Untuk meningkatkan traffic akses untuk toko online Anda, iSeller menyediakan fitur agar toko online yang Anda miliki lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

SEO adalah pengaturan untuk meningkatkan kemungkinan toko online Anda ditemukan di mesin pencari pada saat orang mencari suatu kata atau kalimat yang berhubungan dengan halaman tertentu pada toko online Anda.

Silakan pergi ke Sales Channel > Toko Online. Lalu lihat panel Optimisasi Web seperti yang sudah kami tandai di bawah ini.

Ada beberapa pengaturan SEO yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • SEO Halaman Beranda: SEO untuk mempermudah pencarian halaman beranda / halaman home toko online Anda.
  • Pengaturan SEO halaman: SEO untuk mempermudah pencarian halaman-halaman toko online Anda. Halaman yang dimaksud adalah halaman ada pada pengaturan halaman.
  • Favicon: Menambahkan ikon website untuk mengoptimalisasikan pencarian.
  • Aplikasi Smartphone: Anda dapat menambahkan informasi pada website untuk memberitahu jika Anda memiliki aplikasi smartphone.
  • Optimalisasi: Fitur optimalisasi tambahan untuk halaman produk, google analytics, google tags, dan lain-lain.

Pengaturan SEO Beranda

Pada pengaturan ini, Anda bisa mengatur tampilan halaman beranda toko online di halaman pencarian.

Silakan lihat bagian Halaman Beranda SEO. Baris pertama merupakan judul halaman beranda, baris kedua adalah url atau alamat halaman beranda, dan baris ketiga merupakan deskripsi halaman beranda.

Anda bisa mengubahnya dengan menekan tombol ubah di bagian Halaman Beranda SEO. Lalu Anda bisa mengganti judul dan deskripsi pada pengaturan yang sudah ditandai di bawah ini.

Klik Simpan setelah selesai. Tampilan halaman beranda Anda pada mesin pencarian akan seperti gambar berikut.

Judul beranda juga akan tampil pada di judul tab browser Anda seperti gambar berikut.

Pada bagian deskripsi, diharapkan Anda memasukkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan website Anda sehingga ketika seseorang mencari pada search engine dengan kata kunci tersebut, website Anda memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk ditampilkan pada hasil pencarian.

Pengaturan SEO Halaman

Pada pengaturan ini, Anda bisa mengatur bagaimana halaman-halaman selain halaman beranda toko online Anda tampil di halaman pencarian.

Pada panel Optimisasi Web, silakan lihat bagian Halaman SEO. Sama halnya dengan halaman beranda, Anda bisa mengatur judul dan deskripsi tampilan halaman Anda pada mesin pencari. Klik tombol ubah pada bagian kanan atas.

Perhatikan bahwa Anda tidak perlu menuliskan judul halaman pada bagian ini. Tulisan {page} disini memiliki fungsi yang akan digantikan dengan judul masing-masing halaman secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengatur halaman Anda satu per satu.

Sebagai contoh, jika pada judul halaman tertulis {page} | Glamore, maka setiap halaman Anda akan tampil dengan format Judul Halaman | Glamore. Halaman Syarat & Ketentuan akan tampil dengan judul Syarat & Ketentuan | Glamore, lalu halaman Products akan tampil dengan judul Products | Glamore. Begitu pula dengan bagian deskripsi. Tulisan {page} ini akan digantikan dengan judul masing-masing halaman. Contohnya adalah seperti gambar berikut.

Jika Anda ingin menetapkan suatu deskripsi global untuk semua halaman, Anda bisa menggantinya di bagian deskripsi. Maka deskripsi yang Anda masukkan akan diterapkan ke semua halaman yang ada selain halaman beranda.

Menambahkan Favicon

Favicon adalah ikon toko online Anda yang akan tampil pada judul tab. Anda bisa mengunggahnya pada bagian Favicon pada panel Optimalisasi Web. Klik tombol Unggah untuk mengunggah gambar dari komputer Anda. 

Gambar yang diubah harus memiliki ratio 1:1 atau berbentuk persegi. Dan ukuran maksimal gambar adalah 250 KB. Lalu klik Simpan untuk menyimpan perubahan.

Setelah Anda mengunggah gambar, Anda bisa melihat favicon Anda pada tab browser Anda. Contohnya seperti gambar berikut.

Favicon yang Anda masukkan juga bisa menunjang pencarian toko online Anda pada pencarian gambar.

Menggunakan Aplikasi Seluler

Jika Anda memiliki aplikasi seluler untuk toko online Anda, silakan masukan iOS App ID dan Android App ID pada bagian Aplikasi Seluler di panel Optimisasi Web.

Untuk iOS, id aplikasi Anda bisa didapatkan dengan membuka apple app store di browser, lalu pada url aplikasi, angka yang berada setelah tukisan id adalah id aplikasi Anda. Sebagai contoh, aplikasi iSeller Admin di app store. URL aplikasinya adalah https://itunes.apple.com/id/app/iseller-admin/id1279627776?mt=8. Maka id aplikasinya adalah 1279627776

Untuk android, Anda bisa buka google play store pada browser, lalu pilih aplikasi Anda. Pada url aplikasi, id aplikasi Anda berada setelah tulisan id=. Sebagai contoh, aplikasi iSeller Admin di google play store. URL aplikasinya adalah https://play.google.com/store/apps/details?id=iSeller.Android.v2&hl=en. Maka id aplikasi iSeller Admin adalah iSeller.Android.v2.

Masukkan id aplikasi tersebut pada bagian Aplikasi Smartphone di panel Optimisasi Web. Lalu klik Simpan pada pojok kanan atas.

Jika Anda menggunakan fitur ini, link menuju aplikasi Anda akan muncul pada bagian atas browser ketika pelanggan membuka toko online Anda melalui browser ponsel. Link yang muncul akan otomatis disesuaikan dengan tipe sistem operasi ponsel pelanggan. Contohnya seperti gambar berikut.

Pengaktifan Fitur Optimalisasi

Pada bagian Optimalisasi di panel Optimisasi, Anda dapat mengaktifkan beberapa fitur yaitu :

  • Search Engine Optimization (SEO) untuk produk
  • Google Analytics
  • Google Tags
  • Facebook Pixel

Search Engine Optimization (SEO)

Selain bisa mengatur SEO beranda dan halaman, Anda bisa mengatur SEO untuk setiap produk yang Anda miliki. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan baca artikel Pengaturan SEO (Search Engine Optimization) untuk halaman produk.

Google Analytics

Google Analytics merupakan fitur dari Google yang memungkinkan Anda untuk melihat overview toko online Anda, seperti statistik pengunjung dan sebagainya. Untuk mengatur integrasi fitur ini, silakan minta bantuan kepada tim support iSeller pada jam-jam operasional yang sudah ditentukan.

Google Tags

Google Tags merupakan fitur dari Google yang memungkinkan Anda untuk menggunakan tags untuk mempermudah pencarian pada mesin pencari. Untuk mengatur integrasi fitur ini, silakan minta bantuan kepada tim support iSeller pada jam-jam operasional yang sudah ditentukan.

Facebook Pixel

Facebook Pixel merupakan fitur yang bisa menghubungkan toko Anda dengan Facebook Store. Untuk mengatur integrasi fitur ini, silakan minta bantuan kepada tim support iSeller pada jam-jam operasional yang sudah ditentukan.

Demikianlah Anda sudah melakukan pengaturan SEO. Perhatikan, SEO tidak menjamin bahwa pencarian toko online Anda akan langsung muncul pada halaman pertama di mesin pencari. Hal ini dikarenakan mesin pencari juga mempertimbangkan hal-hal lain seperti halaman yang paling sering dicari oleh pengguna, traffic website, kesesuaian judul dengan konten halaman, dan lain-lain.

Apakah Anda menemukan jawaban?