Anda bisa mengatur berat produk yang ingin Anda jual di Toko Online anda saat anda ingin menambahkan produk baru, maupun mengubah produk yang sudah ada.

Pada halaman pengaturan produk, lihat panel Pengiriman seperti gambar di bawah ini.

Jika barang yang Anda jual tidak memerlukan pengiriman produk fisik (contohnya produk kode vocer digital), maka Anda tidak perlu mengaktifkan fitur Pengaturan Berat.

Fitur pengaturan berat digunakan untuk menghitung biaya pengiriman pada saat checkout. Kami menyarankan untuk menghitung berat produk disertakan dengan berat bungkusan agar pelanggan dapat membayar sesuai berat paket yang akan dikirimkan. Contoh penjualan boneka dengan berat 500 gram dan packing kayu seberat 2 kg, maka disarankan untuk mengisi berat produk sebesar 2,5 kg atau 2.500 gram agar ongkos kirim yang terhitung adalah sebesar 2,5 kg.

Jika Anda ingin mengatur berat paket yang terpisah, Anda dapat membaca Pengaturan Volume Paket. Pengaturan ini disarankan untuk kurir yang memperbolehkan mengirim beberapa paket sekaligus dalam 1 pengiriman.

Untuk produk yang berbentuk fisik dan memerlukan pengiriman, Anda bisa klik tombol Aktifkan Pengaturan Berat.

Setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, akan keluar pengaturan berat produk. Silakan tulis berat produk Anda pada kolom Berat. Lalu pilih Satuan Berat di sebelahnya.

Setelah Anda memasukan berat produk, Anda bisa klik tombol simpan di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan Anda.

Tampilan Checkout

Pada halaman checkout, jika Anda membeli produk digital yang tidak memerlukan pengiriman, maka hanya ada 2 langkah untuk menyelesaikan checkout seperti gambar di bawah ini.

Berbeda dengan produk digital, pada saat pelanggan ingin membeli barang fisik, maka pada saat melakukan checkout, akan terdapat 3 Langkah yaitu Informasi Pelanggan, Metode Pengiriman, dan Metode Pembayaran.

Pada langkah metode pengiriman, pelanggan harus memilih kurir yang akan digunakan untuk pengiriman produk yang dibeli. Anda dapat mengatur kurir yang tersedia pada toko Anda dengan membuat Pengaturan Pengiriman.

Apakah Anda menemukan jawaban?