Varian dari suatu produk adalah variasi dari produk tersebut. Contoh pilihan Variasi dari sebuah kaos bisa berupa warna dengan nilai Varian merah, biru, hijau. Artikel ini akan menjelaskan cara untuk membuat produk varian dan juga menambahkan 

Membuat Produk Baru dengan Varian

Untuk membuat produk baru dengan varian, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Masuk ke dalam toko iSeller Anda

Langkah 2: Pada menu Katalog, klik sub-menu Produk lalu klik tombol Tambah Produk

Setelah Anda klik tombol "Tambah Produk" Anda akan menemukan form yang harus Anda isi untuk menambahkan produk baru. Berikut penjelasan dari form tersebut yang akan dibagi beberapa bagian.

Informasi Umum

Informasi Umum dari produk yang ingin Anda tambahkan. Pada panel ini, Anda dapat mengisi Nama Produk, Keterangan, dan Gambar dari produk yang ingin Anda tambahkan.

Harga

Dalam panel ini Anda juga dapat mengatur apakah produk tersebut dikenakan pajak atau tidak.

Tampilkan

Pengaturan visibilitas dari produk tersebut. Jika tombol di samping Toko Online diaktifkan, maka produk tersebut akan tertampilkan pada Toko Online Anda. Sama halnya dengan Point of Sale.

Organisasi

Panel dimana Anda dapat mengatur organisasi atau pengumpulan dari produk tersebut. Anda dapat mengatur tipe produk, vendor, koleksi, dan tags.

Loyalty

Pada panel diatas, Anda dapat melihat berapa poin loyalti yang dimiliki oleh produk tersebut. Anda dapat mengatur poin loyalti secara otomatis ataupun secara manual.

Inventaris

Panel Inventaris mengatur stok inventori, kode barang (SKU) dan juga barcode dari produk tersebut. Pastikan pilihan tipe produk adalah Standar untuk dapat mengaktifkan fitur varian.

Membuat Varian Produk

Untuk membuat varian produk baru silahkan ke panel Inventaris lalu nyalakan tombol yang berada di sebelah "Produk ini memiliki varian".

Ketika Anda mengaktifkan tombol yang berada di sebelah "Produk ini memiliki varian" maka Anda akan menemukan panel tambahan dengan judul Produk Varian.

Berikut adalah penjelasan dari kolom Produk Varian.

  • Opsi: Pilihan varian dari produk tersebut, contohnya ukuran, warna, rasa, dll. Pilihan bisa dikatakan pengelompokkan nilai-nilai varian.
  • Nilai: Nilai yang dimiliki dari opsi varian tersebut. Jika opsi varian adalah Warna, maka nilai dari varian adalah Merah, Hijau, Putih, dll. Jika opsi varian adalah ukuran, maka nilai dari varian adalah S, M, L, XL, XXL, dll. SETIAP NILAI VARIAN DIPISAH DENGAN TANDA KOMA (,).
  • Tombol Tong Sampah: Berfungsi untuk membuang varian yang tidak digunakan.
  • Tombol Tambah Varian: Tombol tersebut digunakan jika produk memiliki lebih dari satu pilihan / opsi varian.

Berikut tampilan pengisian varian untuk produk Kaos Polo dengan varian Warna.

Pada gambar di atas kita bisa melihat bahwa Anda dapat mengatur Harga, SKU, dan Barcode yang berbeda untuk setiap Varian Warna. Klik tombol Simpan untuk menerapkan penambahan Varian Produk.

Edit Varian

Anda dapat mengatur varian dari produk yang Anda miliki dengan klik logo Pena yang ada pada bagian paling kanan dari kolom Produk Varian.

Halaman pengaturan varian memiliki kemiripan dengan pengaturan produk. Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengubah nilai varian Anda.

Dalam pengaturan varian, Anda dapat:

  • Mengubah nilai dari opsi varian dari produk varian tersebut
  • Menambahkan gambar dari varian dari produk varian tersebut
  • Mengatur harga dan pengaturan biaya pajak dari produk varian tersebut
  • Mengatur loyalti poin dari produk varian tersebut
  • Mengatur Stok Opname dari produk varian tersebut.

Penambahan Varian Baru

Untuk menambah Opsi varian baru, ada beberapa opsi penambahan varian yang perlu Anda ketahui.

Menambah Varian kepada Semua Opsi Varian yang Ada

Jika Anda ingin menambah Varian Tambahan yang berlaku untuk semua Varian yang Sudah Ada, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Klik Ubah Pilihan lalu Tambah Pilihan.

Langkah 2: Jika varian baru adalah ukuran, masukkan nilai varian ukuran yang memiliki semua varian warna. Dalam contoh, kita akan memasukkan Varian Ukuran M yang berarti semua Varian Warna akan memiliki Varian Ukuran M. Klik Simpan untuk menerapkan penambahan Varian Baru.

Menambah Varian kepada Sebagian Opsi Varian

Jika Anda ingin menambah sebagian Varian yang ada, silahkan ikuti langkah berikut.

Langkah 1: Jika ingin menambah nilai varian ukuran L yang hanya dimiliki oleh kaos berwarna Biru dan Kuning, silahkan centang Nilai Varian Warna Kuning dan Biru. 

Langkah 2: Klik logo "Tiga Titik" yang ada di judul tabel (pada gambar di atas terletak di sebelah kanan Perbarui Inventaris) lalu pilih Salin Varian.

Langkah 3: Silahkan masukkan nilai varian ukuran yang Anda inginkan, dalam contoh ini nilai varian yang dimasukkan adalah L.

Langkah 4: Klik tombol Save untuk menerapkan penambahan varian. Pada daftar varian, Anda akan melihat bahwa hanya nilai varian biru dan kuning yang memiliki varian Ukuran L.

Mengatur Urutan Varian

Anda dapat mengatur urutan varian dengan mudah. Urutan varian akan berpengaruh pada tampilan POS dan Toko Online saat memilih produk dengan varian. Untuk Mengatur Urutan Varian, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Klik tombol Urutkan Varian.

Langkah 2: Pada tambilan berikutnya, silahkan tarik Opsi Varian atau Nilai Varian yang ingin Anda urutkan dengan menekan icon dengan 3 strip di sebelah kiri, lalu taruh di posisi yang Anda inginkan.

Langkah 3: Klik Terapkan untuk menerapkan pergantian urutan varian

Mengubah Harga Relatif

iSeller memberikan fitur Harga Relatif untuk Varian Anda, dimana setiap pembelian varian yang berbeda, akan ditambahkan harga dari harga asli. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat harga relatif dari sebuah varian.

Langkah 1: Pada halaman produk bagian produk varian, silahkan klik Ubah Varian.

Langkah 2: Silahkan aktifkan tombol yang berada pada samping kanan Use Relative Price. Ketika diaktifkan, akan ada form tambahan di setiap produk varian. Silahkan masukkan harga relatif dari produk varian tersebut.

Jika Pelanggan Anda membeli Kaos Polo dengan Varian berwarna Putih, maka harga untuk produk tersebut adalah Harga Dasar (Rp 250,000) ditambah dengan harga relatif (Rp 10,000) dari produk varian tersebut. Maka harga dari produk Kaos Polo Warna Putih tersebut adalah Rp 260,000. Sedangkan dari contoh gambar di atas, harga dari produk Kaos Polo Warna Biru adalah Rp 265,000.

Selain harga Anda juga dapat melakukan set gambar untuk setiap meta varian dimana gambar tersebut dapat digunakan sebagai acuan pilihan varian.

Langkah 3: Klik Terapkan untuk menerapkan harga relatif dari produk varian tersebut. Dan jangan lupa klik Simpan pada pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan Anda.

Mengubah Harga Secara Bersamaan

Selain bisa mengubah harga relatif, Anda bisa juga mengubah harga secara bersamaan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Pilih semua atau beberapa varian dengan mencentang kotak kecil di samping setiap pilihan varian.

Langkah 2: Pilih Ubah Harga pada bagian atas.

Langkah 3: Masukkan harga baru yang akan diaplikasikan ke varian yang dipilih. Lalu klik Simpan.

Maka harga varian yang dipilih akan diubah secara otomatis dan bersamaan.

Mengubah Inventaris Secara Bersamaan

Selain bisa mengubah harga secara bersamaan, Anda juga bisa memperbaharui inventori secara bersamaan juga. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

Langkah 1: Pilih semua atau beberapa varian dengan mencentang kotak kecil di samping setiap pilihan varian.

Langkah 2: Pilih Perbarui Inventaris di bagian atas.

Langkah 3: Pilih jenis perubahan yang ingin dilakukan. Pilih Add untuk menambahkan jumlah tertentu ke masing-masing pilihan varian.

Pilih Set untuk mengubah seluruh jumlah masing-masing varian ke jumlah tertentu.

Langkah 4: Klik simpan untuk mengaplikasikan perubahan.

Apakah Anda menemukan jawaban?