Jika Anda sudah memiliki website pribadi untuk berjualan dan ingin mencatat semua penjualan pada sistem iSeller, Anda dapat melakukan integrasi checkout pada website Anda untuk mencatat pesanan yang masuk.

Anda dapat menemukan pengaturan fitur ini pada menu Sales Channel. Klik Toko Online untuk masuk ke pengaturan Toko Online Anda.

Pada panel Konfigurasi Toko, silahkan lihat Preferensi Toko Online. Silahkan ubah fitur Akses Toko Online menjadi Gunakan Website Sendiri.

Setelah itu akan muncul informasi URL Toko Online, di sini Anda dapat memasukkan alamat toko pribadi Anda agar ketika pelanggan mengakses toko iSeller, pelanggan akan dikirim ke alamat toko yang Anda isi.

Berikut adalah contoh website personal dari iSeller. Silakan masukan alamat https://www.isellercommerce.com/store. Anda akan terhubung dengan website kami yang dikhususkan untuk penjualan produk iSeller.

Pada gambar diatas, anda bisa lihat bahwa website tersebut tidak menggunakan desain dari tema yang disediakan iSeller, melainkan memiliki desain dan sistem sendiri.

Pembuatan toko iSeller menggunakan nama Intersoft Solutions, maka iSeller menyediakan toko dengan alamat intersoftsolutions.isellershop.com, tapi karena informasi URL Toko Online diisi dengan alamat website personal, maka ketika pelanggan membuka toko iSeller (intersoftsolutions.isellershop.com), pelanggan akan dikirim ke URL Toko Online yang sudah diisi (https://www.isellercommerce.com/store).

Mengirim Data ke Checkout iSeller

Setelah pelanggan selesai berbelanja di toko Anda, maka langkah selanjutnya adalah memilih metode pengiriman dan pembayaran melalui checkout iSeller.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengirim data adalah kode SKU produk yang dikirim. Kode SKU yang dikirim harus sama dengan kode SKU yang didaftarkan pada sistem iSeller. Untuk mengetahui tentang kode SKU iSeller, silahkan baca artikel Mengatur Stok Inventaris.

Checkout iSeller dapat diakses dengan menggunakan query string. Format query string yang digunakan adalah https://checkout.isellercommerce.com/ sebagai URL dasar diikuti dengan kode toko. Lalu isi parameter products dengan daftar kode SKU produk, parameter qty untuk memberikan informasi jumlah produk tiap barang yang dibeli, dan parameter discount untuk mengirim kode diskon yang ingin digunakan.

Contoh pembelian barang di toko Glamore (kode toko: glamoresample) dengan SKU produk ADIDAS-SHIRT-101 sebanyak 2 buah dan NIKE-AIR-MAX-101 sebanyak 3 buah, maka penulisan query string adalah sebagai berikut:

https://checkout.isellercommerce.com/glamoresample?products=ADIDAS-SHIRT-101,NIKE-AIR-MAX-101&qty=2,3

Jika Anda ingin mengirim kode diskon, maka penulisan adalah sebagai berikut:

https://checkout.isellercommerce.com/glamoresample?products=ADIDAS-SHIRT-101,NIKE-AIR-MAX-101&qty=2,3&discount=WINTER-SALE

Menggunakan Portal Pelanggan Pribadi

Selain bisa mengintegrasikan website personal yang sudah ada, Anda juga bisa menggunakan portal pelanggan pilihan Anda. Silahkan lihat fitur Akses Akun Pelanggan seperti gambar di bawah ini.

Jika fitur Aktif, maka pelanggan yang mendaftar di toko online iSeller akan terdaftar pada sistem iSeller. Kelebihan menggunakan portal pelanggan iSeller adalah kemudahan melakukan kontrol terhadap pelanggan Anda dan fitur-fitur yang tersedia pada sistem. Kontrol fitur pelanggan yang dimaksud antara lain, Pengaturan Dropshipper, Pengaturan Membership (Grup Pelanggan), pengaturan diskon untuk pelanggan tertentu, dan pengaturan promosi untuk pelanggan tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur pelanggan, silahkan baca Pengenalan Pelanggan.

Jika Anda ingin menggunakan portal pelanggan pilihan, ubah Akses Akun Pelanggan menjadi non aktif dan isi informasi Alamat Akun Portal.

Jangan lupa untuk menekan tombol Simpan di pojok kanan atas untuk mengaplikasikan perubahan yang sudah dibuat.

Apakah Anda menemukan jawaban?