Pengiriman Internasional adalah layanan yang mendukung pengiriman ke luar negeri. Ongkos kirim yang tertera saat checkout akan dihitung sesuai alamat yang Anda atur pada halaman pengaturan alamat kirim.

Untuk pengaturan pengiriman internasional, silahkan klik logo pena seperti gambar di bawah.

Berbeda dengan pengiriman domestik, pada pengaturan pengiriman international, Anda bisa memilih negara tujuan yang dapat berbelanja di toko online Anda. Sebagai contoh Anda hanya ingin berjualan di luar negeri pada negara-negara tertentu saja seperti Singapore, Malaysia, dan Jepang.

Selanjutnya pada bagian servis, Anda bisa memilih jenis layanan kurir yang diinginkan. Anda dapat mempelajari tentang pengiriman dengan DHL di website resmi DHL Indonesia. Anda juga dapat membandingkan biaya servis pengiriman yang disediakan oleh DHL.

Selanjutnya Anda bisa mengatur pengiriman gratis, jika ingin membebaskan pelanggan dari biaya kirim. Silakan aktifkan fitur pengiriman gratis seperti gambar berikut.

Lalu akan terbuka pengaturan tambahan seperti gambar di bawah.

Informasi Terapkan Untuk digunakan untuk mengatur jenis layanan apa saja yang ingin Anda kenakan pengiriman gratis. Anda hanya bisa memilih salah satu atau semua layanan. Jika ingin memilih beberapa pengiriman untuk digratiskan, Anda bisa mengaturnya pada menu promosi. Baca lebih lanjut pada artikel Kondisi Promosi di sub judul Diskon Berdasarkan Pengiriman.

Anda juga bisa mengatur harga maksimum potongan. Sebagai contoh, jika Anda memasukan Rp 15.000 sebagai harga maksimum, untuk biaya Rp 15.000 pertama akan digratiskan saat pelanggan melakukan checkout. Anda juga bisa mengisi 0 (nol) untuk biaya tak terhingga, yang berarti pelanggan akan mendapatkan potongan penuh untuk biaya pengiriman, berapapun biayanya.

Pada bagian penyesuaian, Anda bisa menambahkan biaya kirim yang akan dikenakan kepada Pelanggan untuk mengantisipasi jikalau ada biaya tambahan dari pihak kurir. Anda bisa menambahkan biayanya berdasarkan persentasi dan/atau jumlah.

Masukkan persentasi jika Anda ingin biaya penyesuaian dihitung dari biaya kirim. Contohnya, Anda memasukkan 10% sebagai biaya penyesuaian. Jika biaya kirim adalah Rp 9.000, maka biaya penyesuaian yang akan dikenakan adalah Rp 900, dan total biaya yang akan dibayarkan pelanggan sebagai biaya kirim adalah Rp 9.900. Biaya penyesuaian dengan persentase akan berubah-ubah tergantung besar biaya kirim.

Jika Anda tidak ingin biaya penyesuaian yang berubah-ubah, Anda bisa memilih penghitungan berdasarkan jumlah. Sebagai contoh, jika Anda memasukan Rp 1.000 dan biaya kirim adalah Rp 9.000, maka total biaya kirim yang akan dikenakan kepada Pelanggan adalah Rp 10.000.

Pada bagian Informasi Akun, iSeller menyediakan fitur dimana Anda dapat memasukkan API Key dan Username pribadi sesuai dengan kurir terkait. Semua transaksi pengiriman akan tercatat oleh kurir atas nama API Key dan Username yang didaftarkan. Biaya pengiriman akan tetap terpotong pada setoran payout.

Klik Simpan untuk menyimpan pengaturan.

Apakah Anda menemukan jawaban?