Untuk memaksimalkan toko online, Anda dapat menggunakan lebih dari satu bahasa. Terdapat beberapa pengaturan bahasa yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Pengaturan Bahasa Toko Online
  • Pengaturan Bahasa Widget
  • Pengaturan Bahasa Menu, Konten dan Varian
  • Pengaturan Bahasa Deskripsi Produk
  • Pengaturan Bahasa Halaman Tambahan
  • Pengaturan Bahasa di Web Admin dan Halaman Checkout

Pengaturan Bahasa Toko Online

Bahasa toko online adalah bahasa yang digunakan toko online Anda secara umum. Untuk mengatur bahasa toko online Anda, Anda bisa klik Sales Channel, lalu pilih menu Toko Online. Scroll ke panel Konfigurasi Toko.

Scroll ke bawah ke bagian Preferensi Bahasa. Ada 2 jenis pengaturan yang dapat dilakukan yaitu :

  • Satu Bahasa: Jika Anda hanya ingin menggunakan 1 bahasa untuk toko online Anda.
  • Banyak Bahasa: Jika Anda ingin menggunakan 2 bahasa atau lebih untuk toko online Anda.

Satu Bahasa

Jika Anda hanya ingin menggunakan 1 bahasa untuk toko online Anda, silakan pilih bahasa pada bagian Preferensi Bahasa seperti gambar di bawah.

Lalu klik Simpan pada pojok kanan atas untuk menerapkan bahasa pada toko online Anda. Silakan akses halaman toko online iSeller Anda untuk mencoba bahasa yang sudah dipasang.

Banyak Bahasa

Jika Anda ingin menerapkan 2 atau lebih bahasa untuk toko online Anda, silakan aktifkan fitur Banyak Bahasa seperti gambar di bawah. 

Setelah itu Anda dapat menambah bahasa sesuai kebutuhan pada bagian selanjutnya. Klik Tambah Bahasa, lalu klik Indonesia sebagai bahasa kedua.

Dengan begitu Bahasa Indonesia sudah ditambahkan ke pilihan bahasa toko online anda. Klik Simpan untuk menyimpan pengaturan.

Ketika Anda menggunakan banyak bahasa, akan terdapat menu pilihan bahasa pada toko online Anda. Karena bahasa Inggris diatur sebagai bahasa default, maka pada saat pertama kali terbuka, toko online Anda akan menggunakan bahasa Inggris.

Untuk mengganti bahasa default, Anda bisa klik tombol Tetapkan Sebagai Default di sebelah bahasa yang diinginkan pada pengaturan bahasa Toko Online Anda seperti gambar di bawah.

Pengaturan Bahasa Widget

Anda juga dapat melakukan pengaturan bahasa spesifik untuk setiap widget toko online Anda.

Sebagai contoh, pada widget Top Selling. Anda bisa mengatur agar judul Top Selling berubah menjadi Paling Laku ketika anda mengganti bahasa Toko Online menjadi Bahasa Indonesia.

Setelah Anda mengaktifkan fitur banyak bahasa pada toko online, maka Anda dapat mengubah bahasa yang tampil pada editor tema seperti gambar di bawah.

Untuk mengubah tulisan Top Selling menjadi Paling laku, pilih bahasa menjadi Indonesia.

Selanjutnya Anda bisa klik widget yang ingin Anda ubah bahasanya. Dalam contoh ini, klik Featured Collection (Top Selling).

Pada informasi Heading, Anda bisa mengubah judul Top Selling menjadi Paling Laku.

Anda juga dapat mengubah tulisan bahasa Inggris nya dengan cara memilih bahasa Inggris pada editor tema, dan mengubah informasi Heading. Dengan begitu, pelanggan akan ditampilkan teks sesuai yang Anda pasang pada masing-masing bahasa.

Setelah itu Anda dapat melakukan Simpan Konsep untuk menyimpan pengaturan atau pilih Publikasi untuk menerapkan langsung pada toko online Anda.

Pengaturan Bahasa Menu, Konten dan Varian

Selanjutnya Anda bisa mengatur bahasa Menu & Pilihan Menu, Konten dan Varian pada toko online Anda. Silakan klik Editor Bahasa pada bagian preferensi bahasa.

Pada halaman ini, Anda dapat mengubah kata-kata yang digunakan pada setiap pilihan bahasa. Silakan pilih bahasa yang ingin diubah terlebih dahulu pada pilihan bahasa di bagian kanan atas.

Selanjutnya Anda bisa memilih kata-kata mana yang ingin diterjemahkan. iSeller sudah mengelompokkan berdasarkan tipe yang dapat Anda lihat pada Navigasi di bagian sebelah kanan.

Jika Anda memiliki varian produk, Anda dapat penerjemahkan kata yang Anda gunakan seperti warna baju merah menjadi red. Silakan klik Varian pada Navigasi di sebelah kanan atau scroll ke bawah untuk melakukan pengaturan bahasa.

Pada bagian ini, Anda dapat menerjemahkan varian yang Anda miliki sesuai dengan bahasa yang dipilih.

Klik Simpan untuk menyimpan pengaturan.

Pengaturan Bahasa Deskripsi Produk

Anda juga dapat menerjemahkan setiap deskripsi produk sesuai dengan bahasa yang dipilih.

Silakan masuk ke menu Katalog, lalu pilih Produk. Selanjutnya silakan pilih produk yang ingin Anda atur deskripsinya. Sebagai contoh Back Twist Top ini.

Klik Lihat Deskripsi Tambahan.

Lalu klik Add Description untuk menambahkan deskripsi produk.

Pada kolom jenis ada beberapa jenis deskripsi. Untuk menambahkan deskripsi bahasa, silakan pilih Penerjemah Lengkap Deskripsi Produk (Toko Online) atau Penerjemah Deskripsi Produk (Toko Online).

Penerjemah lengkap memungkinkan Anda untuk menulis teks dengan format seperti bold, italic, dll. Anda juga dapat memasukkan gambar tambahan pada penerjemah lengkap.

Sebelum Anda menuliskan deskripsi, perhatikan pilihan bahasa yang ada di sebelah kanan bawah. Sesuaikan bahasa deskripsi yang Anda tulis dengan pilihan bahasa Anda.

Jika ingin menambahkan terjemahan deskripsi dengan bahasa lain, silakan ganti pilihan bahasa. Konten deskripsi pada bahasa yang berbeda akan dikosongkan kembali dengan tujuan agar Anda dapat dengan mudah mengisi deksripsi bahasa yang diinginkan dengan cepat. Contohnya adalah seperti gambar berikut.

Setelah selesai menuliskan deskripsi di kedua bahasa, Anda bisa langsung klik Simpan untuk menyimpan deskripsi.

Dengan demikian Anda sudah berhasil mengatur bahasa deskripsi produk anda. Deskripsi Produk yang Anda buat bisa dilihat di Toko Online Anda pada saat pelanggan membuka halaman rincian produk.

Pengaturan Bahasa Halaman Tambahan

iSeller menyediakan fitur dimana Anda dapat menambahkan halaman tambahan sesuai kebutuhan Anda. Baca selengkapnya pada artikel Pengaturan Halaman.

Pada setiap halaman tersebut, Anda juga dapat menambah terjemahan jika mengaktifkan fitur banyak bahasa. Silakan ubah bahasa yang diinginkan pada bagian yang ditandai di bawah ini.

Anda harus mendefinisikan setiap bahasa yang diinginkan pada bagian konten halaman.

Pengaturan Bahasa di Web Admin dan Checkout

Untuk mengganti bahasa di web Admin dan halaman checkout, Anda bisa melakukannya di Pengaturan Umum.

Demikianlah Anda sudah mengatur bahasa untuk Toko Online, Widget, Menu, Konten, Varian dan Deskripsi Produk.

Apakah Anda menemukan jawaban?