Pengiriman domestik adalah layanan pengiriman dalam negeri. Negara yang dimaksud adalah negara diatur pada halaman pengaturan alamat kirim.

Klik ubah pada salah masing-masing kurir terintegrasi untuk melakukan pengaturan.

Pada pengaturan pengiriman domestik, Anda bisa langsung memilih jenis layanan kurir yang ingin Anda gunakan pada panel servis. 

Sebagai contoh pada pengaturan pengiriman domestik dengan kurir terintegrasi JNE, Anda bisa memilih jenis layanan yang disediakan JNE yang dapat Anda lihat di bawah ini.

Pada layanan JNE, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan servis REG, CTC, YES, dan CTCYES. Layanan ini merupakan layanan yang didapatkan dari integrasi sistem JNE melalui API. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang JNE, silakan kunjungi websitenya di JNE Express.

Selanjutnya Anda bisa mengatur pengiriman gratis, jika ingin membebaskan pelanggan dari biaya kirim. Silakan aktifkan fitur pengiriman gratis seperti gambar berikut.

Lalu akan terbuka pengaturan tambahan seperti gambar di bawah.

Informasi Terapkan Untuk digunakan untuk mengatur jenis layanan apa saja yang ingin Anda kenakan pengiriman gratis. Anda hanya bisa memilih salah satu atau semua layanan. Jika ingin memilih beberapa pengiriman untuk digratiskan, Anda bisa mengaturnya pada menu promosi. Baca lebih lanjut pada artikel Kondisi Promosi di sub judul Diskon Berdasarkan Pengiriman.

Anda juga bisa mengatur harga maksimum potongan. Sebagai contoh, jika Anda memasukan Rp 15.000 sebagai harga maksimum, untuk biaya Rp 15.000 pertama akan digratiskan saat pelanggan melakukan checkout. Anda juga bisa mengisi 0 (nol) untuk biaya tak terhingga, yang berarti pelanggan akan mendapatkan potongan penuh untuk biaya pengiriman, berapapun biayanya.

Pada bagian penyesuaian, Anda bisa menambahkan biaya kirim yang akan dikenakan kepada Pelanggan untuk mengantisipasi jikalau ada biaya tambahan dari pihak kurir. Anda bisa menambahkan biayanya berdasarkan persentasi dan/atau jumlah.

Masukkan persentasi jika Anda ingin biaya penyesuaian dihitung dari biaya kirim. Contohnya, Anda memasukkan 10% sebagai biaya penyesuaian. Jika biaya kirim adalah Rp 9.000, maka biaya penyesuaian yang akan dikenakan adalah Rp 900, dan total biaya yang akan dibayarkan pelanggan sebagai biaya kirim adalah Rp 9.900. Biaya penyesuaian dengan persentase akan berubah-ubah tergantung besar biaya kirim.

Jika Anda tidak ingin biaya penyesuaian yang berubah-ubah, Anda bisa memilih penghitungan berdasarkan jumlah. Sebagai contoh, jika Anda memasukan Rp 1.000 dan biaya kirim adalah Rp 9.000, maka total biaya kirim yang akan dikenakan kepada Pelanggan adalah Rp 10.000.

Pada bagian Informasi Akun, iSeller menyediakan fitur dimana Anda dapat memasukkan API Key dan Username pribadi sesuai dengan kurir terkait. Semua transaksi pengiriman akan tercatat oleh kurir atas nama API Key dan Username yang didaftarkan. Biaya pengiriman akan tetap terpotong pada setoran payout.

Klik Simpan untuk menyimpan pengaturan.

Apakah Anda menemukan jawaban?