Di artikel Pengaturan SEO (Search Engine Optimization), Anda sudah mengatur SEO untuk beranda dan halaman toko online Anda. Selain bisa mengatur SEO beranda dan halaman, Anda bisa mengatur SEO untuk setiap produk yang Anda miliki. Contohnya sebagai gambar berikut.

Untuk mengatur SEO produk, silakan aktifkan fitur Search Engine Optimization (SEO) pada panel Optimalisasi di halaman toko online, yang secara otomatis akan mengaktifkan SEO semua produk Anda.

SEO produk-produk Anda sudah diatur secara otomatis, dimana judul akan mengambil nama produk, dan deskripsi akan mengambil informasi deskripsi produk. Anda juga dapat mengubah masing-masing produk agar pencarian SEO lebih maksimal.

Anda bisa melakukan pengaturan SEO pada masing-masing produk di menu Katalog > Produk. Pilih produk yang ingin Anda atur SEO-nya.

Lalu scroll ke bawah ke panel Search Engine Optimization (SEO). Klik tombol Edit untuk mengubah.

Anda bisa mengatur judul dan deskripsi produk yang akan ditampilkan di mesin pencari pada bagian yang sudah kami tandai di bawah ini. Silakan ubah judul pada kolom Page Title, dan deskripsi pada kolom Meta Description sesuai yang Anda inginkan.

Kolom URL dan handle adalah alamat produk Anda. Alamat di sini harus unik dan akan terisi secara otomatis sesuai nama produk Anda atau pengisian handle saat melakukan Impor Daftar Produk. Disarankan untuk tidak mengubah URL ini untuk menghindari kesamaan URL untuk 2 produk yang berbeda.

Setelah selesai, Anda bisa klik tombol Simpan pada bagian pojok kanan atas. Berikut adalah tampilan SEO produk Floral Summer Dress pada halaman pencarian.

Demikianlah Anda sudah melakukan pengaturan SEO untuk produk. Perhatikan, SEO tidak menjamin bahwa pencarian produk di toko online Anda akan langsung muncul pada halaman pertama di mesin pencari. Hal ini dikarenakan mesin pencari juga mempertimbangkan hal-hal lain seperti halaman yang paling sering dicari oleh pengguna, traffic website, kesesuaian judul dengan konten halaman, dan lain-lain.

Apakah Anda menemukan jawaban?