuk memulai proses pengiriman barang.

Setelah Anda melakukan mulai transfer yang berarti mengirim barang ke supplier, maka stok pada gudang Anda akan berkurang.

Timeline

Pada bagian Timeline, Anda dapat menambahkan catatan internal seperti kenapa produk tersebut dikembalikan kepada supplier.
Dan Anda juga dapat melihat aktivitas transfer barang seperti gambar berikut.

Apakah Anda menemukan jawaban?