Pada artikel Pengaturan Berat Produk, Anda disarankan untuk memasukkan berat paket ke dalam berat produk agar kelebihan berat yang berasal dari bungkusan tidak akan dikenakan kepada Anda. Namun, Anda juga bisa memasukkan berat paket secara umum.

Silakan pergi ke Pengaturan > Pengiriman, lalu scroll ke bawah ke panel Paket.

Anda dapat melihat 3 jenis paket yang sudah tersedia.

  • Small Box dengan berat 0,18 kg
  • Medium Box dengan berat 0,25 kg
  • Large Box dengan berat 0,5 kg

Anda bisa mengatur salah satu paket yang sudah tersedia tersebut sebagai paket default Anda. Paket default adalah jenis paket yang beratnya akan ikut dihitung pada setiap pembelian di toko online Anda.

Sebagai contoh, Anda memilih Small Box sebagai paket default. Lalu pelanggan A membeli produk A dengan berat 5 kg, dan produk B dengan berat 3 kg. Berat Small Box sebesar 0,18 kg akan ditambahkan di akhir setelah berat semua produk ditambahkan, dan bukan ditambahkan pada masing-masing produk. Jadi berat total adalah 8,18 kg.

Anda bisa memakai fitur ini jika Anda sudah yakin dengan jenis paket yang akan Anda gunakan. Untuk memilih paket default, Anda bisa klik tombol Ubah di samping paket yang ingin dipilih.

Lalu klik tombol Tetapkan Sebagai Default dan klik Save untuk menyimpan.

Menambah Paket Kustom

Jika Anda merasa bahwa jenis paket yang tersedia kurang sesuai dengan yang Anda gunakan, Anda bisa menambahkan Paket Kustom dimana Anda bisa mengatur Volume dan Berat Paket sesuai dengan keinginan Anda. Silakan klik tombol Tambah Paket.

Lalu pada bagian Rincian Paket, silakan pilih Paket Kustom.

Silakan beri nama paket kustom Anda sesuai keinginan pada bagian Nama. Lalu masukkan Jenis, Ukuran dan Berat Paket pada bagian Rincian Paket.

Sebagai contoh, paket dengan nama Paket A memiliki jenis softpack dengan volume paket 30cm x 15cm x 10cm dan berat paket 0,3 kg.

Perlu Anda ketahui, jika Anda sudah menambahkan berat paket ke dalam berat produk pada saat Anda mendaftarkan berat produk Anda, berat paket pada paket default tetap akan ditambahkan ke berat total.

Jika Anda sudah menambahkan berat pada setiap produk dan Anda tidak ingin menambahkan berat paket lagi, maka Anda bisa menambahkan paket kustom dengan berat yang ringan.

Sebagai contoh, Paket B dengan volume 1cm x 1cm x 1cm. Untuk beratnya, karena tidak dapat memasukkan angka 0 (nol), maka Anda bisa memasukan 0,001 kg.

Setelah itu tentukan paket kustom tersebut sebagai paket default. Dengan demikian, pelanggan tidak akan dikenakan biaya penambahan berat paket.

Apakah Anda menemukan jawaban?