iSeller menyediakan fitur penampilan harga dalam mata uang asing dengan menggunakan fitur multiple currencies. Secara otomatis, toko online iSeller Anda akan menampilkan harga dengan mata uang yang diatur di halaman pengaturan umum.

Untuk mengaktifkan multiple currencies, pertama buka halaman Sales Channel > Toko Online, lalu pada bagian Preferensi Mata Uang, silakan aktifkan fitur multiple currencies seperti gambar di bawah.

Klik Tambah Mata Uang untuk menambah pilihan mata uang pada toko online Anda. Setelah itu, akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah.

Klik tombol di bagian Gunakan Nilai Tukar Otomatis untuk menggunakan nilai tukar dari European Central Bank. Nilai tukar otomatis akan diperbaharui secara otomatis setiap hari pada jam 7 pagi.

Jika mata uang yang Anda inginkan tidak tersedia pada pengaturan otomatis atau Anda ingin memasukkan nilai tukar sendiri, silakan gunakan nilai tukar manual seperti yang ditandai di bawah ini.

Selanjutnya Anda dapat mengubah mata uang yang ingin pertama kali ditampilkan ketika pelanggan membuka toko online Anda dengan mengaktifkan fitur terapkan sebagai default. Klik Terapkan, lalu klik Simpan pada pojok kanan atas untuk menyelesaikan pengaturan.

Tampilan Toko Online

Setelah Anda mengaktifkan multiple currencies, pada saat pelanggan mengunjungi toko online Anda, mereka bisa memilih mata uang seperti yang sudah ditandai di bawah ini. Tampilan mungkin berbeda-beda tergantung tema yang dipilih.

Jika mereka memilih USD sebagai mata uang, maka semua harga produk akan di ubah ke dalam Dollar Amerika berdasarkan pengaturan nilai tukar yang sudah dilakukan sebelumnya.

Pada saat checkout, biaya pengiriman pun akan diubah ke dalam Dollar Amerika untuk memudahkan perhitungan biaya total.

Pembayaran Checkout

Jika toko Anda menggunakan mata uang IDR (Indonesia Rupiah) dan pelanggan Anda melakukan checkout menggunakan USD (United States Dollar), maka pilihan pembayaran yang tersedia hanya kartu kredit iSeller Pay seperti gambar di bawah.

Hal ini dikarenakan hanya pembayaran menggunakan kartu kredit yang dapat melakukan konversi nilai tukar secara otomatis. Catatan penting yang harus Anda ketahui adalah tampilan pada toko online dan checkout hanya merupakan tampilan perkiraan harga. Harga sesungguhnya yang akan dikenakan kepada tagihan pelanggan adalah harga asli dari produk dikalikan nilai tukar yang berlaku di bank yang digunakan oleh pelanggan saat checkout.

Informasi ini dapat dibaca pelanggan pada saat checkout di panel Keranjang seperti yang Anda lihat pada gambar di atas.

Penerimaan Pembayaran dan Pemenuhan

Setelah pelanggan selesai berbelanja, maka pesanan tersebut akan masuk ke modul pesanan. Langkah selanjutnya adalah menunggu penerimaan pembayaran. Perlu Anda ketahui jika uang yang akan disetor (payout) ke rekening Anda adalah mata uang toko yang Anda atur di pengaturan umum.

Contoh mata uang toko IDR dan pelanggan checkout dengan USD. Harga pesanan pada saat checkout adalah Rp 45.000 dan nilai tukar bank otomatis oleh European Central Bank yang berlaku pada saat itu adalah $1 = Rp 15.000, tapi bank yang digunakan untuk checkout memiliki nilai tukar $1 = Rp 14.500. Dalam kasus ini, tampilan pada toko online Anda, barang tersebut akan memiliki harga $3, tapi tagihan yang diterima pelanggan nantinya adalah $3.10.

Selanjutnya Anda dapat melakukan pemenuhan seperti biasa untuk mengirim barang melalui kurir yang dipilih pelanggan pada saat checkout.

Pengembalian Dana (Refund)

Untuk fitur pengembalian dana, perlu menjadi catatan bahwa pada saat setoran terjadi, pemotongan refund akan dihitung menggunakan mata uang toko. Pelanggan akan mendapatkan dana sesuai nilai tukar yang berlaku pada saat Anda melakukan refund.

Contoh mata uang toko IDR dan pelanggan checkout dengan USD. Harga pesanan pada saat checkout adalah Rp 45.000 dan nilai tukar bank yang digunakan untuk checkout pada saat itu adalah $1 = Rp 15.000, maka pelanggan akan ditagih sebesar $3. Saat melakukan refund, nilai tukar bank yang berlaku adalah $1 = Rp. 15.500, maka dalam kasus refund ini, setoran Anda akan dikurangi sebanyak Rp 45.000 dan pelanggan akan menerima pengembalian dana sebesar $2.9.

Apakah Anda menemukan jawaban?