Setelah pembuatan toko online Anda selesai, iSeller menyediakan fitur dimana Anda dapat mengatur menu navigasi agar pelanggan yang berbelanja dapat dengan mudah melihat halaman-halaman yang tersedia pada toko online Anda. Pengaturan menu navigasi dapat diubah pada bagian header dan footer seperti contoh gambar di bawah ini.

Untuk mengatur menu navigasi, Anda bisa lihat pada Sales Channel > Toko Online. Lalu pilih Menu pada bagian atas halaman.

Secara default, sudah ada pengaturan menu navigasi yang dapat Anda ubah dan tambahkan sesuai dengan kebutuhan toko online Anda.

Untuk menambahkan menu navigasi, Anda bisa klik Tambah Menu pada bagian kanan atas halaman.

Kemudian, isi informasi nama untuk dipilih pada editor tema. Handle adalah kode unik yang akan terisi secara otomatis.

Selanjutnya Anda bisa mengatur pilihan menu. Pilihan menu merupakan navigasi yang dapat digunakan untuk membuka halaman-halaman yang Anda tentukan. Untuk menambahkan pilihan menu, silakan klik tombol Tambah Pilihan Menu.

Silakan isi nama pilihan menu pada kolom Nama. Nama Pilihan Menu ini lah yang selanjutnya akan tampil di Toko Online Anda dan bisa diklik oleh Pelanggan.

Lalu pilih Halaman Tujuan pada kolom Halaman. Halaman Tujuan adalah halaman yang dituju ketika Pelanggan klik salah satu Pilihan Menu.

Ada beberapa halaman tujuan yang dapat dipilih yaitu:

  • Beranda: Membuka halaman beranda / home pada toko online iSeller.
  • Produk: Membuka halaman produk tertentu. Setelah memilih produk, akan muncul informasi tambahan di sebelah kanan agar Anda dapat memilih produk mana yang ingin diasosiasikan. Untuk menambah produk, silakan baca artikel Pengaturan Produk.
  • Semua Produk: Membuka halaman yang menampilkan semua produk yang ditambahkan pada sistem produk iSeller.
  • Koleksi: Membuka halaman koleksi tertentu. Setelah memilih koleksi, akan muncul informasi tambahan di sebelah kanan agar Anda dapat memilih koleksi mana yang ingin diasosiasikan. Untuk menambah koleksi , silakan baca pengaturan koleksi.
  • Semua Koleksi: Membuka halaman yang menampilkan semua koleksi yang ditambahkan pada pengaturan koleksi.
  • Tipe Produk: Menampilkan halaman produk dengan tipe produk yang Anda pilih. Setelah memilih tipe produk, akan muncul informasi tambahan di sebelah kanan agar Anda dapat memilih tipe produk mana yang ingin diasosiasikan. Untuk mengatur tipe produk, silakan baca artikel Pengaturan Produk.
  • Semua Tipe Produk: Membuka halaman yang menampilkan semua tipe produk yang ditambahkan pada pengaturan produk.
  • Vendor: Menampilkan halaman produk dengan vendor produk yang Anda pilih. Setelah memilih vendor, akan muncul informasi tambahan di sebelah kanan agar Anda dapat memilih vendor mana yang ingin diasosiasikan. Untuk mengatur vendor, silakan baca artikel Pengaturan Produk.
  • Semua Vendor: Membuka halaman yang menampilkan semua vendor produk yang ditambahkan pada pengaturan produk.
  • Halaman: Membuka halaman tertentu yang Anda pilih. Setelah memilih halaman, akan muncul informasi tambahan di sebelah kanan untuk memilih halaman apa yang ingin diakses. Untuk menambah halaman, silakan baca artikel Pengaturan Halaman.
  • Akun: Membuka halaman default yang ada pada toko online iSeller. Setelah memilih akun, Anda dapat memilih untuk membuka halaman rincian akun, halaman login, halaman pesanan, halaman pendaftaran, atau halaman Wish List.
  • Alamat Web: Membuka halaman website tertentu yang Anda tentukan seperti menyambungkan instagram, facebook, dan lain-lain.
  • Matikan Halaman: Mematikan link menu jika sementara halaman yang ingin diakses sedang dalam perbaikan.

Jika toko online Anda mengaktifkan fitur banyak bahasa, maka Anda dapat mengatur bahasa di masing-masing menu. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca artikel Pengaturan Bahasa.

Menempatkan Menu Navigasi

Untuk mengatur penempatan menu navigasi di toko online Anda, silakan buka Sales Channel > Toko Online. Pilih menu Tema pada bagian atas halaman, lalu klik tombol Ubah untuk masuk ke editor tema.

Klik header atau footer untuk membuka pengaturan seperti pada gambar.

Menu navigasi yang dimasukkan pada bagian header akan menjadi menu utama yang tampil pada bagian atas halaman.

Anda bisa memilih menu navigasi yang ingin ditampilkan pada informasi Menu seperti yang sudah ditandai pada gambar di bawah.

Menu navigasi yang dimasukkan pada bagian footer akan tampil pada bagian bawah halaman.

Untuk menambahkan menu navigasi, klik tanda tambah kecil di sebelah kolom Items. Lalu pilih Menu Link.

Masukkan nama yang ingin ditampilkan sebagai judul pada informasi Heading.

Lalu pilih menu navigasi yang ingin dimasukkan pada informasi Menu.

Pilih Simpan Konsep pada menu di pojok kanan atas untuk menyimpan pengaturan yang Anda pilih. Untuk menerapkan perubahan ke toko online Anda, silakan pilih Publikasi.

Dengan demikian Anda sudah selesai melakukan pengaturan menu navigasi pada toko online Anda. Seperti yang Anda lihat pada editor tema di atas, banyak widget yang dapat ditambahkan untuk mengatur tampilan halaman beranda dari toko online Anda. Untuk mempelajari tentang masing-masing widget, silakan baca artikel Pengaturan Widget.

Apakah Anda menemukan jawaban?