Anda dapat menambahkan negara tujuan yang ingin toko online Anda dukung untuk pengiriman produk pada toko online dengan menggunakan pengaturan pengiriman kurir pribadi.

iSeller menyediakan 2 fitur dimana Anda dapat menambah biaya pengiriman berdasarkan berat atau berdasarkan harga.

Anda dapat melakukan tambah biaya atau ubah biaya pengiriman yang sudah ada pada panel Rincian Biaya Pengiriman di bagian Biaya berdasarkan berat seperti yang ditandai di bawah ini.

Untuk menambahkan kurir baru, silakan klik Tambah Biaya. Masukkan Logo dan Nama Kurir Pribadi Anda pada bagian atas.

Selanjutnya Anda harus memberikan estimasi Lama Pengiriman pada bagian Estimasi Sampai. Estimasi ini berlaku untuk seluruh Provinsi yang Anda pilih sebelumnya. Jadi perkirakan dengan baik berapa hari yang dibutuhkan untuk mengantarkan pesanan ke luar pulau. Jika ingin menentukan beda biaya per provinsi, silakan tambah 1 data negara yang sama dengan provinsi berbeda.

Berat minimum dan maksimum digunakan untuk menentukan kapan pelanggan dapat memilih kurir terkait. Sebagai contoh, jika Anda memasukan berat 5 kg sebagai berat minimum dan berat maksimum 19 kg, maka pelanggan hanya dapat memilih kurir ini ketika barang belanjaan online nya di atas 5 kg tapi masih di bawah 19 kg.

Untuk mengatur berat produk, silakan baca halaman Pengaturan Berat Produk.

Masukkan biaya pengiriman pada bagian jumlah biaya. Perhatikan bahwa biaya pengiriman pada bagian ini bersifat flat, atau tidak akan bertambah selama berat produk masih berada dalam rentang berat minimum dan maksimum.

Sebagai contoh, Anda memasukan Rp. 10.000 sebagai biaya pengiriman. Lalu ada pelanggan A yang membeli produk Anda dengan berat produk 6 kg. Dan ada pelanggan B yang membeli produk dengan berat 15 kg. Kedua Pelanggan tersebut akan membayar biaya pengiriman yang sama karena masih berada dalam rentang berat minimum dan berat maksimum.

Mengatur Penambahan Biaya dengan Kelipatan

Jika Anda ingin menambah biaya setiap berat naik, Anda dapat mengaktifkan fitur Aktifkan Penambahan Biaya untuk menambah biaya sesuai kelipatan.

Setelah terbuka pengaturan tambahan. masukkan jumlah biaya yang ingin ditambahkan per peningkatan berat barang.

Dari contoh di atas, biaya 5 kg pertama adalah Rp 10.000 dan akan naik Rp 1.000 setiap 1 kg selanjutnya. Produk seberat 6 kg akan menjadi Rp 11.000, produk seberat 10 kg akan menjadi Rp 15.000 dan seterusnya.

Jika Anda perhatikan, rata-rata kurir pengiriman di Indonesia menggunakan sistem penambahan biaya ini. Sebagai contoh, JNE yang mengenakan penambahan biaya 100% per setiap 1 kg.

Selanjutnya Anda tinggal klik Terapkan untuk menyelesaikan pengaturan. Dengan demikian Anda sudah melakukan pengaturan Kurir Pribadi Anda berdasarkan berat. Klik Save untuk menyimpan pengaturan.

Biaya Pengiriman Gratis

Jika Anda tidak ingin mengenakan biaya pengiriman kepada pelanggan Anda, Anda dapat mengatur biaya pengiriman gratis.

Silakan aktifkan tombol pada fitur Pengiriman Gratis di bagian bawah.

Selanjutnya Anda bisa memasukkan Logo, Nama Kurir dan Estimasi Sampai. Setelah itu Anda dapat menentukan rentan berat dimana pengiriman ingin digratiskan.

Dalam contoh di atas, pengiriman akan digratiskan ketika berat belanja di antara 50 kg dan 1000 kg.

Selanjutnya klik Terapkan untuk menyelesaikan penambahan kurir. Dan setelah selesai, Anda bisa klik Save pada bagian kanan atas halaman untuk menyelesaikan pengaturan.

Tampilan Checkout

Setelah selesai, kurir yang Anda tambahkan akan tampil ketika pelanggan melakukan checkout seperti gambar di bawah.

Apakah Anda menemukan jawaban?