Mengakhiri Shift

Artikel ini akan menjelaskan cara mengakhiri shift yang sedang berjalan di POS.

iSeller Care avatar
Ditulis oleh iSeller Care
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Artikel ini menjelaskan cara untuk mengakhiri sebuah shift yang sedang berjalan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui cara-cara mengakhiri sebuah shift.

Langkah 1

Pada tampilan POS Anda, silahkan klik logo tiga baris pada bagian pojok kiri atas tablet Anda untuk membuka menu. Lalu klik Register Shifts.

Langkah 2

Pada halaman register shifts selanjutnya, silahkan klik Close Shift

Langkah 3

Pada bagian deskripsi terdapat jumlah yang seharusnya ada dalam mesin kasir tersebut, dalam contoh ini adalah Rp 2.184.189 . Jumlah ini adalah hasil perhitungan dari float amount pada saat Memulai Shift ditambah dengan total transaksi yang terjadi pada saat shift.

Pengguna juga dapat mengganti Float Amount dengan jumlah uang yang sekarang ada pada mesin kasir.

Pengguna juga dapat memasukkan catatan apa saja dengan klik pada bagian Note. Contohnya jika Float Amount saat tutup shift lebih banyak, Anda dapat menambah catatan kelebihan Rp 100.000 karena ada pembeli yang tidak mau menerima pengembalian.

Langkah 4

Pada tampilan berikutnya, Anda dapat melakukan Penyesuaian Terakhir yang dimana pengguna bisa menambahkan atau mengurangi uang di dalam kasir untuk kepentingan tertentu. Contoh ambil Rp 500.000 sebagai keuntungan 1 shift dan sisanya akan digunakan sebagai modal untuk shift selanjutnya.

Untuk menambah uang, silahkan pilih Add pada Adjustment Type, dan untuk mengambil uang, silahkan pilih Remove.

Langkah 5

Ketika semuanya sudah yakin, klik OK untuk mengakhiri aktifitas Close Shift.

Langkah 6

Jika Anda ingin mencetak detail order pada saat mengakhiri shift. Anda dapat melakukannya dengan klik menu Settings, kemudian klik General.

Silahkan aktifkan Print Order Detail and Inventory used in register close shift pada item Print Register Shift Setting seperti gambar berikut.

Akan muncul tombol-tombol baru dengan keterangan sebagai berikut.

  • Enable Vendor : Jika tombol ini diaktifkan, Anda dapat melihat detail order dengan tambahan keterangan vendor pada produk yang terjual saat melakukan print.

  • Enable Product Type : Jika tombol ini diaktifkan, Anda dapat melihat detail order dengan tambahan keterangan tipe produk yang terjual saat melakukan print.

  • Enable Print Pre Closing Shift Report : Jika tombol ini diaktifkan, Anda dapat mengecheck laporan detail order yang sudah dilakukan sebelum Anda mengakhiri shift.

Jika Print Order Detail and Inventory used in register close shift sudah diaktifkan, maka detail order akan secara otomatis tercetak di mesin printer yang terhubung dengan POS Anda. Berikut adalah laporan penjualan yang tercetak dalam bentuk struk pada saat mengakhiri shift.

Pengaturan Mengakhiri Shift Sudah Selesai.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?