Pada editor tema, terdapat widget-widget yang dapat Anda gunakan di halaman beranda toko online Anda. Widget adalah fitur yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan gambar, konten tekstual, atau menampilkan sekelompok koleksi agar pengunjung website dapat dengan mudah mencari barang yang diinginkan.

Untuk mengatur widget, Anda bisa buka menu Sales Channel, lalu klik sub-menu toko online. Klik tema pada bagian atas halaman, lalu klik tombol ubah pada tema default untuk masuk ke editor tema.

Pada bagian kanan editor tema, Anda bisa melihat widget-widget yang sudah terpasang di toko online Anda. Anda bisa menghapus, menambahkan dan mengubah posisi widget-widget tersebut. Anda juga bisa mengedit masing-masing widget untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan toko online Anda.

Widget Utama

Terdapat 3 widget utama yang tidak dapat Anda hapus maupun Anda ubah susunannya, yaitu Header, Banner dan Footer. Anda masih bisa melakukan pengaturan terhadap ketiga widget tersebut untuk disesuaikan dengan toko online Anda. Berikut adalah fungsi dari masing-masing widget dan tampilannya.

Header

Header adalah bagian paling atas halaman toko online Anda yang sudah tersedia secara otomatis dan tidak dapat dihapus. Pada header, akan terdapat menu navigasi, pilihan bahasa, pilihan mata uang, pengaturan akun pelanggan, keranjang belanja dan pencarian.

iSeller menyediakan fitur dimana Anda dapat mengubah tampilan header sesuai dengan tema yang Anda pilih. Tampilan header juga akan berpengaruh ke tampilan menu navigasi pada browser smartphone.

Banner

Banner merupakan bagian yang merepresentasikan toko online Anda, bisa merupakan informasi toko online Anda, promosi yang sedang berjalan, event yang diadakan, dan sebagainya. Pada halaman toko online Anda, banner terletak setelah Header.

Sama seperti Header, Banner merupakan widget default yang tidak dapat Anda hapus maupun ubah posisinya. Banner default akan selalu berada di bawah Header. 

Selain grid banner, Anda juga dapat mengubah tampilan banner yang Anda inginkan sesuai kebutuhan. Silakan tekan tombol ubah seperti pada gambar.

iSeller menyediakan 4 jenis banner yaitu :

  • Grid Banner: Menampilkan banner berupa beberapa gambar yang sudah diatur tampilannya berupa grid yang unik.
  • Slide Show: Menampilkan banner berupa beberapa kumpulan gambar yang dapat berubah setiap satu waktu interval yang ditetapkan.
  • Featured Image: Menampilkan banner berupa satu gambar tetap dan tidak berubah-ubah.
  • Featured Video: Menampilkan banner berupa video. Ukuran file video disarankan yang sudah dikompres agar tidak memakan bandwidth yang terlalu besar.

Footer

Footer merupakan bagian bawah halaman toko online Anda yang berisi informasi kontak toko, sosial media, menu navigasi, metode pembayaran, dan metode pengiriman yang ada di toko online.

Widget Tambahan

Selain widget utama, Anda juga dapat menambah widget yang Anda dapat susun urutan dan tampilannya sesuai kebutuhan. Pilih tambah widget di bagian kanan bawah dan Anda akan diberi pilihan widget tambahan.

Featured Video

Merupakan widget yang bertipe video. Anda dapat mengunggah video pilihan Anda atau menggunakan video youtube untuk memperlihatkan fitur atau informasi tertentu. Kami menyarankan untuk melakukan kompres terhadap video Anda agar pengunjung website tidak memakan bandwidth yang terlalu besar.

Slide Show

Merupakan widget dengan tipe slideshow dimana Anda bisa memasukkan beberapa gambar dimana gambar tersebut dapat berubah-ubah dalam kurun waktu interval yang Anda tetapkan.

Grid Banner

Merupakan widget yang berisi kumpulan gambar dengan tampilan grid. Grid banner biasa digunakan untuk meng-highlight beberapa produk utama pada toko online Anda atau juga dapat berisikan informasi diskon atau promosi yang sedang berlangsung.

Featured Image

Merupakan widget yang berisi satu gambar statik. Anda bisa memasukkan informasi maupun link ke bagian tertentu pada gambar tersebut.

Featured Collection

Collection atau koleksi adalah kumpulan produk berdasarkan suatu kategori tertentu. Pada widget featured collection, Anda bisa menampilkan suatu koleksi tertentu yang sudah Anda buat sebelumnya. Untuk mempelajari tentang koleksi, Anda bisa membaca artikel Pengenalan Koleksi.

Collection List

Collection list adalah kumpulan koleksi-koleksi yang sudah Anda buat sebelumnya. Koleksi-koleksi tersebut akan ditampilkan secara beraturan seperti gambar di bawah ini.

Anda bisa mengatur masing-masing koleksi yang ditampilkan pada widget ini. Untuk mempelajari tentang koleksi, Anda bisa membaca artikel Pengenalan Koleksi.

Image List

Pada widget Image List, Anda bisa memasukkan gambar-gambar yang akan ditampilkan secara beraturan seperti gambar di bawah. Image list biasa digunakan untuk menampilkan galeri foto yang berhubungan dengan toko online Anda.

Featured Page

Di widget featured page ini, Anda bisa menampilkan halaman tertentu yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Untuk mempelajari tentang halaman, silakan baca artikel Pengaturan Halaman.

Image with Text

Anda juga bisa menampilkan gambar dengan teks dengan widget Image with Text. Pada widget ini, juga terdapat fitur tombol yang memungkinkan pengunjung website untuk membuka halaman tertentu.

Text List

Pada widget text list, Anda bisa membuat tulisan-tulisan singkat, bisa berupa informasi kepada pelanggan, dan sebagainya. Contohnya seperti gambar berikut.

Tidak hanya tulisan, jika Anda memiliki beberapa halaman, Anda juga dapat menampilkannya pada widget Text List. Di widget ini Anda bisa memasukkan 2 atau lebih halaman yang sudah Anda tambahkan. Halaman akan ditampilkan secara penuh, seperti gambar berikut.

Text List With Icon

Jika pada text list Anda bisa memasukkan tulisan atau halaman, pada widget Text List with Icon, Anda bisa memasukkan tulisan dengan icon. Contohnya seperti gambar berikut.

Custom Hypertext Markup

Di sini Anda bisa memasukkan tulisan sederhana dengan fungsi Bold, Italic dan Underline. Anda juga bisa memasukkan link tertentu pada widget ini.

Setelah Anda menambahkan widget Anda, Anda juga bisa mengubah susunannya maupun menghapus widget yang tidak diinginkan.

Mengubah Susunan Widget

Untuk mengubah susunan widget, Anda dapat menggunakan menu drag and drop di sebelah kanan. Silakan klik, tahan, lalu geser ke posisi yang Anda inginkan dan lepaskan.

Menghapus Widget

Untuk menghapus widget, silakan pilih pengaturan widget yang ingin Anda hapus.

Lalu klik Hapus Widget pada bagian bawah untuk menghapus.

Dan dengan demikian, Anda sudah mempelajari cara mengatur widget di toko online Anda. Untuk mempelajari cara mengedit masing-masing widget, Anda bisa klik link ke masing-masing widget yang sudah disediakan di atas.

Apakah Anda menemukan jawaban?